x

Tampil Apik, 3 Pemain Pinjaman yang Berpotensi Dipermanenkan AS Roma

Sabtu, 2 Desember 2023 07:54 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain AS Roma Lorenzo Pellegrini merayakan gol bersama Romelu Lukaku dan Andrea Belotti REUTERS-Alberto Lingria

INDOSPORT.COM - Sejumlah pemain pinjaman klub Liga Italia (Serie A), AS Roma bermain apik musim ini yang bikin petinggi klub dan juga pelatih berminat untuk mempermanenkan statusnya. Siapa saja?

AS Roma tidak begitu aktif membeli pemain pada bursa transfer musim panas 2023. Hal itu karena mereka harus menjalani sanksi akibat pelanggaran aturan Financial Fair Play (FFP).

Baca Juga

Mereka dinilai bersalah telah menyalahi aturan Financial Fair Play selama tiga musim terakhir. Sanksi pun diberikan Badan Kontrol Finansial Klub UEFA (CFCB),Jumat (2/9/22) malam WIB.

CFCB menyatakan AC Milan, AS Monaco, AS Roma, Besiktas, Inter Milan, Juventus, Marseille, dan Paris Saint-Germain tidak memenuhi syarat Financial Fair Play.

Sanksi yang diberikan sebesar 172 juta euro, dipotong dari pendapatan apa pun yang diperoleh setiap klub dalam partisipasi di kompetisi UEFA, atau dibayarkan secara langsung.

15 persen (26 juta euro) dari sanksi tersebut berstatus tanpa syarat alias harus dibayar penuh.

Baca Juga

Denda sisanya (146 juta euro) dicicil sesuai syarat, tergantung pada kepatuhan setiap klub terhadap target yang dinyatakan dalam perjanjian penyelesaian mereka.

AS Roma sendiri menempati urutan ke-2 dalam daftar sanksi UEFA dengan denda mencapai 35 juta euro, 5 juta euro di antaranya harus dibayar penuh.

Ancamannya yakni dikeluarkan dari kompetisi UEFA untuk musim 2024/2025 dan 2025/2026. 

Untuk menghindari ancaman itu, AS Roma pun perlu mendapatkan asupan dana segar di pembukuan mereka sebesar 30 juta euro sebelum 30 Juni untuk menyeimbangkan pembukuan dengan parameter Financial Fair Play.

Caranya dengan menjual beberapa pemain bintangnya ke sejumlah klub, hingga tak tak bisa membeli pemain baru dengan cara jor-joran alias dibatasi.

Sanksi tersebut kemudian diakali oleh AS Roma dengan cara meminjam pemain baru guna menambah kekuatan musim ini.

Dari 7 pemain yang direkrut, terdapat 4 pemain yang didatangkan dengan skema peminjaman. Seiring waktu para pemain pinjaman itu ternyata tampil bersinar dan layak dipermanenkan statusnya. Siapa saja?

Baca Juga

1. Romelu Lukaku

Aksi duel pemain AS Roma Romelu Lukaku berebut bola dengan pemain AC Milan Malick Thiaw pada laga Liga Italia. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

Romelu Lukaku dipinjam AS Roma dari Chelsea selama semusim penuh pada 2023/2024. Manajemen membayar biaya peminjaman senilai 5 juta euro atau Rp84 miliar. 

Opsi pembelian permanen disertakan setelah masa peminjaman berakhir pada musim panas 2024 mendatang.

Baca Juga

Sejauh ini, kiprah Lukaku di awal 2023/2024 langsung nyetel. Bomber asal Belgia ini menjadi tumpuan lini serang AS Roma. 

Dari 16 kali penampilan di semua kompetisi, ia sudah mengoleksi 10 gol dan satu assist. Salah satu faktor kembali tajamnya sang pemain adalah berkat Jose Mourinho. 

Rasmus Kristensen

Rasmus Kristensen bergabung dengan AS Roma dengan status pemain pinjaman dari Leeds United. 

Kepindahannya ke Olimpico ini untuk menambah persaingan di sektor bek kanan. 

Baca Juga

Profilnya sebagai pemain berpengalaman diharapkan mampu membantu tim kompetitif. Sejauh ini, Kristensen mampu bermain apik ketika dipercaya turun. 

Pemain internasional Denmark ini sudah melakoni 11 pertandingan di semua kompetisi. Ia mampu menjadi pilihan utama di saat persaingan ketat dengan pemain lain, seperti Zeki Celik dan Rick Karsdrop.

Diego Llorente

Diego Llorente kembali menjalani masa peminjaman kedua di AS Roma. Sebelumnya, ia dikirim Leeds United pada paruh kedua 2022/2023. Kini, ia kembali memperkuat I Giallorossi hingga musim 2023/2024 berakhir.

AS Roma sejatinya memiliki opsi pembelian pada peminjaman pertama. Namun, manajemen masih belum puas sebab dinilai belum maksimal meski melakoni 12 pertandingan. 

Baca Juga

Llorente akhirnya dipinjam lagi pada musim panas 2023. Ia tetap menjadi andalan di jantung pertahanan I Giallorossi dan sejauh ini sudah bermain dalam 15 laga dan menyumbang 2 assist di berbagai ajang.

 
AS RomaLiga Italia

Berita Terkini