x

Dipimpin Wasit Jepang, Pelatih Portugal Ini Berikan ‘Sentilan’ untuk PSSI

Selasa, 12 Desember 2023 07:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Wasit asal Jepang, Futoshi Nakamura saat memimpin pertandingan pekan ke-22 Liga 1 2023-2024, antara Persib Bandung vs Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (10/12/23).

INDOSPORT.COM - Laga pekan ke-22 Liga 1 2023/24, antara Persita Tangerang vs Persikabo 1973, Minggu (10/12/23) malam di Indomilk Arena, menyita perhatian karena dipimpin wasit asing asal Jepang, Yusuke Araki. 

Pada laga yang dimenangkan Persita Tangerang dengan skor 2-1, kerja Araki dibantu oleh Fuad Qohar (Asisten Wasit 1), Nurhadi (Asisten Wasit 2), dan Candra (Cadangan Wasit).

Wasit asal Jepang itu dinilai melaksanakan tugasnya dengan baik. Tidak banyak waktu yang terbuang, lantaran Araki sangat tegas, bahkan sempat menghardik bek Persita yang lakukan tekel berbahaya.

Baca Juga

“Kehadiran wasit asing ini sangat positif, dengan kinerja wasit asing, laga berjalan lancar. Tidak banyak berhenti akibat pelanggaran,” ujar bek Persita, Mario Jardel.

Pelatih Persita, Divaldo Alves mengakui memang ada perbedaan saat pertandingan dipimpin wasit asing yakni pertandingan lebih mengalir. Tapi, dia juga tak mengecilkan kualitas wasit lokal, hanya saja ada hal yang perlu diperbaiki, supaya lebih baik.

Juru taktik asal Portugal itu menyatakan, tugas PSSI adalah meningkatkan kualitas wasit lokal, supaya tidak ada klub yang dirugikan akibat salah keputusan akhir.

“Ada perbedaan saat dipimpin wasit Jepang, ada tapi sedikit saja. Pertandingan lebih lancar tidak berhenti,” ujarnya.

Baca Juga

“Wasit Indonesia juga bagus dan saya kira ini positif. Tinggal PSSI sedikit perbaiki wasit kita, saya percaya sepak bola Indonesia, karena saya juga kerja di sini. Wasit kita bagus juga, tapi ada yang perlu diperbaiki,” lanjut Divaldo Alves. 

Sementara itu, pelatih Persikabo 1973, Aji Santoso menyatakan tidak terlalu memperdulikan siapa yang memimpin pertandingan. Baginya, yang terpenting adalah wasit adil dan mengambil keputusan yang tepat. 

“Laga tadi tak ada masalah kepemimpinan wasit juga bagus. Saya tak ikut campur (ke depan ada laga yang dipimpin wasit asing), itu keputusan federasi,” ucapnya.

Selain laga Persita vs Persikabo yang dipimpin wasit Jepang, laga Liga 1 lainnya antara Persib Bandung vs Persik Kediri juga ditangani wasit Jepang lainnya yakni, Futoshi Nakamura.

Baca Juga

Dalam laga yang dimenangkan Persik dengan skor 2-0, Nakamura dibantu oleh Frengki Fredianto (Asisten Wasit 1), M Akbar Jamaluddin (Asisten Wasit 2), dan Aprisman Aranda (Cadangan Wasit).

Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, kejutan wasit Jepang ini merupakan bentuk kolaborasi untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) lokal. 

“Ini adalah sebuah bentuk kerja sama kita untuk meningkatkan kualitas perangkat pertandingan. Tidak sekadar wasit asing memimpin tapi berkolaborasi dengan wasit lokal," tuntas Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Baca Juga
Persib BandungPersita TangerangErick ThohirPersik KediriWasitLiga 1Persikabo 1973

Berita Terkini