x

Bedah Kualitas Nikola Krstovic, Calon Pesaing Hojlund di Manchester United

Rabu, 15 November 2023 15:27 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Lecce, Nikola Krstovic. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.C0M - Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United berencana menggaet penyerang Lecce yakni Nikola Krstovic sebagai pesaing Rammus Hojlund.

Dilansir dari Caught Offside, Nikola Krstovic masuk radar Manchester United di bursa transfer 2024 karena ingin menjadikannya seagai pesaing sekaligus pelapis Rasmus Hojlund.

Baca Juga

Manchester United merasa Nikola Krstovic bisa menjadi pelapis dan pesaing Hojlund karena kiprah apiknya di Liga Italia musim ini.

Hojlund sendiri mengalami cedera kala Man United menghadapi Luton Town. Cederanya diprediksi hanya akan membuatnya menepi dalam hitungan pekan saja.

Tapi Man United sadar cedera itu bisa kambuh suatu hari nanti, sehingga Krstovic pun dibidik untuk mengantisipasi andai Hojlund cedera kembali.

Disebutkan bahwa Lecce sadar akan adanya minat terhadap penyerangnya itu. Sehingga mereka pun mulai mematok harga sekitar 20 juta euro untuk tim yang meminati jasanya.

Angka tersebut tak terbilang mahal bagi Man United. Sehingga kemungkinan Krstovic pun akan ditebus pada bursa transfer Januari 2024.

Hadirnya minat untuk Nikola Krstovic sendiri tak lepas dari kebutuhan Man United akan penyerang baru di musim 2023/2024 ini.

Di musim 2023/2024 ini, Man United seakan tumpul di lini serang. Di Liga Inggris 2023/2024 saja, barisan penyerang Setan Merah baru mencetak satu gol saja.

Satu gol itu datang dari kaki Marcus Rashford. Sedangkan penyerang lainnya urung mencatatkan namanya di papan skor.

Hojlund yang diharapkan bisa mengatasi hal tersebut pun juga terbilang melempem di Liga Inggris, kendati dirinya mampu mencetak 5 gol di Liga Champions.

Baca Juga

Dengan kondisi memprihatinkan tersebut, Man United membutuhkan opsi baru agar bisa mengatasi mandulnya lini serang mereka.

Krstovic sendiri dinilai pilihan tepat kendati dirinya belum banyak mencetak gol bagi Lecce, seiring fakta dirinya baru bergabung pada 2023 lalu.

Lantas, apakah Nikola Krstovic layak untuk digaet oleh Manchester United di bursa transfer 2024 mendatang sebagai pesaing Rasmus Hojlund?

Baca Juga

1. Bedah Kualitas Nikola Krstovic

Penyerang baru Lecce, Nikola Krstovic. (Foto: instagram@nikolakrstovic9)

Meski punya catatan minim bersama Lecce, Krstovic dianggap punya potensi menjadi penyerang top di masa depan karena catatannya di usia muda.

Sebelum membela Lecce, ia sempat bermain di Slovakia bersama Dunajska Streda, di mana ia mampu mencetak 37 gol dari 66 laga.

Baca Juga

Lalu sebelum itu, dirinya juga pernah membela Zeta Golubovac di Montenegro dengan mencetak total 41 gol dari 96 pertandingan.

Melihat catatannya itu, Man United menaksirnya untuk jangka panjang dan juga untuk menjadi pelapis Hojlund di musim ini.

Nikola Krstovic adalah pesepak bola asal Montenegro yang lahir di Golubovci pada 5 April 2000. Ia merupakan salah satu talenta yang digadang-gadang akan jadi pemain masa depan bagi negaranya.

Talentanya sudah terendus sejak usia muda, yakni pada saat dirinya 16 tahun. 18 hari setelah ulang tahun ke-16, ia debut di kasta teratas Montenegro bersama FK Zeta.

Lalu di musim pertamanya di kasta teratas pada 2016/17, Krstovic mampu mencetak 7 gol dari 19 laga. Catatan itu bertambah menjadi 13 gol di musim 2017/18 dan 17 gol di musim 2018/19.

Bakatnya kemudian membuat Red Star Belgrade memboyongnya ke Serbia di mana ia sempat mengalami hambatan dalam hal performa.

Tapi setelah hijrah ke Slovakia pada 2021/22, karier Krstovic mengalami peningkatan kembali dengan mencetak total 37 gol dari 66 laga yang membuat Lecce menebusnya pada 2023 ini.

Jika menimbang kualitasnya, maka ada baiknya melihat kualitas Nikola Krstovic di Liga Italia ketimbang melihat kualitasnya di liga-liga lainnya yang lebih rendah kualitasnya.

Di Liga Italia 2023/2024 ini, Krstovic telah tampil empat kali. Dari empat penampilan itu, ia menjadi starter tiga kali dan rata-rata bermain selama 64 menit per pertandingan.

Dari sampel yang terbilang kecil ini, Krstovic membuat catatan impresif untuk ukuran penyerang muda dan berstatus debutan di Liga Italia.

Tercatat ia mampu mencetak tiga gol dari rata-rata 3,3 tembakan per laga yang ia buat dari empat pertandingan, dengan rata-rata 0,8 gol per laga.

Dari jumlah tembakan itu dan jumlah golnya, Krstovic punya catatan apik dalam mengkonversi peluang menjadi gol, yakni sebesar 23 persen.

Hebatnya, dua dari tiga gol itu dibuat dengan tandukannya. Padahal posturnya hanya 185 cm, yang membuktikan ia punya kemampuan mencari ruang dan Timing tepat untuk mencetak gol.

Bergeser ke kemampuannya sebagai pesepak bola, Krstovic cenderung aktif sebagai penyerang dengan rataan 26,5 sentuhan per laga dan mampu melepaskan 11,3 kali operan akurat per laga.

Baca Juga

Ia pun juga tipikal striker modern dengan mau aktif membantu pertahanan dari Final Third dengan rataan 0,8 tekel per laga dan rata-rata membuat Ball Recoveries sebanyak 2,8 kali per laga.

Sebagai penyerang pun, Krstovic harus andal dalam berduel. Tak disangka, ia rata-rata memenangkan 4,8 duel per laga baik di lapangan dan di udara.

Dengan catatan ini, Krstovic seakan meneruskan tren penyerang dari Balkan yang pekerja keras dan berani berduel dengan lawan.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedLecceTransfer PemainRasmus Hojlund

Berita Terkini