x

Bek Ajax Tristan Gooijer Kepo Bali United, Bakal Naturalisasi dan Bela Timnas?

Minggu, 26 November 2023 14:18 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Tristan Gooijer, pemain keturunan Indonesia di Belanda, yang membela Jong Ajax (Foto: IG @tristangooijer)

INDOSPORT.COM - Bek muda binaan Ajax Amsterdam, Tristan Gooijer kepo dengan Bali United dan memuji langkah para pemain keturunan yang membela Timnas Indonesia.

Tristan Gooijer merupakan pesepak bola berdarah Indonesia yang lahir dan menetap di Belanda. Sosok kekahiran 2 September 2004 itu bermain untuk Jong Ajax sebagai bek.

Baca Juga

Selain bermain untuk Jong Ajax, Tristan juga beberapa kali masuk dalam line up skuat Ajax Amsterdam yang bermain di Eredivisie, hanya saja ia belum pernah debut di tim senior.

Salah satu nilai plus dari sosok Tristan Gooijer, ia bisa bermain multiposisi, baik sebagai bek kiri, bek kanan, juga bek tengah. Saat didapuk menjadi fullback, ia juga bisa membantu serangan.

Tristan Gooijer memiliki darah Indonesia dari pihak ayahnya, di mana neneknya merupakan orang asli Maluku, hanya saja ada konflik yang membuat sang nenek pindah ke Belanda.

Meski begitu, kecintaan Tristan Gooijer pada Indonesia sangat besar. Ia pernah memasang bendera Merah Putih di bio Instagram-nya, walau kemudian mendapat pro-kontra.

Baca Juga

Saat berbincang dengan konten kreator Yussa Nugraha, Tristan Gooijer mengaku pernah ke Indonesia saat kecil, dan ia langsung jatuh cinta pada negara neneknya tersebut.

Bahkan, dalam waktu dekat, Tristan juga merencanakan untuk kembali ke Indonesia, dan kepo dengan klub Liga 1 Bali United.

"Saya pernah ke Bali, Bali sangat istimewa. Musim panas tahun depan, kemungkinan saya akan ke sana lagi," ungkap Tristan Gooijer via YouTube Yussa Nugraha.

"Saya pernah ke sana waktu umur tujuh tahun, jadi tidak mengalami banyak hal di sana. Makanya, kali ini saya ingin ke sana dan melihat banyak hal, saya akan kunjungi banyak tempat," imbuhnya.

Baca Juga

1. Peluang Tristan Gooijer Susul Ivar Jenner Bela Timnas

Ivar Jenner dan Tristan Gooijer.

Siapa sangka, saat asik berbincang tentang Pulau Dewata dan rencana traveling ke Bali, Tristan Gooijer menyambar pertanyaan tentang klub Liga 1 Bali United. Bek Ajax itu sangat penasaran dengan Serdadu Tridatu.

"Bali United di sana juga kan. Apakah mereka klub yang besar?" tanya Tristan Gooijer pada konten kreator sepak bola, Yussa Nugraha.

Baca Juga

"Iya, Bali United adalah salah satu klub terbesar di Indonesia, dan juga salah satu klub pertama yang memiliki training center yang besar," jawabnya.

"Kalau kamu dekat di sana, lihat saja ke sana (Training Center Bali United). Ternyata kamu juga mengikuti sepak bola Indonesia?" kata Yussa Nugraha memancing pembicaraan.

"Iya, menurutku Indonesia sangat keren, terutama suporternya dan suasananya. Atmosfer di sana sangat hidup, keren," sambung Tristan Gooijer lagi.

Tak hanya kepo Bali United, Tristan Gooijer juga kenal dengan dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Baca Juga

"Sekarang di Timnas Indonesia ada Ivar dan Rafael, mereka juga main melawan Argentina, jadi saya sering melihat atmosfer sepak bola di sana, keren banget," puji Tristan Gooijer.

Tristan Gooijer jelas mendukung saat Timnas Indonesia diperkuat pemain naturalisasi atau keturunan, bahkan ia juga pernah dihubungi PSSI, meski belum ada keputusan karena keluarganya memiliki alasan tertentu.

"Menurut saya itu sangat bagus (naturalisasi). Saya nggak bilang pemain yang di Eropa lebih bagus, tapi saya pikir di sini pembinaan sepak bolanya lebih bagus dan lebih tinggi," ucap Tristan.

"Menurut saya, Timnas Indonesia harus mempunyai pemain-pemain yang terbaik, entah mereka punya seratus persen darah Indonesia atau tidak," tukas sang pemain.

Baca Juga
Ajax AmsterdamNaturalisasiTimnas IndonesiaBali UnitedBali United FCTristan GooijerBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini