x

Bedah Formasi Mengerikan Timnas Indonesia Usai Bergabungnya Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Selasa, 5 Desember 2023 11:14 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Skuad Timnas Indonesia saat menghadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

INDOSPORT.COM - Bedah formasi Timnas Indonesia setelah dua pemain keturunan resmi dinaturalisasi, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-Oen bikin skuat Garuda makin mengerikan.

Komisi X DPR RI menyetujui permohonan naturalisasi dua pemain keturunan yang akan membela Timnas Indonesia, Senin (4/12/23). Mereka adalah Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Baca Juga

"Komisi X DPR RI menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On," ucap pimpinan sidang, Hetifah Sjaifudian.

"Dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," sambungnya.

Dalam sidang tersebut, turut hadir Menpora Dito Ariotedjo, Sekjen PSSI Yunus Nusi, serta Komite Eksekutif PSSI Ahmad Riyadh dan Sumardji.

Jay Idzes diketahui adalah pemain Venezia FC yang bermain di divisi kedua Liga Italia. Sementara Nathan Tjoe-A-On memperkuat tim Swansea City di divisi kedua Liga Inggris.

Baca Juga

Jay Idzes memiliki darah Indonesia dari sang ibu, di mana kakek dan neneknya berasal dari Jakarta. Di sisi lain, kakek Nathan Tjoe-A-Oen adapah orang asli Semarang, Jawa Tengah.

Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On diproyeksikan untuk menambah kekuatan Tmnas Indonesia di Piala Asia 2023, mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2023 mendatang.

Jika mempertimbangkan skuat yang sudah diracik Shin Tae-yong sejak Kualifikasi Piala Dunia 2026, maka kehadiran Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-Oen membuat Garuda makin beringas.

Berikut INDOSPORT merangkum formasi mengerikan Timnas Indonesia bersama Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-Oen.

Baca Juga

1. Bedah Formasi Timnas Indonesia (3-5-2)

Jordi Amat dan para pemain Timnas Indonesia saat merayakan gol ke gawang Burundi.

Kiper: Ernando Ari

Posisi penjaga gawang Timnas Indonesia cukup vital. Selain Nadeo Argawinata yang belakangan ini underperform di Timnas, Shin Tae-yong bisa mengandalkan Ernando Ari.

Meski masih berusia sangat muda, 21 tahun, Ernando sudah memiliki sisi kematangan dalam mengawal gawang Timnas Indonesia. Ia tampil apik saat menghadapi Filipina di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026, November lalu.

Baca Juga

Bek: Elkan Baggott, Jordi Amat, Jay Idzes

Dua pemain keturunan Indonesia, Elkan Baggott dan Jordi Amat sudah memiliki tempat tersendiri dalam formasi Shin Tae-yong, mereka akan menjadi stopper.

Ditambah dengan Jay Idzes yang memiliki pengalaman di Liga Italia, tentu piawai dengan taktik Catenazzio atau fokus pada pertahanan, membuat Timnas Indonesia nantinya semakin sulit ditembus.

Bek Sayap: Asnawi Mangkualam, Shayne Pattynama

Posisi fullback Timnas Indonesia mestinya diserahkan pada Asnawi Mangkualam (kanan) dan Shayne Pattynama (kiri), yang memang sudah mempunya pengalaman mumpuni.

Asnawi Mangkualam kini bermain di Liga Korea Selatan bersama Jeonnam Dragons. Sedangkan Shayne Pattynama bermain di Liga Norwegia bersama Viking FK.

Baca Juga

Gelandang: Sandy Walsh, Marc Klok, Ivar Jenner

Trio pemain keturunan lagi-lagi akan mewarnai lini tengah Timnas, yakni Sandy Walsh, Marc Klok, dan Ivar Jenner.

Sandy Walsh piawai untuk naik membantu serangan, sekaligus turun ketika bertahan. Marc Klok tipikal pembagi bola yang sangat akurat, sedangkan Ivar Jenner bisa membantu lini serang.

Striker: Nathan Tjoe-A-Oen; Ramadhan Sananta

Pemain keturunan yang dalam proses naturalisasi, Nathan Tjoe-A-Oen ingin menjawab kebutuhan Shin Tae-yong akan penyerang Timnas Indonesia yang berpengalaman di Eropa.

Sementara Ramadhan Sananta sudah terbukti gacor bersama Timnas Indonesia, baik di level senior maupun U-23. Ia juga bersinar di Liga 1.

Timnas Indonesia (3-5-2): Ernando Ari (GK); Elkan Baggott, Jordi Amat, Jay Idzes; Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Marc Klok, Asnawi Mangkualam; Nathan Tjoe-A-Oen, Ramadhan Sananta.

Baca Juga
NaturalisasiTimnas IndonesiaIn Depth SportsBerita Timnas IndonesiaIndepthNathan Tjoe-A-OnJay Idzes

Berita Terkini