x

Bedah Peluang 3 pemain Persib Bandung Main di Timnas Indonesia saat lawan Irak

Kamis, 16 November 2023 14:02 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Jordi Amat dan Marc Klok saat menjalani latihan perdana di Irak, usai tiba pada hari Minggu (12/11/23) di Stadion Internasional Basra, Irak. (Foto: pssi.org)

INDOSPORT.COM - Bedah peluang tiga pemain Persib Bandung main di Timnas Indonesia, saat lawan Irak pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Basra, Kamis (16/11/23) pukul 21.45 WIB.

Tiga pemain Persib Bandung, saat ini menjadi bagian dari Timnas Indonesia untuk menghadapi Timnas Irak pada pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F. 

Baca Juga

Ketiga pemain Persib yang bergabung dengan Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong ini, yakni Marc Klok, Rachmat Irianto dan Edo Febriansah.

Dilansir dari laman Persib, pemanggilan tiga pemain Persib tersebut disampaikan melalui surat pemanggilan PSSI bernomor 4852/AGB/663/XI-2023.

Baca Juga

Persib Bandung menjadi klub penyumbang pemain terbanyak, sebanyak tiga pemain. Setelahnya ada Borneo FC, Dewa United, Persis Solo, Persija Jakarta dan Persikabo 1973 yang masing-masing menyumbang dua pemain.

Panggilan tiga pemain Persib tersebut, bukan yang pertama, pasalnya sebelumnya Timnas Indonesia sudah memanggil Marc Klok, Rachmat Irianto dan Edo Febriansah untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca Juga

Ketiga pemain ini, saat itu dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia pada pertandingan menghadapi Brunei Darussalam yang berlangsung kandang dan tandang.

Sehingga, Marc Klok, Rachmat Irianto dan Edo Febriansah sudah terbiasa mengikuti program bersama Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga

Selain itu, secara kualitas ketiga pemain tersebut sering menjadi andalan di skuad Maung Bandung saat mengarungi kompetisi Liga 1 2023-2024. 

Berikut ini INDOSPORT.com membedah peluang tiga pemain Persib tampil pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Irak, bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Marc Klok

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

Gelandang Persib Bandung ini, merupakan salah satu pemain langganan Timnas Indonesia. Bermain sebagai seorang gelandang, Marc Klok berpeluang menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia khususnya menghadapi Timnas Irak.

Sebelumnya, pada pertandingan menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/23), Marc Klok, mendapatkan kepercayaan dari pelatih Shin Tae-yong untuk tampil sebagai starter. 

Bagi Marc Klok, tampil sebagai starter sudah sering dirasakan olehnya. Namun, jika biasanya pemain berusia 30 tahun ini sering bermain penuh 90 menit, dalam laga perdana menghadapi Brunei Darussalam hanya mendapatkan kesempatan bermain selama 45. 

Lantaran, saat memasuki babak kedua, Shin Tae-yong melakukan perubahan komposisi pemain dengan menarik Marc Klok dan memasukkan Ricky Kambuaya.

Kemudian, pada pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang tersaji di Stadion Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/23), Marc Klok tidak diturunkan oleh Shin Tae-yong dan hanya duduk di bangku cadangan.

Melihat catatan dalam dua pertandingan terakhir, peluang Marc Klok untuk tampil pada pertandingan menghadapi Irak cukup besar.

Rachmat Irianto

Mantan pemain Persebaya Surabaya ini, merupakan salah satu pemain langganan Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, termasuk pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada pertandingan menghadapi Brunei Darussalam, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pemain berusia 24 tahun ini tidak diturunkan oleh Shin Tae-yong dan disimpan di bangku cadangan.

Kemudian pada leg kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/23). Irianto mendapatkan kesempatan bermain penuh. 

Sehingga, Rachmat Irianto berpeluang tampil kembali pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 202 di Grup F, menghadapi Irak.

Edo Febriansah 

Berbeda dengan Marc Klok dan Rachmat Irianto, Edo Febriansah yang juga menjadi bagian dari Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, tidak tampil pada pertandingan menghadapi Brunei Darussalam.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini, tidak tampil pada pertandingan perdana babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/23).

Edo sendiri, sebelumnya mengalami cedera ringan saat latihan jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Brunei.

Kemudian, pada pertandingan kedua yang berlangsung di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/23), Edo kembali tidak tampil. Namun, dia masuk dalam daftar susunan pemain (DSP).

Meski tidak tampil pada dua pertandingan menghadapi Brunei Darussalam, nama Edo Febriansah kembali disiapkan oleh Shin Tae-yong untuk pertandingan menghadapi Irak. Sehingga, peluangnya untuk tampil tetap terbuka.
 

Persib BandungTimnas IndonesiaRachmat IriantoEdo FebriansahKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini