x

3 Kesalahan Timnas Indonesia Lawan Irak yang Tak Boleh Terulang saat Hadapi Filipina

Selasa, 21 November 2023 10:56 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Tiga kesalahan Timnas Indonesia di laga vs Irak, yang tak boleh terulang saat pertandingan menghadapi Filipina pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

INDOSPORT.COM - Tiga kesalahan Timnas Indonesia di laga vs Irak, yang tak boleh terulang saat pertandingan menghadapi Filipina pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (21/11/23).

Timnas Indonesia akan tandang menghadapi Filipina, pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda bakal menghadapi tuan rumah di Stadion Rizal Memorial besok malam mulai pukul 18:00 WIB.

Baca Juga

Pada pertandingan kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia mengusung misi untuk bangkit, setelah di laga sebelumnya gagal meraih poin.

Seperti diketahui, pada laga sebelumnya Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, tim besutan pelatih Shin Tae-yong ini menelan kekalahan telak 1-5 dari Irak di Basra International Stadium.

Dengan kekalahan telak yang didapat pada pertandingan sebelumnya membuat Timnas Indonesia untuk sementara menempati dasar klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia tentunya tidak ingin kehilangan poin lagi, dengan demikian Skuad Garuda harus meraih kemenangan saat menghadapi Filipina untuk memperbaiki posisi di klasemen.

Baca Juga

Shin Tae-yong pun meminta anak asuhnya, untuk menjalankan instruksi yang diberikan olehnya, lantaran dia sudah mempersiapkan semuanya agar Skuad Garuda bisa meraih kemenangan.

Sama seperti Indonesia, Filipina sebelumnya gagal meraih poin, setelah dikalahkan Vietnam dengan skor 0-2 pada laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Selain itu, Filipina juga selalu menelan kekalahan dalam dua laga terakhir mereka. Sehingga, Timnas Indonesia memiliki peluang untuk mengamankan poin penuh di kandang lawan.

Meski demikian, Timnas Indonesia tak boleh mengulang kesalahan lagi pada pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, saat menghadapi Filipina.

Berikut ini INDOSPORT.COM mengulas tiga kesalahan Timnas Indonesia di laga vs Irak yang tak boleh terulang saat menghadapi Filipina.

Baca Juga

1. 1. Pemain Kerap Melakukan Kesalahan Fatal

Aksi Dimas Drajad di laga Irak vs Timnas Indonesia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada pertandingan perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, menghadapi Irak, pemain Timnas Indonesia terlihat beberapa kali melakukan kesalahan di antaranya passing dan sering kehilangan bola.

Hal tersebut, bisa dimaksimalkan oleh pemain Irak untuk menekan pertahanan Skuad Garuda dan mencegah gol.

Baca Juga

Sehingga pada pertandingan kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Filipina, Skuad Garuda harus fokus dan tidak mengulangi kesalahan serupa.

2. Lini Tengah Tidak Maksimal 

Penampilan kurang maksimal pemain yang mengisi lini tengah, menjadi salah satu penyebab Timnas Indonesia bisa bisa diacak-acak oleh tuan rumah Irak.

Pada pertandingan tersebut, tidak adanya Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan karena cedera, membuat lini tengah tidak memiliki kreativitas serangan.

Marc Klok, Adam Alis, dan Ricky Kambuaya yang mendapat tugas dari Shin Tae-yong menjadi gelandang sejak menit pertama, dianggap gagal total oleh banyak fans. 

Baca Juga

3. Shin Tae-yong 'Coba-coba' Pemain

Penyebab lainnya mengapa Timnas Indonesia bisa jadi bulan-bulanan Irak, pada pertandingan perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, yakni karena Shin Tae-yong salah dalam menentukan posisi dan memilih pemain.

Banyak netizen di media sosial yang mempertanyakan mengapa Shin Tae-yong berani memainkan Adam Alis sejak menit awal babak pertama. Padahal Adam Alis bukan pemain yang secara reguler dipanggil.

Kemudian ada keputusan di mana Pratama Arhan dimainkan sebagai gelandang efektif saat masuk di menit ke-76 menggantikan Dendy Sulistyawan dan malah tidak berjalan mulus.

Pergantian pemain dengan memasukan Arkhan Fikri juga dianggap kesalahan. Arkhan Fikri justru tidak mampu berbuat banyak di lapangan.

Baca Juga
FilipinaIrakTimnas IndonesiaTRIVIABerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini