x

Kekayaan Leon Cooperman, Calon Pemilik Manchester United yang Pro Israel

Jumat, 17 November 2023 14:03 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Bendera Manchester United di Old Trafford

INDOSPORT.COM – Mengintip kekayaan Leon Cooperman, calon pemilik klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, yang pro Israel.

Dilansir dari Forbes, miliarder mantan manajer pengelola investasi global, Leon Cooperman, telah membeli saham bernilai jutaan dolar di Manchester United lebih sat-set daripada Sir Jim Ratcliffe.

Baca Juga

Cooperman membeli lebih dari 900,000 saham Setan Merah pada kuartal ketiga tahun ini yang secara keseluruhan bernilai di bawah 17,5 juta dolar AS (sekitar Rp271,2 miliar) pada harga penutupan Selasa.

Hanya saja, pengusaha berdarah Yahudi itu hanya membeli sebagian kecil dari total 163 juta saham di Man United sehingga tidak akan berdampak pada operasi tim yang akan dijalankan Sir Jim Ratcliffe.

Lantas siapa Leon Cooperman, calon pemilik Manchester United yang ternyata juga pro dengan Israel dan berapkah harta kekayaannya?

Leon Cooperman adalah seseorang yang lahir dari keluarga Yahudi di New York, Amerika Serikat, pada 25 April 1943 dan kini sudah berusia 80 tahun merupakan pendiri ….

Baca Juga

Cooperman merupakan anak imigran dari Polandia dan menjadi orang pertama yang memperoleh gelar sarjana di keluarganya.

Pria berusia 80 tahun itu sebelumnya adalah lulusan Hunter College dan juga menerima gelar MBA dari Colombia Business Schoool.

Cooperman juga menjadi pendiri Omega Advisors pada 1991, pengelola dana investasi global yang terkenal itu.

Baca Juga

1. Seberapa Kaya Leon Cooperman?

Bendera Manchester United di Old Trafford

Dilansir dari Forbes, Leon Cooperman memiliki harta kekayaan bersih senilai 2,8 milar dolas AS atau sekitar 43,37 triliun rupiah per Kamis (16/11/23).

Selain itu, Leon Cooperman menempati posisi orang terkaya ke-1.110 dunia hari ini. Bahkan, jumlah kekayaannya yang terbilang besar itu masih tidak ada apa-apanya dengan beberapa sosok tenar.

Baca Juga

Sebut saja, konglomerat petrokimia pemilik Grup Barito, Prajogo Pangestu, yang merupakan orang terkaya di Indonesia saat ini sekaligus terkaya ke-29 dunia dengan kekayaan 42 miliar dolar AS menurut Forbes.

Leon Cooperman juga masih tidak ada apa-apanya dengan Sir Jim Ratcliffe yang dicatat memiliki kekayaan 20,8 miliar dolar AS dan menempati peringkat orang terkaya ke-82 di dunia menurut Forbes.

Leon Cooperman juga masih kalah dari pemilik Arsenal, Stanley Kroenke (ranking 109 terkaya di dunia/15,7 miliar dolar AS) dan John Henry (Liverpool/548/5,1 miliar dolar AS).

Di balik kekayaannya itu, Cooperman tetaplah seseorang dermawan yang mana dia pernah menyumbangkan 25 juta dolar AS untuk almamaternya, Colombia Business School, pada 2011 silam.

Baca Juga

Hanya saja, Cooperman, yang berdarah Yahudi, sempat tersinggung setelah mahasiswa Colombia University memprotes perang Israel-Hamas sehingga dia berhenti berdonasi pada Oktober 2023.

“Kami hanya punya satu sekutu yang dapat dipercaya di Timur Tengah, yaitu Israel. Kami hanya punya satu demokrasi di Timur Tengah, yaitu Israel, oke?” buka Cooperman di tengah protes mahasiswa mengenai perang Israel-Hamas.

“Kami punya satu perekonomian yang teoleran terhadap orang berbeda, gay, lesbian, dll, dan itulah Israel,” seru Leon Cooperman saat berbicara di acara "The Claman Countdown" dari Fox Business.

Tak hanya itu saja, Leon Cooperman turut menyerukan pemecatan Profesor Joseph Massad yang menggambarkan serangan mematikan hamas terhadap Israel sebagai sesuatu yang luar biasa dan menakjubkan.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisLeon Cooperman

Berita Terkini