x

Tembus 16 Besar Olimpiade, Pengungsi Iran Kimia Alizadeh Simpan Kisah Haru

Minggu, 25 Juli 2021 20:35 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
Kimia Alizadeh Zenoorin (Iran)

INDOSPORT.COM - Atlet taekwondo pengungsi Iran, Kimia Alizadeh berhasil tembus babak 16 besar setelah mengalahkan mantan rekan senegaranya di Olimpiade Tokyo 2020, Minggu (25/07/21).

Kimia Alizadeh meraih kemenangan -57kt. Raihan tersebut membuka peluang untuk merebut medali kedua di Olimpiade Tokyo 2020.

Bertanding di bawah bendera putih Tim Olimpiade Pengungsi, Alizadeh menjadi atlet favorit di arema Makuhari Messe. Begitu memasuki area pertandingan, atlet pengungsi Iran itu mendapat tepuk tangan dari awak media dan crew yang ada di venue.

Baca Juga
Baca Juga

Sorak-sorai tepuk tangan kembali terdengar setelah pertandingan berakhir. Kimia Alizadeh meraih kemenangan dengan skor 18-9 atas Nahid Kiyani Chandeh.

Selanjutnya Alizadeh akan berjuang di babak 16 besar. Atlet taekwondo asal Inggris, Jade Jones telah menantinya di babak tersebut.

Kimia Alizadeh adalah atlet yang telah menorehkan sejumlah prestasi, salah satunya medali perunggu di Olimpiade Rio de Janeiro.

Baca Juga
Baca Juga

Saat itu Alizadeh menjadi wanita pertama yang mempersembahkan medali untuk tanah airnya. Langkah atlet taekwondo berusia 23 tahun itu tidak selalu mudah.

Ia menyimpan kisah haru dalam perjalanan hidupnya. Tahun lalu Kimia Alizadeh diketahui membelot ke Jerman sebelum akhirnya dinyatakan lolos ke Olimpiade Tokyo.


1. Kisah Haru Kimia Alizadeh

Kimia Alizadeh Zenoorin (Iran)

Saat berlaga di Olimpiade Tokyo, Kimia Alizadeh berstatus atlet pengungsi Iran. Ia adalah satu dari tiga taekwondoin dan 29 atlet yang bersaing untuk tim pengungsi di Tokyo.

Saat berlaga di Olimpiade Rio, Kimia Alizadeh adalah wanita berhijab. Akan tetapi begitu melarikan diri ke Jerman, ia memutuskan untuk melepas hijabnya.

Pasalnya hal itu sering digunakan sebagai alat propaganda. Di tengah hidupnya yang keras sebagai pengungsi Iran, Kimia Alizadeh tetap berusaha untuk bisa berprestasi.

Melalui cabang olahraga taekwondo inilah, Alizadeh ingin menunjukkan kemampuan terbaiknya. Ia akan mengerahkan segenap kekuatannya demi meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

TaekwondoKimia AlizadehOlimpiade Tokyo 2020

Berita Terkini