x

Muhammad Ali: Seret Mike Tyson dari Kegelapan Hidup ke Sinar Ring Tinju

Jumat, 10 Juli 2020 21:08 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Muhammad Ali: Seret Mike Tyson dari Kegelapan Hidup ke Sinar Ring Tinju

INDOSPORT. COM - Muhammad Ali ternyata punya peran tersendiri dalam kegemilangan karier tinju yang dilalui Mike Tyson. Tanpa sentuhan langsung, Muhammad Ali mampu memperkenalkan Mike Tyson kepada tinju profesional.

Semasa masih kanak-kanak, kehidupan Mike Tyson jauh dari kata menyenangkan. Mungkin dirinya juga tak pernah sekalipun terpikir ingin menjadi petinju.

Mike Tyson kecil cenderung merupakan tipe anak yang sulit bergaul. Ia lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, enggan bersinggungan dengan kerasnya kehidupan kota Brooklyn.

Baca Juga
Baca Juga

Seiring bertambahnya usia, kepribadian Mike Tyson tiba-tiba berubah. Mike Tyson bukan cuma bandel, tapi juga bersifat liar.

Bagaimana tidak, kala berumur 13 tahun, Mike Tyson sudah 38 kali tersandung masalah hukum dan ditangkap polisi. Mike Tyson kerap menggunakan obat-obatan terlarang, menengguk minuman keras, melakukan kekerasan, hingga berbuat kejahatan seksual.

Segala sifat liar Mike Tyson itu ternyata dampak dari kehidupan orang tuanya. Kisah cinta orang tua Mike Tyson tidak harmonis, ayahnya bahkan berprofesi sebagai mucikari

"Saya mendengar desas-desus bahwa Curlee (ayahnya) adalah seorang mucikari dan dia biasa menjajakan wanita.," ujar Mike Tyson seperti yang dikutip dari Sport Bibble.

Ibunya juga menekuni pekerjaan yang berkaitan dengan unsur seksual, yakni pelacur. Mike Tyson sendiri lebih banyak tumbuh besar bersama ibunya dan tak jarang mendapat perlakuan kasar.

"Ibu saya menilai saya bahwa saya anak yang liar karena banyak menghabiskan waktu di jalan," kata Mike Tyson seperti yang diungkapkan dalam bukunya, Mike Tyson: Undisputed Truth.

"Kalau saya pulang ke rumah mengenakan pakaian baru, Ibu saya pasti marah besar. Ibu saya tahu kalau saya tidak mendapatkan pakaian baru itu dengan membeli," ujarnya.


1. Peran Muhammad Ali

Muhammad Ali

Beruntungnya, Mike Tyson bisa segera meninggalkan segala kehidupan kelam tersebut. Semua berawal ketika Mike Tyson menonton film yang berisi cerita kejayaan Muhammad Ali.

"Saya menyaksikan betul kehebatan Muhammad Ali di tayangan film," ungkap Mike Tyson.

"Saya langsung sadar bahwa saya bisa mencapai kekayaan lewat cara menekuni karier tinju," tambahnya.

Benar saja, Mike Tyson mampu meraih ketenaran dan kejayaan yang luar biasa selama bertinju. Mike Tyson sukses menorehkan sejumlah prestasi manis, seperti gelar juara dunia kelas berat WBA, WBC, dan IBF.

Rekor pertandingannya pun turut menteren. Melakoni 58 laga, Mike Tyson berhasil mencatatkan 50 kemenangan, yang mana 44 di antaranya diraih dengan memukul KO lawan.

Mike Tyson bahkan mempunyai ciri khas beringas ketika bertanding. Ia merasa sangat senang apabila menghabisi lawannya di atas ring.

Bagi Mike Tyson, semakin dirinya bisa menyakiti orang lain, akan membuatnya kian terkenal. Prinsip itu terus ditanamkan Mike Tyson selama aktif bertinju dulu.

"Semakin aku menyakiti orang, semakin banyak orang mencintaiku. Semakin aku mengetuk orang, semakin aku patah tulang rusuk mereka, patah rongga mata mereka, semakin banyak orang mencintaiku," jelas Mike Tyson seperti dilansir dari Sports USA Today.

Peran Muhammad Ali menjadi sosok inspirasi bagi Mike Tyson untuk menekuni karier tinju. Secara tidak langsung, Muhammad Ali mampu menyeret Mike Tyson dari kegelapan hidup, menuju kepada sinar ring tinju.

Mike TysonMuhammad AliTinju

Berita Terkini

Berita Terpopuler