x

Mengenang Momen Mike Tyson Bikin Lawan Ketakutan Sampai Kabur di Tengah Pertandingan

Selasa, 14 April 2020 17:51 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM – Legenda tinju Mike Tyson dikenal sebagai petinju dengan pukulan mematikan ketika masih aktif berduel di atas ring. Selain itu, ia juga dikenal kerap bertingkah kontroversial.

Salah satu ulah Tyson yang paling kontroversial adalah ketika ia menggigit telinga Evander Holyfield di tengah duel. meski demikian, Tyson sebenarnya petinju yang amat berbakat.

Ia tercatat sebagai petinju termuda yang berhasil meraih gelar juara dunia kelas berat. Hasil itu diraihnya ketika ia mengalahkan Trevor Berbick pada duel yang digelar tanggal 22 November 1986.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satu kisah unik yang pernah dialami Tyson sepanjang kariernya terjadi ketika ia baru saja mengakhiri masa hukuman usai kasus penggigitan yang ia lakukan. Lepas dari masa larangan bertanding 15 bulan, Tyson kemudian berduel dengan petinju Polandia, Andrew Golota, pada 20 Oktober 2000.

Dalam pertandingan yang digelar di Michigan, Amerika Serikat, Tyson tampil dominan sejak awal pertarungan. Ia bahkan sudah sukses menjatuhkan Golota lewat pukulan kanan pada akhir ronde pembuka.

Dilansir lama Give Me Sport, usai menerima hantaman keras dari Tyson itu Golota sebenarnya sudah kehilangan nyali. Dalam jeda antar ronde, ia sempat dua kali meminta kepada pelatihnya untuk menghentikan pertarungan.

Namun, Al Certo sang pelatih menolak keinginan itu dan mengirim Golota ke dalam ring untuk menjalani ronde kedua. Namun, pertandingan tidak menjadi lebih baik bagi Golota.

Pada jeda antara ronde kedua dan ketiga, Golota kembali memohon kepada sang pelatih untuk menghentikan pertarungan. Namun Al Certo terus menyemangatinya. “Lanjutkan pertarungan. Jangan berani-berani berhenti, kau akan memenangi pertarungan ini.”

Namu, rupanya Golota sudah menyerah. Ia menolak meneruskan pertarungan dan justru langsung meninggalkan ring menuju ruang ganti.

Baca Juga
Baca Juga

Keputusan itu pun langsung disambut kekecewaan para penonton yang kemudian melemparinya dengan sampah dan gelas-gelas minuman. Tyson pun kemudian dinyatakan memenangi duel tersebut dengan TKO.

Al Certo kemudian menyebut anak asuhnya itu sebagai orang yang mudah menyerah. Namun, belakangan ia  menyebut sang anak buah mengalami retak tulang di kepalanya yang berisiko akan melukai otaknya jika pertandingan tersebut dilanjutkan.

Kontroversi dalam pertarungan itu sendiri masih berlanjut karena Tyson kemudian dinyatakan positif mengonsumsi mariyuana sebelum duel. Komisi tinju pun kemudian membatalkan kemenangan Tyson dan menjatuhkan keputusan no contest terhadap duel tersebut.

Berikut cuplikan pertandingan Mike Tyson vs Andrew Golota. Klik di sini.

Amerika SerikatMike TysonPolandiaEvander HolyfieldTinjuBerita Tinju

Berita Terkini