x

Jago di Lapangan, Pevoli Cantik Ini Juga Pandai Berbisnis

Sabtu, 23 Mei 2015 15:03 WIB
Penulis: Dian Eko Prasetio | Editor: Joko Sedayu

Ya dia adalah Berllian Marsheilla, gadis 25 tahun yang sukses mengantarkan gelar juara ke tangan tim voli putri Jakarta Electric PLN. Malang-melintang di dunia voli Indonesia, Sheilla (sapaan Berllian Marsheilla)  juga kerap menyabet penghargaan-penghargaan bergengsi. Tidak hanya itu, bahkan kemampuannya juga sempat dilirik oleh klub-klub voli Eropa.

Mengupas perjalanan karirnya di dunia voli, INDOSPORT mendapat kesempatan berbincang dengan pemilik nomor punggung 5 Jakarta Electric PLN ini. Berikut beberapa petikannya:

Baca Juga Wawancara Khusus Lainnya di sini!


1. Benci Menjadi Cinta

INDOSPORT: Awalnya bagaimana bisa terjun ke dunia voli?

SHEILLA: Awalnya aku ikut sanggar pragawati di dekat rumah, ikut itu dari TK-SD. Tapi hamper seminggu 3-4 kali mama papa main voli. Sampai sewaktu-waktu pas aku ada event, papa-mama pergi main dan gak ada yang nganterin sama nungguin Sheilla. Akhirnya batal ikut event itu, aku malah ikut papa-mama main voli. Awalnya gak suka, ngeliat sambil cemberut, tapi terus lama-lama penasaran, akhirnya ngambil bola voli main sendiri. Malah jadi ke-asyikan, kebetulan di rumah juga ada bola voli, akhirnya main sampai bisa.

INDOSPORT: Kapan mulai masuk klub?

SHEILLA: Waktu itu papa-mama ngeliat, kayaknya ini anak punya bakat, coba disalurin aja. Akhirnya di salurin di klub dulu. Ikut klub dari kelas 3 SD.

INDOSPORT: Awal di klub bagaimana?

SHEILLA: Jadi di klubnya mama itu ada klub ibu-ibu sama klub anak kecil, jadi kadang suka latihan bareng sama mama. Cuma kemajuan aku cepat banget, terus naik ke junior langsung ke senior, dulu malah sempat ikut sama ibu-ibu. Akhirnya mama masukin aku ke sekolah bola voli di Bekasi, namanya dulu Kencana Jaya. Sempat bagus di sana, udah jadi pemain favorit, pemain terbaik di Bekasi. Akhirnya aku disuruh milih Jawa Barat atau DKI, kalau ikut Jawa Barat ya ikut kejuaraan di Jawa Barat terus.

INDOSPORT: Akhirnya kamu milih apa?

SHEILLA: Papa dan mama akhirnya milih DKI, karena kita kan domisilinya di Jakarta ya udah kita milih Jakarta. Akhirnya keluar dari Jawa Barat pindah ke Jakarta, langsung latihan di GOR Asia Afrika, dari situ baru muai ikut-ikut kejuaraan Nasional sampai sekarang.


2. Prioritaskan Pendidikan, Sheilla Tolak Tawaran Klub-Klub Voli Eropa

INDOSPORT: Sejauh ini pernah bertanding dimana aja?

SHEILLA: Pernah ikut kejuaraan Nasional mini kelas 5 SD, Bapopsi dari kelas 1 SMP, kelas 2 SMP ikut kejuaraan Asian School di Macau. Pernah turun di PON sama SEA Games, terus sama Proliga sampai sekarang.

INDOSPORT: Ikut Pelatnas ?

SHEILLA: Pelatnas udah gak ikut, tahun kemarin ngundurin diri karena skripsi. Toh kalaupun tahun ini dipanggil lagi aku mikir dua kali karena masih skripsi.

INDOSPORT: Pernah berpikir main di luar Indonesia?

SHEILLA: Aku sebelumnya sudah ditawarin main diluar dari tahun 2011, ditawarin main di Serbia, terus aku nolak. Terus tahun lalu ada tawaran main di luar lagi.

INDOSPORT: Bisa ditawarin main diluar gitu gimana ceritanya?

SHEILLA: Kebetulan Agen aku ini ngasih video pertandinganku, kebetulan pas lagi ada liga di Eropa sama Jerman, dua klub itu mau. Terus dilema lagi karena masih skripsi, aku mikir udahlah skripsi tinggal satu semester lagi masa gak kekejar, akhirnya milih skripsi. Tahun inipun dia bilang, kamu masih mau ikut gak? Kalau masih aku tawarin ke klub-klub lain, aku bilang jangan dulu deh aku masih dilema.

INDOSPORT: Setelah lulus kalau ada tawaran main di luar lagi gimana?

SHEILLA: Ya aku ambil, harapan tahun ini kelar S1 dulu.


3. Rintis Bisnis Agensi Pemain

INDOSPORT: Kesibukan di luar voli apa?

SHEILLA: Kuliah, terus sekarang sudah mulai kerja di PLN, terus paling berusaha menjalani bisnis kecil-kecilan.

INDOSPORT: Bisnis apa kalau boleh tahu?

SHEILLA: Jual kinesio tape, mau mulai bisnis agen pemain sama traveling juga.

INDOSPORT: Sudah berapa lama?

SHEILLA: Kalau kinesio tape sudah lama, sudah hamper 2-3 tahunan, kalau agen pemain ini baru mau mulai bikin websitenya.

INDOSPORT: Awal kepikiran ide jalanin usaha agensi pemain gimana?

SHEILLA: Waktu itu banyak tim-tim yang minta Sheilla cariin pemain luar, tim Shella PLN juga minta cariin. Dari situ aku sibuk-sibuk nyari pemain, dalam hati mikir, kenapa gak dijadiin bisnis aja. Kebetulan agen aku juga ngedukung banget, kata dia, ya udah kamu pakai pemain saya, jadi kalau ada permitaan pemain kamu kerjasamanya sama saya. Intinya kayak dua agen gitu, kalau udah ada dukungan ginikan jadinya aku gak takut buat jalanin bisnis.

INDOSPORT: Kalau punya waktu kosong dipakai untuk apa?

SHEILLA: Shoping kalau punya duit hehehe, kalau gak punya duit paling nonton sama karaokean.

INDOSPORT: Destinasi favorit kalau berlibur kemana?

SHEILLA: Kalau berlibur selalu pingin ke Raja Ampat, udah dua kali gak bosen-bosen.

INDOSPORT: Kenapa?

SHEILLA: Secara, itu pulau jauh dari keramaian, keindahannya juga gak ada duanya. Itulah yang buat pingin balik lagi, tempatnya enak, sepi, tenang, nyaman, serasa gak punya masalah.

ProligaProliga 2017Pertamina Proliga 2015Jakarta Electric PLNBerllian Marsheilla

Berita Terkini