x

Tidak Ada Jerman Si Tuan Rumah, 3 Negara Favorit Terkuat Juara EURO 2024

Minggu, 3 Desember 2023 21:01 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Undian fase grup EURO 2024 digelar pada Sabtu (03/11/23) dan kini 24 tim peserta sudah mengetahui siapa saja yang mereka hadapi pada Juni tahun depan. (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

INDOSPORT.COM - Undian fase grup EURO 2024 digelar pada Sabtu (03/11/23) dan kini 24 tim peserta sudah mengetahui siapa saja yang mereka hadapi pada Juni tahun depan.

Meski masih ada tiga slot kosong untuk mereka yang masih berjuang di play off, namun setidaknya publik sudah bisa melihat garis besar peta persaingan di Jerman nantinya.

Baca Juga

Bicara soal EURO 2024 pastinya bahasan mengenai siapa yang akan jadi favorit juara jadi topik terpanas.

Meski bertindak sebagai tuan rumah dan punya track record apik dalam turnamen akbar, kami rasa Jerman mungkin belum bisa membersihkan reputasi baik mereka yang mulai tercoreng sejak 2018.

Terbukti dengan masih olengnya laju mereka di sejumlah laga uji coba terbaru jelang EURO 2024.

Saat masih ditukangi Hansi Flick, Jerman gagal menang di lima laga beruntun melawan Belgia (2-3), Ukraina (3-3), Polandia (1-0), Kolombia (0-2), dan Jepang (1-4).

Baca Juga

Akhirnya pergantian manajer pun dilakukan dengan Julian Nagelsmann ditunjuk oleh federasi sebagai nakhoda anyar.

Di partai debutnya, Jerman menang 1-3 melawan Amerika Serikat namun kembali menumpul ketika menghadapi Meksiko (2-2), Turki (2-3), dan Austria (2-0).

Tidak heran jika kemudian odds untuk Jerman menjadi juara di tanah sendiri dan kembali merajai Eropa sejak kali terakhi di 1996 sepertinya cukup kecil.

Berikut ini adalah tiga negara yang kami rasa akan jauh lebih performanya di EURO 2024. Adakah negara yang jadi favorit anda? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. 1. Prancis

Moussa Diaby (tengah) bersama Antoine Griezmann (kiri) dan Kylian Mbappe (kanan) saat membela Timnas Prancis. (Foto: REUTERS/Clodagh Kilcoyne)

Dalam satu dasawarsa terakhir, Prancis membuktikan mereka adalah tim terbaik di Eropa. Sukses menjadi juara Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations League 2021 jadi salah satu alasan kenapa Les Bleus memang layak ditakuti.

Bahkan di Piala Dunia 2022 lalu saja mereka masih bisa menjadi runner-up dengan skuad yang relatif muda. Kylian Mbappe, Aurelien Tchouameni, Mike Maignan, Eduardo Camavinga, Warren Zaire-Emery akan semakin matang di EURO 2024 mendatang.

Baca Juga

Meski tergabung di Grup D bersama Belanda dan Austria, Prancis akan tetap dijagokan melaju setidaknya sampai semifinal.

2. Inggris

EURO 2024 bisa jadi kesempatan terakhir bagi Gareth Southgate untuk menunjukkan jika ia memang sosok yang pantas memimpin generasi emas Inggris menuju trofi.

Ia sudah dipercaya menjadi nakhoda The Three Lions sejak 2016 namun status juara kedua EURO 2020 adalah capaian terbaiknya.

Andai gagal nanti, dapat dipastikan Southgate bakal didepak mengingat kontraknya pun akan berakhir pada Desember 2024 mendatang.

Baca Juga

Meski dianggap pelatih minim taktik, namun Southgate akan sangat tetap tertolong oleh individu-individu brilian dalam timnya seperti Harry Kane, Jude Bellingham, Declan Rice, Kieran Trippier, Phil Foden, dan masih banyak lagi.

3. Spanyol

Spanyol sudah bukal lagi Spanyol yang dulu dimana mereka bisa menjuarai EURO 2008 dan 2012 namun La Furia Roja kerap tetap tampil oke di panggung internasional.

Contohnya saat menjadi juara UEFA Nations League 2022/2023 juga menginjak semifinal EURO 2020. Alvaro Morata dan kolega masih punya banyak amunisi untuk memberi kejutan.

Terlebih di bawah asuhan Luis de la Fuente, Spanyol juga punya rekor apik dengan sembilan kemenangan dari 10 laga bersama sang pelatih. Cukup menjadi modal penaik rasa percaya diri jelang EURO 2024.

Baca Juga
SpanyolInggrisPrancisJermanEuro 2024Indepth

Berita Terkini