x

Bima Sakti Purna Tugas di Piala Dunia U-17, Legenda Chelsea Jadi Penggantinya?

Minggu, 19 November 2023 22:37 WIB
Penulis: Martini | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti saat memimpin official training Timnas Indonesia menjelang laga perdana melawan Ekuador di Piala Dunia U-17.

INDOSPORT.COM - Bima Sakti akhirnya purna tugas mendampingi Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, dan penggemar mendorong Dennis Wise untuk jadi penggantinya.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia dipastikan tersingkir dari Piala Dunia U-17, usai gagal meraih kemenangan di Grup A dan gagal menjadi tim peringkat tiga terbaik.

Baca Juga

Garuda Muda sukses menahan imbang Ekuador dan Panama di angka 1-1, tetapi skuat besutan Bima Sakti kandas di tangan Maroko dengan skor 1-3.

Bima Sakti mengakui kegagalan ini adalah tanggung jawabnya, sehingga ia berharap pemainnya tidak perlu mendapat komentar negatif di media sosial.

"Kami mengucapkan permohonan maaf buat seluruh pecinta sepak bola Indonesia, karena tidak bisa memenangkan pertandingan," ungkap Bima Sakti.

"Tidak ada yang salah di sini, pemain tidak ada yang salah, semua kesalahan memang dari saya," tambah sang pelatih Timnas U-17.

Baca Juga

"Yang pasti, pemain sudah bekerja keras, pemain sudah berusaha, dan kami harus mengakui bahwasanya Maroko memang bermain lebih baik dari kami," imbuhnya.

Dengan demikian, tuntas sudah tugas Bima Sakti mendampingi Timnas Indonesia. Pencapaian terbaiknya adalah saat membawa Garuda Muda juara Piala AFF U-16 2022.

Agenda berikutnya, Indonesia kabarnya akan menjadi tuan rumah Piala AFF U-16 dan U-19 2024. Tentu perlu ada pembentukan skuat dan persiapan jangka panjang.

Menariknya, salah satu legenda Chelsea, Dennis Wise mendapat dukungan untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia kelompok usia muda sebagai suksesor Bima Sakti.

Baca Juga

1. Dennis Wise Layak Dampingi Timnas Indonesia?

Dennis Frank Wise, legenda Chelsea ketika berkunjung ke Indonesia dalam rangka menjemput para pemain Garuda Select angkatan kedua, Selasa (08/10/19) di Gedung Kedubes Inggris, Kuningan, Jakarta.

Perlu diketahui, Dennis Wise bukanlah nama baru dalam pembinaan sepak bola usia muda di Indonesia. Sosok pria 56 tahun itu menjabat sebagai Direktur Program Garuda Select.

Setiap tahun ia melakukan seleksi pemain muda Indonesia untuk diboyong ke Inggris, berlatih tanding bersama klub-klub Eropa, dan membantu pemain abroad ke tim luar negeri.

Baca Juga

Akun Instagram Garuda Select mengunggah cuplikan video Dennis Wise saat menonton Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Melalui kolom komentar Instagram, banyak yang berharap agar Dennis Wise mengambil alih posisi kepelatihan Timnas Indonesia kelompok usia muda.

"Kalau boleh, Bapak satu ini yang melatih timnas usia muda, jangan local pride," komentar dari akun @mas_dib**.

"Lebih cocok Dennis Wise yang melatih timnas kelompok umur, karena sudah tahu karakter pemain lokal Indonesia," timpal pemilik akun Instagram @alfianse**.

Baca Juga

"Kalau perlu Dennis Wise kasih keleluasaan tangani Timnas U-23, U-19 dan U-17, tapi nggak perlu report ke STY, jadi independen," usul pemilik akun @edwinkus**.

"Pak Erick Thohir, sepertinya Coach Dennis Wise lebih cocok melatih skuat Garuda Muda, apalagi sudah menukangi Garuda Select yang levelnya Eropa punya," balas @ariswid**.

Meski begitu, ada pula yang mengusulkan agar Dennis Wise fokus program pembinaan pesepak bola muda Indonesia di luar negeri, lewat program Garuda Select.

Pasalnya, Dennis Wise yang memiliki label sebagai legenda Chelsea, tentu ia memiliki rentang gaji yang sangat tinggi jika diminta untuk melatih Timnas Indonesia.

Baca Juga
Timnas U-17Dennis WiseTimnas IndonesiaPiala Dunia U-17Bima SaktiBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini