x

Tantang Petinju Filipina, Tibo Monabesa Bisa Kanvaskan Lawan di Bawah 6 Ronde

Sabtu, 31 Maret 2018 01:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung

Petinju Indonesia, Tibo Monabesa akan menjalani pertarungan mempertahankan gelar juara kelas terbang junior WBC International Silver pada Sabtu (31/03/18) di di GOR Cendrawasih, Cengkareng Jakarta Barat.

Tibo akan melawan petinju Filipina, Lester Abutan di kelas terbang ringan 48.9 kilogram selama 12 ronde.


1. Menang Mudah

Tibo Monabesa.

Melihat pertandingan tersebut, promotor sekaligus manajer Tibo, Armin Tan dari Sasana Armin Tan Boxing Camp mengatakan sangat optimis anak asuhnya bisa menang mudah. Tibo diprediksi bisa mengkanvaskan lawan dengan catatan waktu di bawah enam ronde.

Bukan tanpa alasan Armin Tan mengatakan hal tersebut. Menurutnya petinju asal Nusa Tenggara Timur (NTT) itu lebih unggul dalam beberapa hal termasuk dari segi fisik.

Armin menjelaskan jika Tibo memiliki jangkauan pukulan yang lebih panjang dibanding calon lawan, Lester Abutan.

"Kalau saya lihat, chance untuk kita menang, besar sekali. Lawan ini ada di peringkat 26 dunia, tapi dia bukan petinju kacangan," ucap Armin Tan.

"Peluang Tibo untuk menang, besar sekali. Prediksi saya kita bisa menang KO di bawah ronde enam. Saya optimis sekali karena melihat dari postur tubuh Tibo jauh lebih tinggi dan cara bermainnya yang counter boxer jadi pembeda," imbuhnya.


2. Sudah Bersiap

Tibo Monabesa

Armin Tan menjelaskan jika Tibo sudah mempersiapkan diri selama beberapa bulan belakangan khusus untuk menghadapi pertandingan esok hari.

Kondisi fisik petinju kelahiran Kefamenanu, NTT itu sangat prima karena menjalani rutinitas latihan yang sangat ideal di Sasana Armin Tan Boxing Camp.

"Kita hanya tempa fisik saja. Dan persiapan kali ini menurut saya adalah yang terbaik dari pertandingan-pertandingan sebelumnya."

"Dia (Tibo) punya lawan sparing yang banyak dan berkualitas, jadi seminggu melahap 30 ronde. Pas timbang badan pun dia kelihatan lebih segar dan saya rasa besok akan lebih segar lagi," tuturnya.


3. Alasan Tersembunyi

Tibo Monabesa.

Sementara itu, terkait pilihan calon lawan, Lester Abutan dari Filipina, Armin Tan menyatakan jika petinju dari negara tersebut adalah yang terbaik saat ini di Asia Tenggara.

Banyak petinju dari Filipina yang saat ini menduduki peringkat dan menjadi juara dunia di beragam kelas.

"Saat ini Filipina adalah yang terkuat di Asia Tenggara. Petinju mereka bisa menang di Rusia, Jepang, dan lainnya. Mereka bahkan punya juara dunia baru di WBA minggu kemarin, kebetulan petinjunya teman saya juga. Mereka juara di kelas bantam dan mampu kalahkan orang Amerika di Amerika," tegas Armin.

"Jadi, menurut saya ini adalah ujian yang bagus buat petinju kita," tutupnya.

WBCIndonesiaFilipinaTinju

Berita Terkini