x

Emmanuel Pacquiao Jr, Putra Sulung Manny Pacquiao yang Baru Saja Jalani Debut Tinju Gemilang

Selasa, 15 Maret 2022 08:54 WIB
Editor: Juni Adi
Manny Pacquiao dalam pertarungan melawan Keith Thurman.

INDOSPORT.COM - Putra sulung Manny Pacquiao, Emmanuel Pacquiao Jr baru saja resmi menjalani laga tinju amatir pertamanya dan meraih kemenangan.

Para pecinta tinju dunia tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Manny Pacquiao. Petinju asal Filipina itu telah memutuskan pensiun pada September 2021 lalu. 

Baca Juga

Keputusan gantung sarung tangan tersebut diumumkan Pacquiao lewat media sosial Twitter dan juga Facebook miliknya.

Langkah itu otomatis mengakhiri perjalanan panjang karier petinju berjulukan Pacman tersebut selama lebih dari 26 tahun sejak 1995.

"Untuk penggemar terhebat dan olahraga terhebat di dunia, terima kasih! Terima kasih untuk semua kenangan indah.

Baca Juga

"Ini adalah keputusan tersulit yang pernah saya buat, tapi saya berdamai dengan itu," ujar Pacquiao.

"Kejar impian Anda, bekerja keras, dan perhatikan apa yang terjadi. Selamat tinggal tinju," ucap Pacquiao menambahkan.

Postingan tersebut muncul setelah Manny Pacquiao kalah di pertandingan terakhirnya baru-baru ini melawan Yordenis Ugas pada Sabtu (21/08/21) lalu.

Baca Juga

Petinju Filipina itu kalah angka mutlak dalam pertarungan 12 ronde di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat.

Mannya Pacquiao sendiri lahir di Kibawei, Filipina, pada 1978 silam. Ia merupakan salah satu petinju dunia tersukses dari Asia khususnya Asia Tenggara.

Bagaimana tidak, Pacquiao yang besar dari keluarga miskin, ternyata sangat berprestasi dengan mampu mengantongi gelar juara tinju dunia di delapan kelas berbeda.

Mulai dari juara WBC kelas terbang 1998, IBF kelas bantam super 2001, WBC kelas bulu super 2008, WBC kelas ringan 2008, dan WBO kelas Welter 2009. Sisanya dari gelar Ring Magazine.

Setelah pensiun, kini Manny Pacquiao lebih  banyak beraktivitas sebagai seorang politikus di Filipina, termasuk mencalonkan diri sebagai Presiden menggantikan Rodrigo Duterte.

Selain itu, The Pacman juga lebih sering melatih dan memantau perkembangan tinju anak kandungnya,  Emmanuel Pacquiao Junior atau Manny Pacquiao Jr.


1. Manny Pacquiao Jr Baru Jalani Debut

Manny Pacquiao saat menjuarai sabuk kelas welterweight di tahun 2016

Putra sulung Manny Pacquiao, Emmanuel Pacquiao Jr baru saja menjalani laga debut tinju amatirnya pada Sabtu (12/03/22) lalu.

Emmanuel mencatatkan rekor tinju amatirnya menjadi 1-0 usai menaklukkan Andres Rosales di sasana House of Boxing di San Diego, California, Amerika Serikat.

Pertarungan itu merupakan duel tinju amatir pertamanya yang diakui usai sebelumnya Emmanuel berlaga dalam pertarungan tanpa sanksi di Manila, Filipina.

Dirinya menggunakan jab kaku dan overhand kanan untuk bisa membuat lawannya tunduk. Karena ini pertandingan amatir muda, maka juri tidak mengumumkan knokcdown atau skor, langsung menunjuk pemenang.

Marvin Somodio, asisten Manny Pacquiao mengatakan Emmanuel akan tetap berada di Amerika dan berlatih di Klub Tinju Wild Card.

Sasana yang sama tempat ayahnya pertama kali tiba pada tahun 2001 dalam perjalanan untuk menjadi petinju hebat sepanjang masa. 

Somodio juga mengaku bahwa mereka akan terus mencari lawan untuk pertarungan amatir kedua Emmanuel.

Selain terjun ke dunia tinju, putra sulung Manny Pacquiao itu juga melakoni profesi sebagai model, influencer dan memiliki vlog Youtube dengan lebih dari 560.000 subscriber.


2. Manny Pacquiao Berjuang Jadi Presiden

Manny Pacquiao, petinju profesional asal Filipina.

Mantan petinju berusia 42 tahun itu akan bersaing ketat dengan Presiden Filipina saat ini, Rodrigo Duterte yang kembali mencalonkan diri sebagai wakil presiden mendampingin putrinya, Sara Duterte-Carpio.

Lantas apa yang mendasari Manny Pacquiao memilih untuk maju menjadi calon Presiden Filipina dalam pemilihan umum pada tahun 2022 mendatang?  

Ia mengaku mempunyai tiga motivasi mengapa berani maju menjadi Capres Filipina. Yang pertama memberantas narkoba, memerangi kemiskinan dan menghajar para koruptor.

Banyak kebijakan Presiden Duterte yang dirasa belum tepat sasaran untuk mensejahterakan rakyatnya. Maka dari itu, Pacman tidak segan-segan kerap memberikan kritikannya.

Salah satu yang disoroti Pacman adalah masalah korupsi di Filipina yang semakin tahun semakin meningkat, terutama sepanjang pandemi Covid-19.

Total dana 204 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp2,9 triliun uang negara raib masuk ke kantong pribadi para pemangku kepentingan.

"Kami harus membangun pemerintahan yang melayani rakyat dengan integritas, kasih sayang, dan transparansi," ujar Pacquiao.

Manny Pacquiao juga saat ini aktif berkampanye mencari dukungan masyarakat Filipina dengan mengumbar janji untuk menuntaskan kemiskinan.

"Bagi mereka yang bertanya apa kualifikasi saya, apakah Anda pernah mengalami kelaparan?" kata Pacquiao berbicara di depan pendukungnya.

"Pernahkah Anda mengalami tidak punya apa-apa untuk dimakan, meminjam uang dari tetangga Anda atau menunggu sisa makanan di warung makan? Manny Pacquiao yang ada di depan Anda dibentuk oleh kemiskinan."

Manny Pacquiao mengaku merasakan kegelisahan yang sama terhadap sejumlah rakyat Filipina, yakni belenggu kemiskinan. 
 

Manny PacquiaoFilipinaTinjuBerita Tinju

Berita Terkini