x

Kabar Eduard Tjong, Eks Pelatih Timnas U-19 yang Kini Menjabat Dirtek Mitra Surabaya

Senin, 4 Desember 2023 13:54 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Isman Fadil
Eduard Tjong

INDOSPORT.COM - Kabar terkini sosok Eduard Tjong, mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 yang kini turun gunung menjadi direktur teknik klub Liga 3 Jawa Timur, Mitra Surabaya.

Penggemar sepak bola Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Eduard Tjong. Pelatih kelahiran Surakarta 1 Juni 1972 ini sudah memiliki sejumlah pengalaman di sepak bola.

Baca Juga

Melansir Transfermarkt, Coach Edu begitu sapaannya pernah membesut sejumlah klub di Tanah Air.

Beberapa di antaranya, Persela Lamongan musim 2013/14, Persiram Raja Ampat musim 2014/15, PS TNI musim 2016 (hanya dua bulan), Persegres Gresik United musim 2016/17.

Baca Juga

Kemudian dia juga pernah memimpin Madura FC musim 2019 (tujuh bulan), Celebest FC musim 2019/20 dan sejumlah klub lainnya.

Selain menjadi pelatih klub di Indonesia, anak dari legenda kiper Harry Tjong ini juga pernah membesut Timnas Indonesia U-19 2016.

Baca Juga

Namun sayangnya, umur melatih Eduard Tjong di kelompok umur tidak lama. Dia berpisah tidak lagi menukangi Timnas Indonesia U-19 pada 2017.

Lama tidak terdengar, Eduard Tjong ternyata masih aktif sebagai pegiat sepak bola.

Baca Juga

Eduard Tjong diketahui memiliki usaha di dunia sepak bola dan menjadi direktur teknik klub Liga 3 asal Jawa Timur, Mitra Surabaya.

Lantas bagaimana sepak terjangnya sebagai Direktur Teknik Mitra Surabaya yang sebentar lagi berlaga di kompetisi Liga 3 Jawa Timur 2023. Berikut ini adalah wawancara INDOSPORT.com dengan Eduard Tjong.


1. Menjabat Direktur Teknik Mitra Surabaya

Eduard Tjong

Eduard Tjong menjelaskan, dirinya telah menjadi bagian Mitra Surabaya di kompetisi Liga 3 Jawa Timur sejak musim lalu.

Namun ketika itu dia mengaku bergabung dengan tim yang bermarkas di Lapangan Poral, Surabaya menjelang akhir kompetisi.

“Tahun lalu kurang tiga pertandingan saya bergabung bersama Mitra Surabaya. Kalau sekarang saya sejak awal sudah menjadi Dirtek,” jelas Eduard Tjong kepada INDOSPORT.com.

Mengemban tugas sebagai direktur teknik tentu bukan hal yang mudah. Dia setidaknya mampu membawa Mitra Surabaya lolos ke fase Liga 3 nasional.

“Target dari manajemen tidak ada. Yang penting kami bisa bersaing saja untuk bisa lolos. Setelah itu baru bicara lagi,” ungkapnya.

Namun yang pasti, menurut Coach Edu meskipun dari jajaran manajemen tidak memberikan target. Setidaknya ada peningkatan prestasi Mitra Surabaya dari kompetisi sebelumnya.

“Ya benar, setidaknya ada peningkatan dari kompetisi musim lalu,” jelasnya.

Sempat Dapat Tawaran Melatih Mitra Surabaya

Eduard Tjong mengaku sempat mendapatkan tawaran untuk menjadi pelatih di klub Liga 3 Mitra Surabaya.

Namun lantaran ada alasan yang tidak bisa diungkapkan. Eduard Tjong memutuskan menerima tugas sebagai direktur teknik.

Setelah resmi menjabat sebagai direktur teknik. Eduard Tjong rencananya dalam waktu dekat ini terbang ke Surabaya.

Dia akan langsung mendampingi tim bersama pelatih kepala Bambang Pujo Sumantri untuk mengikuti kompetisi Liga 3 Jawa Timur.

Eduard TjongNiac Mitra SurabayaTimnas Indonesia U-19

Berita Terkini