x

Ditebus Chelsea Hampir Setengah Triliun, Seberapa Hebat Gabriel Moscardo?

Selasa, 28 November 2023 15:08 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, meneruskan kebiasannya memboyong bakat muda dengan menggaet Gabriel Moscardo di bursa transfer Januari 2024.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, meneruskan kebiasannya memboyong bakat muda dengan menggaet Gabriel Moscardo di bursa transfer Januari 2024.

Kabar ini disampaikan oleh media Brasil, SCCP News, di mana Chelsea kabarnya menebusnya dari Corinthians dengan harga 25 juta euro (Rp422 miliar).

Baca Juga

Angka yang hampir setengah triliun rupiah tersebut menjadikan Gabriel Moscardo menjadi penjualan termahal sepanjang sejarah Corinthians.

Kedatangan Moscardo pun menimbulkan pertanyaan besar, mengingat posisi gelandang di kubu The Blues menumpuk bahkan sebelum penandatanganannya.

Belum lagi dengan fakta bahwa para gelandang Chelsea rata-rata masih berusia muda, sehingga Moscardo pun diyakini bakal kesulitan menembus tim utama.

Meski begitu Chelsea seakan tak peduli dengan banyak pemain muda di sektor gelandang, sehingga berani menebus pemain berusia 18 tahun itu.

Baca Juga

Profil Gabriel Moscardo

Gabriel Moscardo merupakan pemain berposisi gelandang bertahan yang lahir di Taubate, Brasil pada 28 September 2005. Ia merupakan produk asli Corinthians.

Ia bermain di level akademi terhitung sejak usia 12 tahun atau pada 2017 lalu. Tak butuh waktu lama, Moscardo pun berhasil menembus tim utama.

Corinthians memberikannya debut pada Juni 2023 lalu. Sejak debutnya itu, Moscardo pun tampil reguler bagi timnya dengan mencatatkan 23 kali penampilan di berbagai ajang pada tahun 2023 ini.

Kiprahnya di usia muda itu nyatanya tak hanya menarik atensi Chelsea, melainkan juga Barcelona yang gencar mendekatinya.

Hanya saja Barcelona tengah dilanda krisis finansial, sehingga Chelsea mengambil keuntungan untuk melayangkan tawaran kepada Corinthians.

Lalu bagaimana dengan kualitas Gabriel Moscardo sendiri? Apakah harga 25 juta euro yang dikeluarkan Chelsea sebanding dengan kemampuannya?

Baca Juga

1. The Next Busquets?

Wonderkid Brasil milik Corinthians, Gabriel Moscardo. (Foto: instagram@gabrielmoscardo)

Sebagai gelandang bertahan, tugas utama Gabriel Moscardo adalah menjadi pemain pertama yang menghentikan serangan lawan.

Selain itu, ia juga diwajibkan bisa menjadi orkestra dalam permainan timnya, mengingat gelandang bertahan kini harus bisa mendistribusikan bola saat timnya menguasai bola.

Baca Juga

Untuk dua tugas ini, siapa sangka Moscardo punya kapasitas menjalankan dua peran tersebut selama bermain bagi Corinthians sepanjang tahun 2023 ini.

Dalam memerankan tugas sebagai First Phase Player, Moscardo punya rataan melepaskan operan sebanyak 40,99 kali per 90 menit dengan akurasi 83,6 persen.

Moscardo juga rata-rata melepaskan 2,05 operan progresif per 90 menit, yang membuatnya bisa menjadi penyambung antara lini belakang dan lini depan.

Bahkan dalam tugasnya sebagai dirijen permainan, Moscardo diberkahi kemampuan menguasai bola yang baik dengan rataan 1,77 kali melewati lawan per 90 menit.

Baca Juga

Sedangkan dalam bertahan, Moscardo begitu aktif berduel dengan lawan dengan membuat 3,17 tekel per 90 menit dan membuat 1,59 intersep per 90 menit.

Ia pun juga mampu membuat 2,52 blok per 90 menit dan 1,87 sapuan per 90 menit, serta memenangkan 1,77 duel udara per 90 menit.

Kapasitasnya dalam mengontrol permainan dan bertahan membuatnya disebut sebagai The Next Sergio Busquets, sehingga Barcelona pun tertarik meminangnya.

Tapi justru Chelsea yang kabarnya mendapat jasanya. Hanya saja, keputusan mendatangkan Moscardo ini bisa saja menjadi blunder The Blues, mengingat banyaknya gelandang muda di sektor tersebut.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaIn Depth SportsLiga InggrisprofilTransfer PemainIndepthGabriel Moscardo

Berita Terkini