x

Ketika Chris John Bikin Manny Pacquiao KO di Ronde ke-5

Kamis, 30 September 2021 16:21 WIB
Editor: Juni Adi
Pertarungan antara Manny Pacquiao vs Chris John

INDOSPORT.COM - Sebuah manipulasi foto dengan alur cerita pertarungan tinju antara Manny Pacquiao vs Chris John sempat viral di dunia maya.

Di kawasan Asia Tenggara, Chris John dan Manny Pacquiao merupakan dua petinju yang cukup dikenal kiprahnya lantaran prestasi yang diukirnya sangat mentereng. 

Manny Pacquiao adalah satu-satunya petinju yang mampu mengoleksi sabuk juara dunia tinju di 8 kelas berbeda. Gelar-gelar tersebut antara lain adalah kelas terbang (50,8 kg), kelas bantam super/bulu junior (55,3 kg).

Kelas bulu (57,1 kg), kelas bulu super/ringan junior (58,9 kg), kelas ringan (61,2 kg), kelas ringan super/welter junior (63,5 kg), kelas welter (66,6 kg), dan kelas welter super/menengah junior (69,8 kg).

Baca Juga
Baca Juga

Sementara Chris John memulai debut profesionalnya pada 1998 dan pensiun pada 2013. Sepanjang kariernya, Chris John menjalani 52 laga dengan catatan fantastis.

Yaitu menang sebanyak 48 kali yang mana 22 di antaranya dengan hasil KO, tiga kali seri, dan hanya menelan kekalahan satu kali. 

Ia juga menjadi satu-satunya petinju dunia yang mampu mempertahankan gelar juara kelas bulu sebanyak 10 kali berturut-turut, hingga masuk dalam daftar rekor petinnu kedua yang mempertahankan gelar terlama.

Melihat prestasi keduanya, tentu akan menjadi sebuah penasaran bagi publik Asia Tenggara melihat keduanya bertarung siapakah yang akan keluar menjadi pemenang.

Pertarungan antara Manny Pacquioa vs Chris John yang lama diimpikan itu akhirnya terlaksana pada tahun 2015 lalu. 

Pertarungan berlangsung sengit, mengingat keduanya adalah petinju kelas dunia. Namun Chris John mendapat angin segar, ketika pukulan uppercut-nya mendarat tepat di wajah Pacquiao yang membuatnya terjatuh mencium kanvas.

Pukulan tersebut rupanya membuat Pacman tidak mampu melanjutkan pertandingan. The Dragon, julukan Chris John, pun meraih kemenangan TKO pada ronde ke-5.

Saking fenomenalnya pertarungan Manny Pacquiao vs Chris John ini, sejumlah selebriti dunia terlihat menyaksikan langsung di arena pertandingan.

Terlihat beberapa selebriti yang hadir antara lain penyanyi rap 50 Cent dan Rihanna yang terlihat menyaksikan pertarungan sengit itu.

Chris John tampak tersungkur melawan Manny Pacquiao
Pertarungan antara Manny Pacquiao vs Chris John
Chris John dari Indonesia berhasil merebut sabuk juara dunia dengan kemenangan TKO pada ronde ke-5

Bukan Pertarungan Sungguhan

Eitttsss... jangan senang dlu melihat Chris John mampu mengalahkan Manny Pacquiao, pertarungan di atas hanyalah sebuah cerita dari manipulasi yang dibuat oleh maestro manipulasi foto bernama Agan Harahap.

Karya manipulasinya yang terlihat nyata, banyak yang viral sekaligus mengocok perut. 

Cerita pertarungan Pacquiao vs Chris John lewat manipulasi foto dipublikasi oleh Agan Harahap di blog pribadinya, pada Kamis, 30 April 2015 dengan judul 'Juara DUnia dari Indonesia (Sebuah Catatan Olahraga). Artikel tersebut sempat viral di masa itu.

Baca Juga
Baca Juga

Agan menegaskan bahwa pertarungan antara dua juara tinju dunia itu tidak akan pernah terjadi dalam dunia nyata.

Sebuah foto essay yang dibuatnya itu merupakan mimpi dan angan-angan seorang seniman, Agan Harahap yang juga penggemar olahraga tinju.

“Pertandingan tinju antara Chris John dan Manny Pacquiao jelas tidak akan pernah terjadi dalam dunia nyata. Essay photo 'Juara Dunia Dari Indonesia' di atas adalah sebuah mimpi dan angan-angan saya," tulisnya dalam blog tersebut.

"Seorang seniman yang juga penggemar olahraga tinju, yang tidak pernah berhenti berharap bahwa suatu saat kelak,  akan lahir seorang juara tinju kelas dunia asal Indonesia yang mampu memberikan 'daya tawar' lain kepada publik dunia selain citra negatif yang selama ini melulu tersemat pada bangsa kita,” sambungnya.


1. Sosok Agan Harahap

Momen pertarungan Manny Pacquiao vs Chris John

Di dunia manipulasi foto, nama Agan Harahap sosoknya sudah sangat dikenal. Sejumlah karyanya yang berada di media sosial dan internet cukup banyak yang viral.

Beberapa di antaranya mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang diedit sedang minum es kelapa muda di pinggir jalan. 

Agan merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Ia mengawali karir sebagai seorang fotografer, namun akhirnya memutuskan memilih untuk menjadi seniman seutuhnya.

Baca Juga
Baca Juga

Ia mulai berkecimpung di dunia imaging berawal dari melihat sang teman yang gemar mengunggah foto selfie bersama selebriti ternama. Foto-foto tersebut kemudian disimpan di album Facebook dengan nama 'Teman-Teman Selebriti'.

Tak mau kalah dari sang teman, Agan mulai mengedit foto-fotonya bersama beberapa pesohor dunia, seperti Snoop Dogg, Metallica dan lain-lain. Dengan editan yang mulus, foto editan tersebut menampilkan sosok Agan yang begitu akrab dengan para selebriti.

Chris JohnManny PacquiaoTinjuBerita Tinju

Berita Terkini