x

Profil Claudio Echeverri, The Next Messi yang Gegerkan Panggung Piala Dunia U-17

Sabtu, 25 November 2023 15:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Profil Claudio Echeverri (tengah), pemain yang disebut-sebut sebagai the next Lionel Messi usai gegerkan panggung Piala Dunia U-17 2023.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia U-17 2023 jadi panggungnya pemain muda untuk unjuk gigi, termasuk Claudio Echeverri dari Argentina.

Gelandang River Plate tersebut belum lama ini berhasil mencuri perhatian publik setelah mencetak hat-trick menghadapi Brasil di perempat final.

Baca Juga

Ya, tiga gol berhasil ia lesatkan ke gawang Philippe Gabriel dan membantu Argentina U-17 memenangkan pertandingan dengan skor 3-0, Jumat (24/11/23).

Memborong seluruh gol kemenangan Argentina U-17 kemarin pun membuat nama Claudio Echeverri bergaung sangat kencang di telinga publik.

Banyak orang yang penasaran dengan sosoknya. Bahkan, tidak sedikit yang menyebut pemain bernama lengkap Claudio Jeremias Echeverri ini sebagai titisan Lionel Messi.

Meski dibanding-bandingkan dengan sang senior, Claudio Echeverri memilih santai dan tidak ingin menjadikannya beban. Apalagi, mereka berasal dari generasi yang berbeda.

Baca Juga

Menurutnya, secara tidak langsung itu adalah pengakuan dari orang-orang terhadap kemampuan dan kerja kerasnya sebagai seorang pemain.

Dengan tambahan tiga gol saat menghadapi Brasil U-17 kemarin, kini Claudio Echeverri memimpin perolehan top skor sementara kompetisi.

Ia berbagi tempat dengan rekan senegaranya, Agustin Roberto. Mereka telah sama-sama mencetak lima gol sepanjang gelaran Piala Dunia U-17 2023 berlangsung.

Jumlah tersebut, tentu saja masih bisa bertambah seiring keberhasilan Argentina U-17 melaju ke semifinal.

Selanjutnya, mereka dijadwalkan menghadapi Jerman U-17 di semfinal yang laganya bakal berlangsung di Stadion Manahan Solo, Selasa (28/11/23) sore WIB.

Baca Juga

1. Profil Claudio Echeverri

Profil Claudio Echeverri (tengah), pemain yang disebut-sebut sebagai the next Lionel Messi usai gegerkan panggung Piala Dunia U-17 2023.

Claudio Echeverri merupakan pemuda kelahiran Resistencia, Chaco, Argentina, pada 2 Januari 2006.

Sebelum bermain untuk River Plate, ia sempat menimba ilmu di sebuah klub bernama Deportivo Lujan.

Pada akhir 2016 ia mendapat kesempatan trial di River Plate dan pada akhirnya direkrut sebagai pemain di sana tahun berikutnya.

Bakat menjanjikan Claudio Echeverri sendiri ditemukan di Chaco, Argentina, oleh seorang pria bernama Daniel Brizuela.

Daniel Brizuela memantau perkembangan dan permainan Claudio Echeverri, melakukan evaluasi, kemudian membujuknya dan keluarganya untuk pindah ke Buenos Aires.

Penampilan Claudio Echeverri cilik saat sesi trial memang memukau Daniel Brizuela. Ia bahkan masih mengingat masa-masa tersebut.

Berawal dari trial bersama Resistencia, Claudio Echeverri sudah menunjukkan bakat luar biasa dengan teknik-teknik permainan yang mumpuni.

Baca Juga

“Saat dia pertama kali bermain dan menyentuh bola, kami melihat banyak hal yang tidak biasa,” kenangnya, seperti dikutip dari laman La Pagina Millonaria.

“Kami melihat kontrol yang sangat terarah, teknik, dan kecerdasan dalam mengambil keputusan,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut, Claudio Echeverri kembali menjalani trial dan tes hingga akhirnya tiba di River Plate.

Berkat penampilannya yang impresif, Claudio Echeverri tidak perlu melalui penyaringan yang panjang dan berlapis-lapis - sebagaimana sistem yang diterapkan di River Plate.

Baca Juga

Daniel Brizuela pun membeberkan bagaimana Claudio Echeverri langsung mendapat tempat saat trial bersama klub Argentina tersebut.

“Tes ketiga di River. Di sana, mereka [para pemain] dilatih per kategori. Claudio langsung ke fase itu,” ucapnya lagi.

Kini, di usia yang masih 17 tahun, Claudio Echeverri merupakan aset masa depan yang berharga bagi River Plate. Ia pun belum pernah berpindah klub satu kali pun.

Namun akankah Piala Dunia U-17 2023 akan membawanya ke takdir lain? Ia sudah mencuri perhatian sepanjang kompetisi dan berstatus pencetak gol terbanyak.

Di sisi lain, Timnas Argentina U-17 juga masih bertahan, yang memungkinkan mereka menggondol gelar juara seperti para seniornya di Piala Dunia 2022 lalu di Qatar.

Jika demikian, Claudio Echeverri akan mendapat lebih banyak atensi ketimbang yang ia dapatkan saat ini.

Siapkah ia menjadi the next Lionel Messi dengan menjadikan Piala Dunia U-17 2023 batu loncatannya?

Biodata dan Profil Claudio Echeverri

Nama Lengkap: Claudio Jeremias Echeverri

Tempat Lahir: Resistencia, Chaco, Argentina

Tanggal Lahir: 2 Januari 2006

Klub: River Plate

Timnas: Argentina U-17

Posisi: Gelandang Serang

Kaki: Kanan

Tinggi Badan: 171 cm

Baca Juga
ArgentinaLionel MessiPiala Dunia U-17IndepthClaudio Echeverri

Berita Terkini