x

5 Petarung Tinju yang Pernah Hancurkan Mike Tyson di Atas Ring

Jumat, 8 Mei 2020 10:41 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Mike Tyson tersungkur di pertarungan melawan Danny Williams

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada 5 petarung tinju yang pernah hancurkan legenda Mike Tyson di atas ring. Kira-kira siapa saja mereka? Simak.

Bernama lengkap Michael Gerard Tyson lahir pada 30 Juni 1966 (kini 53 tahun) silam di Brownsville, Brooklyn, New York, Amerika Serikat.

Tyson hidup dilingkungan dengan tingkat kejahatan yang cukup tinggi. Tak jarang dirinya kerap melakukan pertarungan dengan brandal jalanan.

Kemampuan Tyson dalam bertarung membuat salah satu pencari bakat di dunia tinju melihat ada sebuah talenta besar jika mendapat bimbingan.

Hingga pada akhirnya, Tyson mulai berkompetisi sejak 1985 silam. Tyson sukses menyabet gelar juara kelas berat di usia 20 tahun, empat bulan, dan 22 hari.

Baca Juga
Baca Juga

Torehan itu turut membuat Tyson mencatatkan namanya sebagai petinju termuda dalam sejarah yang mampu mendapatkan gelar juara kelas berat.

Tyson juga mampu mengalahkan lawan-lawannya, tepatnya 19 pertarungan profesional dengan hasil Knockout (KO). Bahkan 12 diantaranya sukses dihajar pada babak pertama.

Legenda tinju yang sempat dijuluki The Iron ini sukses membuat 50 kemenangan (44 menang KO) dan enam kali kalah sepanjang berkariernya.

Dalam bertinju, Mike Tyson memiliki lawan-lawan tangguh dalam sosok Muhammad Ali, Floyd Patterson, Evender Holyfield hingga Geroge Foreman.

Kendati demikian, Mike Tyson menyatakan pensiun pada 2005 silam. Kala itu masa pensiunnya cukup mengenaskan hingga sekarang mulai bangkit lagi.

Akibatnya, Mike Tyson dikeluarkan dari arena dan didiskualifikasi oleh WBA.

Mike Tyson sukses meraup pundi-pundi uang miliaran dengan menjadi pengusaha ganja. Namun dirinya tak menganjurkan atlet untuk memakai ganja.

Kabar terbaru mempilkan kalau Mike Tyson saat ini mulai kembali berlatih tinju. Bahkan Tyson diisukan bakal kembali ke atas ring usai lama rehat.

Sang pelath Rafael Corderio menjelaskan andai Tyson balik ke atas ring, maka anak didiknya itu bisa sangat mematikan terhadap lawan.

"Saya sudah pernah berlatih dengan petinju kelas berat lain, tapi ini berbeda karena hook-nya masih bisa membunuh orang," jelas Rafael dikutip Talk Sport, Rabu (06/05/20).

Meski akan kembali ke ring dan juga memiliki rekam jejak mentereng di dunia tinju. Namun ada catatan minor kala Tyson masih aktif dulu.

Baca Juga
Baca Juga

Sebab diketahui ada 5 petarung tinju yang sukses mengalahkan Mike Tyson di atas ring. Salah satunya sampai dua kali mengalahkan The Iron.

1. Buster Douglas

Buster Douglas vs Mike Tyson dalam pertandingan tinju.

Kekalahan pertama dirasakan Tyson di dunia tinju profesional ialah ketika bersua Buster Douglas di Tokyo, Jepang, 11 Februari 1990 silam.

Kala itu Tyson masih berusia 23 tahun dan harus takluk KO di ronde ke-10 (1:22 menit). Kekalahan ini turut menghilangkan gelar WBA, WBC, dan IBF.

2. Evander Holyfield

Aksi gigitan Mike Tyson ke telinga Evander Holyfield pada ronde ketiga, dalam pertarungan tinju kelas berat, (28/06/1997).

Kekalahan kedua didapat Mike Tyson saat bersua Evander Holyfield di MGM Grand Garden Arena, Paradise, Nevada, Amerika Serikat, 9 November 1996.

Saat itu Tyson dibuat TKO oleh Holyfield pada ronde ke-11 (0:37 menit). Kekalahan ini membuat Tyson kehilangan gelar WBA yang baru didapatkannya.

Enam bulan berikutnya (28 Juni 1997), laga Tyson vs Holyfield kembali digelar. Namun Tyson harus didiskualifikasi pada ronde ke-3 karen menggigit telinga Holyfield.

3. Lennox Lewis

Mike Tyson vs Lennox Lewis dalam pertandingan tinju.

Lennox Lewis juga menjadi salah satu petinju paling beruntung karena sukses mengalahkan Mike Tyson. Terlebih saat itu Tyson sudah memasuki usia senja 35 tahun.

Berlangsung di The Pyramid, Memphis, Tennessee, Amerika Serikat, 8 Juni 2002, Tyson kalah KO pada ronde ke-8 (2:25 menit) dan gagal merebut gelar WBC, IBF, hingga IBO.

4. Danny Williams

Mike Tyson vs Danny Williams dalam pertandingan tinju.

Keempat ada Danny Williams yang sukses mendapat berkah kala menang KO dari Mike Tyson pada ronde ke-4 (2:51 menit). Laga ini tak memperebutkan gelar apa-apa.

Pertandingan William vs Tyson berlangsung di Freedom Hall, Luosville, Kentucky, Amerika Serikat, 30 Juli 2004 silam. Tyson kala itu berusia 38 tahun.

5. Kevin McBride

Mike Tyson vs Kevin McBride dalam pertandingan tinju.

Terakhir ada Kevin McBride yang mampu membuat legenda Mike Tyson kalah dalam pertarungan tinju profesional pada ronde ke-6 (3:00 menit).

Tyson kala itu telah berusia 38 tahun dan bertanding di MCI Center, Washington, D.C., Amerika Serikat, 11 Juni 2005 silam.

Amerika SerikatMike TysonEvander HolyfieldLennox LewisTinjuTRIVIABerita Tinju

Berita Terkini