x

Tinju Lawas: Ketika Mike Tyson 'Kesetanan' Nyaris Bunuh Lawan dalam 30 Detik di atas Ring

Senin, 24 April 2023 08:30 WIB
Editor: Juni Adi
Mike Tyson dikenal memiliki pukulan yang dahsyat saat masih aktif sebagai petinju, salah satu yang pernah merasakannya adalah Marviz Frazier.

INDOSPORT.COMMike Tyson dikenal memiliki pukulan yang dahsyat saat masih aktif sebagai petinju. Salah satu yang pernah merasakannya adalah Marviz Frazier, nyaris dihabisi hanya dalam 30 detik di atas ring.

Mike Tyson dikenal sebagai salah satu petinju terhebat yang ada dalam sejarah tinju dunia. Sosoknya yang kekar membuat lawan kerap gentar jika berhadapan dengannya di atas ring.

Kehebatan Mike Tyson dibuktikan dengan catatan pertandingannya yang mentereng. Dari 58 kali pertarungan, Si Leher Beton memenangkan 50 duel, 44 di antarannya menang KO.

Mike Tyson sendiri memulai karier tinju profesional saat berusia 18 tahun. Tak heran jika kesuksesan diraihnya sewaktu masih muda.

Di antaranya adalah menyandang status gelar juara dunia kelas berat termuda dalam sejarah tinju saat berusia 21 tahun.

Baca Juga

Sabuk juara WBC (World Boxing Council) itu didapatkannya setelah menundukkan Trevor Berbick pada 1986 silam lewat TKO di ronde kedua.

Setelah menyabet gelar juara dunia di usia muda, karier Tyson berkembang pesat hingga berhasil menjadi petinju pertama di kelas berat yang secara bersamaan memegang sabuk juara WBA, WBC, dan IBF. 

Baca Juga

Sejumlah gelarnya itu kadang diraihnya dengan sangat mudah, karena lawan yang terlalu lemah untuknya salah satunya adalah Marviz Frazier.

Pertarungan melawan Marviz Frazier mungkin menjadi salah satu yang sulit dilupakan oleh Mike Tyson, karena duel sensasional yang terjadi pada tahun 1986 itu, adalah salah satu kemenangan tercepat sang Leher Beton.

Duel ini digelar pada Juli 1986 di Civic Center, Glens Falls, New York, Amerika Serikat. Mike Tyson tampil kesetanan dan menghabisi lawannya cuma dalam 30 detik.

Baca Juga

1. Jalannya Pertarungan

Mike Tyson, eks petinju kelas berat.

Dominasi Mike Tyson sudah terlihat ketika bel tanda dimulainya pertandingan, ia langsung membabi-buta menyerang lawan.

Dia melayangkan tinjunya tepat ke tubuh dan wajah dari Frazier. Seolah tampil kesetanan, ia tanpa bersalah menghujani lawannya dengan pukulan keras tepat sasaran.

Sampai-sampai Marviz Frazier tubuhnya terlunta-lunta. Selama 30 detik, Frazier bertahan dan akhirnya terkapar di sudut ring. Di sudut dia tak berdaya dan wasit menghentikan duel lalu memutuskan Tyson menjadi pemenangnya. 

Pukulan keras Mike Tyson sewaktu masih aktif menjadi petinju memang membuat gentar para lawannya. Bahkan setelah hampir 17 tahun pensiun, orang-orang masih penasaran untuk meneliti kekuatan pukulan The Iron Mike.

Sebuah studi justru dilakukan pada pertengahan 2020 lalu untuk mengukur kekuatan pukulan Mike Tyson.

Baca Juga

Dalam laporan yang dipublikasikan Thrillist, kekuatan pukulan Tyson diperhitungkan setara dengan ditabrak motor vespa dengan kecepatan kurang lebih 15 kilometer per jam.Tak heran jika dirinya mempunyai catatan kemenangan 44 KO dari 58 pertarungan.

Studi dihitung menggunakan beberapa pemodelan dengan satuan joule, yang di antaranya memperhitungkan tinggi badan dan jangkauan. Tyson diperkirakan memiliki pukulan hingga 1.600 joule.

Baca Juga

Menariknya, studi tersebut juga melakukan perhitungan pukulan legenda tinju dunia lain yakni Rocky Marciano. Satu-satunya petinju yang tidak pernah tersentuh kekalahan itu, justru kekuatan pukulannya hanya menyentuh angka 1.256 joule.

Mike Tyson bukanlahh satu-satunya petinju yang memiliki kekuatan pukulan yang dahsyat. Sebelumnya ada nama petinju Frank Bruno yang juga tercatat memiliki kekuatan pukulan yang sama dengan Tyson.

Studi tersebut lantas menggambungkan aspek lain, untuk mencari tahu kekuatan pukulan siapa yang paling kuat. Hasilnya, punya Mike Tyson di atas milik Bruno.

Buktinya, Bruno juga termasuk korban Tyson. Ia jatuh KO di tangan Tyson pada 16 Maret 1996. Bruno tergeletak tak berdaya setelah dihajar dua pukulan Tyson.

Selain tabrakan vespa, Thrillist juga mengilustrasikan kekuatan pukulan Mike Tyson setara dengan ditembak 13 orang pakai pistol berkaliber 22 dengan menggunakan jaket antipeluru.

Baca Juga
Mike TysonTinjuBerita Tinju

Berita Terkini