x

Setipis Tisu! Hitung-hitungan Peluang Manchester United Bisa Lolos 16 Besar Liga Champions

Kamis, 30 November 2023 10:13 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Hitung-hitungan peluang Manchester United bisa lolos ke babak besar Liga Champions setelah nasib tim Inggris itu berada di ujung tanduk.

INDOSPORT.COM – Hitung-hitungan peluang Manchester United bisa lolos ke babak besar Liga Champions setelah nasib tim Inggris itu berada di ujung tanduk.

Manchester United lagi-lagi gagal meraih hasil maksimal saat melawan Galatasaray di laga grup Liga Champions, Rabu (29/11/23) waktu setempat.

Baca Juga

Dalam laga tersebut, Setan Merah sebenarnya memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan. Namun skor 3-3 malah jadi hasil akhirnya.

Man United sempat unggul 3-1 hingga menit ke-55. Sayang mereka gagal mempertahankan keunggulan usai Galatasaray menyamakan skor.

Tiga gol Setan Merah dicetak oleh Alejandro Garnacho, Bruno Fernandes, dan Scott McTominay. Kemudian tiga gol tuan rumah dicetak oleh Muhammed Kerem dan brace dari Hakim Ziyech.

Hasil imbang ini membuat pasukan Erik ten Hag bertahan sebagai juru kunci klasemen Grup A Liga Champions Eropa 2023-2024.

Baca Juga

Dari lima laga yang telah dimainkan, Setan Merah hanya mencatatkan satu kemenangan yakni saat menghadapi Copenhagen.

Sedangkan empat pertandingan fase grup Liga Champions sisanya berakhir dengan 1 hasil imbang dan 3 kekalahan.

Situasi Manchester United di Grup A semakin tersudut, tetapi bukan berarti mereka tidak memiliki peluang untuk menyusul Bayern Munchen yang sudah lebih dulu lolos ke 16 besar.

Lantas, bagaimana dan apa syaratnya agar Manchester United bisa membalikkan peluang itu jadi sebuah keajaiban di Liga Champions?

Baca Juga

1. Syarat Manchester United Lolos 16 Besar Liga Champions

Selebrasi pemain Manchester United usai mencetak gol ke gawang Galatasaray di Liga Champions, Kamis (30/11/23) dini hari WIB.

Sebelum melangkah ke hitung-hitungan Manchester United lolos ke babak 16 besar Liga Champions, baiknya kita melihat klasemen Grup A.

Saat ini Bayern Munchen menguasai puncak klasemen Grup A dengan perolehan 13 poin dari 5 pertandingan yang sudah dijalani.

Baca Juga

Tempat kedua dihuni oleh Copenhagen (5) dengan Galatasaray membuntuti di posisi ketiga dengan 5 poin, sementara Man United jadi juru kunci dengan 4 poin.

Bayern Munchen terbilang tim paling superior di Grup A berkat raihan 4 kemenangan dan 1 hasil imbang. Ini memastikan Bayern Munchen lolos terlebih dulu ke 16 besar.

Di pertandingan terbaru, Bayern Munchen ditahan imbang Copenhagen dengan skor kacamata alias 0-0 pada hari Kamis (30/11/23) dini hari WIB.

Hasil imbang Bayern Munchen vs Copenhagen inilah yang memberi secuil peluang Manchester United untuk setidaknya lolos ke 16 besar sebagai runner-up.

Baca Juga

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jarak perolehan poin Man United dengan Copenhagen dan Galatasaray masih sangat tipis dengan 1 pertandingan tersisa.

Nah, matchday keenam akan menentukan Manchester United bisa lolos ke babak 16 besar Liga Champions atau tidak, plus tergantung hasil pertandingan lain.

Di pertandingan terakhir, Manchester United akan menghadapi sang penguasa klasemen yakni Bayern Munchen. Tentu saja ini jadi ujian yang berat bagi pasukan Erik ten Hag.

Man United hanya bisa lolos ke babak knockout jika bisa mengalahkan Bayern Munchen di Old Trafford, dan pertandingan lain yakni Copenhagen vs Galatasaray berakhir imbang.

Artinya, jika kedua syarat tersebut tercapai pada matchday keenam nanti maka Manchester United bisa lolos ke 16 besar sebagai runner-up.

Namun jika Manchester United finish ketiga di klasemen maka Bruno Fernandes dan kawan-kawan akan turun pangkat ke turnamen Liga Europa 2023-2024. 

Baca Juga
Manchester UnitedLiga ChampionsBayern MunchenGalatasarayFC Copenhagen

Berita Terkini