x

Liga 3 Resmi Bergulir, PSSI Asprov Jatim Pastikan Kompetisi Penuh Integritas

Jumat, 8 Desember 2023 19:00 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
Mas Dhito (Bupati Kediri) bersama Ahmad Riyadh (Ketua Asprov PSSI Jatim) mengangkat trofi Liga 3. (Foto: PSSI Asprov Jatim)

INDOSPORT.COM - PSSI Asosiasi Provinsi (asprov) Jawa Timur akhirnya secara resmi menggulirkan kompetisi Liga 3 untuk kancak regional Jatim pada musim 2023/2024.

Stadion Canda Bhirawa yang terletak di Pare, Kabupaten Kediri dipilih sebagai tempat menggelar opening ceremony pada Selasa (5/12/23). 

Baca Juga

Tentu saja, bukan tanpa alasan PSSI Asprov Jatim memilih Kediri. Pasalnya, Kediri dinilai sebagai salah satu barometer sepak bola di Jawa Timur. 

Kebetulan, tim Persedikab juga menjadi salah satu tuan rumah Grup L bersama Akademi Arema Ngunut, PSBK Kota Blitar dan AC Majapahit Mojokerto.

"Sebuah kehormatan bagi Kabupaten Kediri yang dipercaya membuka kompetisi terbesar di Indonesia ini," ucap Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana.

"Kami harap, Liga 3 Jatim ini berjalan lancar, menjunjung tinggi sportivitas dan fair play," sambung Mas Dhito, yang sekaligus Dewan Pembina Persik Kediri tersebut.

Baca Juga

Pada seremoni pembuka itu, puluhan siswi sekolah di Kediri ikut terlibat dalam menyuguhkan sejumlah tarian dengan balutan lokal khas Kediri.

Kompetisi Liga 3 Jatim lantas dibuka dengan laga antara Akademi Arema Ngunut versus PSBK Kota Blitar yang berkesudahan 1-0.

Sedangkan pada laga kedua, Persedikab mengandaskan perlawanan AC Majapahit dengan skor 1-0. Tim tuan rumah pun memuncaki klasemen Grup L dengan 3 poin.

Liga 3 Jatim musim ini melibatkan 54 tim yang terbagi ke dalam 14 grup yang digelar di 13 stadion secara serentak di Jatim, 5 sampai 18 Desember 2023 mendatang.

Baca Juga

Penuh Integritas

Ketua Umum PSSI Asprov Jatim, Ahmad Riyadh juga menambahkan, bahwa kompetisi Liga 3 musim ini berjalan dengan penuh dengan integritas.

Baik kedua tim yang bertanding, wasit yang bertugas hingga panitia pelaksana di semua daerah penyelenggara, wajib menegakkan aturan sebagaimana mestinya.

"Saya tegaskan, bahwa semua perangkat pertandingan memiliki integritas dan bekerja secara profesional. Zero tolerance untuk setiap pelanggaran," ungkap Riyadh.

Baca Juga

"Harus menjaga amanah, menolak intervensi, menjaga sportivitas dan berkomitmen penuh agar sepak bola kita dihargai," sambung dia.

Hal senada juga diutarakan Amir Burhanuddin, selaku wakil ketua PSSI Asprov Jatim. Bahwa dalam rapat koordinasi sebelum kick-off Liga 3, ada beberapa poin kesepakatan.

"Kami membuat pakta integritas dengan klub peserta, sebagai upaya dan langkah pencegahan terhadap tindakan atau persepsi yang dapat merugikan," jelas Amir.

Baca Juga

"Termasuk jersey tim, spanduk capres, caleg dan lainnya yang berbau politik dan pemilu 2024 dilaramg masuk stadion," beber figur yang juga CEO Deltras FC tersebut.

"Asumsinya, Liga 3 Jatim akan selesai akhir Februari atau awal Maret 2024, karena memasuki Ramadhan. Putaran nasional akan diputar April (2024)," pungkas Amir.

PSSIAsprov PSSI Jawa TimurLiga IndonesiaLiga 3PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)

Berita Terkini