x

Asosiasi BMX Indonesia, Komunitas Sepeda Untuk Para Pecinta BMX

Selasa, 18 Oktober 2022 13:45 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
Komunitas Sepeda Asosiasi BMX Indonesia. (Foto: Asosiasi BMX Indonesia)

INDOSPORT.COM – Jenis sepeda BMX bisa dibilang merupakan salah satu yang banyak digemari oleh para bikers di Indonesia.

Sekilas mengenai BMX (Bicycle Motorcross), adalah jenis sepeda yang biasanya digunakan untuk balap off-road dan trick riding.

Baca Juga

Sepeda BMX biasanya terbuat dari beberapa jenis bahan seperti baja dan alumunium, tergantung dari tingkatan kelasnya.

BMX juga menjadi bagian dari Union Cyclist Internasional (UCI), yaitu induk organisasi internasional olahraga sepeda yang diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan bermarkas di Aigle, Swiss.

Baca Juga

Meski awalnya dibuat untuk balapam, seiring berjalannya waktu saat ini BMX juga banyak digunakan untuk bersepeda santai.

Memiliki desain menarik dan ukuran yang pas untuk ditunggangi oleh berbagai kalangan dan usia, tak ayal membuat jenis sepeda asal California, Amerika Serikat itu ramai peminat.

Baca Juga

Salah satunya di Indonesia, negara zamrud khatulistiwa ini juga memiliki banyak warga negara yang terpikat dengan pesona sepeda BMX.

Sehingga, tim INDOSPORT akan memperkenalkan Asosiasi BMX Indonesia yang merupakan komunitas sepeda terbesar di Tanah Air untuk para penggila BMX.


1. Sejarah Asosiasi BMX Indonesia

Komunitas Sepeda Asosiasi BMX Indonesia. (Foto: Asosiasi BMX Indonesia)

Menjadi wadah bagi para penggiat sepeda BMX, Asosiasi BMX Indonesia (ABI), resmi berdiri pada 1 April 2001. Komunitas ini dibentuk oleh sekelompok pemerhati sepeda BMX.

Baca Juga

Selanjutnya  disahkan oleh Akte Notaris pada 9 Januari 2003, kemudian komunitas ini diakui oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pada 24 Februari 2003.

Tujuan didirikannya komunitas ini ialah demi menjalin komunikasi dan mendapatkan informasi dalam hal pengembangan bakat, keterampilan penggemar, dan pengguna sepeda BMX di seluruh Indonesia pada umumnya.

Baca Juga

“Untuk gabung ke ABI, bisa langsung aja sama ABI Provinsi atau kabupaten dan kota yang sudah terbentuk,” pungkas Firman Kuniawan, Ketua Umum Nasional Asosiasi BMX Indonesia, kepada tim INDOSPORT, Minggu (16/10/22).

“Soal jadwal, biasanya masing-masing daerah ada jadwal latihan atau kumpul bareng,” sambung Firman Kurniawan.

Ya, hingga saat ini Asosiasi BMX Indonesia sudah tersebar di 18 Provinsi. Mengenai workshop ABI bermarkas di daerah Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga

Asosiasi BMX Indonesia juga diketahui sudah banyak mengadakan berbagai program dan acara, salah satunya event Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS).

Kemudian dalam waktu dekat, tepatnya November mendatang, Asosiasi BMX Indo nesia bakal menggelar Mandalika Series.

Mandalika Series sendiri hadir untuk ajang silaturahmi BMX di Indonesia yang dimana acara ini akan terdiri dari beberapa kategori.

Baca Juga

Kategori tersebut di antaranya Street, Flatland, dan Fun Games, serta nantinya juga akan dibentuk ABI regional Nusa Tenggara Barat guna mendukung BMX lokal untuk semakin berkembang.

Selain event BMX, akan ada juga beberapa event lain bersama dengan 5 Induk Olahraga seperti PORPI, ULD, Pelangi, FBSI, dan juga kejuaraan dunia binaraga dan fisik yang digelar oleh Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (Perbafi).

Bagi sobat Indosport yang ingin join ke komunitas sepeda Asosiasi BMX Indonesia, bisa langsung meluncur ke laman Instagram @asosiasibmxindonesia.

Balap SepedaKomunitas SehatBMXSepedaBerita Olahraga

Berita Terkini