x

5 Fakta Menggelegar Defia Rosmaniar, Peraih Emas Pertama Indonesia di Asian Games 2018

Sabtu, 8 September 2018 08:38 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Defia Rosmaniar sumbangkan emas pertama untuk Indonesia.

INDOSPORT.COM - Atlet Defia Rosmaniar berhasil meraih medali emas pertama untuk Indonesia dalam ajang multi event Asian Games 2018 lewat cabang olahraga taekwondo nomor tunggal putri poomsae, Minggu (19/08/18) lalu.

Pertandingan final taekwondo tunggal putri poomsae berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta itu mampu menjadikan Defia pemenang usai mendapatkan poin sebanyak 8.690.

Sedangkan lawan Defia yang berasal dari Iran Marjan Salahshouri hanya bisa mendapatkan nilai 8.470 poin. Hasil itu membuat Defia memperoleh medali emas yang ditonton langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga

Namun siapa yang menyangka kalau keberhasilan Defia Rosmaniar ternyata juga menghadirkan fakta-fakta menggelegar bagi publik Indonesia. Oleh sebab itu INDOSPORT.COM coba menjabarkan data-data tersebut.


1. Fakta-Fakta Defia Rosmaniar

Defia Rosmaniar sumbangkan emas pertama untuk Indonesia.

Pertama, keikutsertaan Defia Rosmaniar menjadi yang perdana dalam ajang multi event Asian Games sepanjang kariernya sebagai atlet taekwondo tunggal putri poomsae.

Kedua, medali emas yang didapat Defia Rosmaniar ternyata menjadi yang pertama baginya saat ikut kompetisi olahraga sebesar Asian Games sepanjang kiprahnya.

Ketiga, selain itu Defia Rosmaniar menjadi atlet pertama bagi Indonesia yang mendulang medali emas dalam turnamen Asian Games 2018. Medali pertama yang didapat Indonesia berasal dari cabang olahraga wushu yang merenguh perak lewat Edgar Xavier Marvelo.

Baca Juga

Keempat, cabang olahraga taekwondo akhirnya bisa menorehkan catatan bagus ketika Defia Rosmaniar meraih medali emas di Asian Games. Prestasi tertinggi taekwondo Indonesia didapat oleh Jaffi Triaji (men's -50kg) di Asian Games 1986 yang meraih medali perak.

Kelima, terakhir Defia Rosmaniar menjadi atlet putri pertama yang mendapatkan medali emas untuk Indonesia di Asian Games. Atlet putri pertama yang meraih medali adalah Juana Wangsa Putri (women's -47kg) saat Asian Games 1998 dan memperoleh perunggu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Juga Serba-Serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT.COM.

Asian GamesAsian Games 2018TaekwondoAtletListicle Asian Games 2018Defia Rosmaniar

Berita Terkini