x

Ambisi Pevoli Cantik Indonesia di SEA Games 2021: Medali Harga Mati!

Senin, 2 Mei 2022 16:12 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Atlet voli putri Indonesia, Yolla Yuliana punya target membawa pulang medali emas SEA Games 2021 di Vietnam.

INDOSPORT.COM - Atlet voli putri Indonesia, Yolla Yuliana punya target membawa pulang medali emas SEA Games 2021 di Vietnam.

Atlet voli putri, Yolla Yuliana menargetkan naik podium bersama Timnas Indonesia di SEA Games 2021. Dia termasuk 12 nama yang dipanggil untuk perkuat tim Merah Putih.

Baca Juga

Dengan persiapan yang matang, Yolla bertekad bisa mempersembahkan medali untuk timnas voli putri. Dia dalam kondisi oke pasca raih juara Liga Voli 2022 bersama Bank BJB Tandamata.

"Pokoknya memang start dari awal harus udah mati-matian," ujar pevoli cantik kelahiran Bandung itu.

Baca Juga

Pemilik tinggi badan 180 cm itu menilai skuad timnas voli putri Indonesia saat ini, bisa dibilang oke. Semua pemain sudah saling kenal jadi kekompakan telah terjalin.

"Persiapannya udah hampir mau mendekati hari H jadi sudah mantap ya, alhamdulillah. Dalam waktu persiapan yang sebentar ini kita harus bisa memaksimalkan apapun kondisi yang ada," tutur Yolla.

Baca Juga

"Timnas saat ini kayaknya ok ya, kita dari luarnya sudah saling kenal dan semoga di dalamnya bisa seperti itu, karena waktunya sudah mepet jadi harus dimaksimalkan," imbuh putri kelahiran 16 Mei 1994 tersebut.


1. Tetap Merasakan Tekanan

Aksi pevoli cantik kelahiran Bandung, Yolla Yuliana saat pasing bola voli ke arah lawan.

Meski sudah kenyang pengalaman, Yolla mengakui tetap merasa ada tekanan menjelang tampil di SEA Games 2021 di Vietnam.  Apalagi, Timnas Indonesia langsung lawan tuan rumah di laga perdana.

Selain itu, voli putri di SEA Games 2021 hanya satu grup karena cuma diikuti lima negara. Artinya, tiap laga adalah final karena tim dengan poin tertinggi jadi juara.

Baca Juga

"Agak tertekan juga ya karena hari pertama langsung ketemu tuan rumah Vietnam. Kan hidup dan mati ngga ada ulangan lagi karena memang ketemu sekali langsung penentuan final gitu," jelasnya.

"Engga ada mempelajari Vietnam bener-bener buta, paling memperlajari penampilan dari yang dari tahun kemarin."

Baca Juga

"Karena memang dari Vietnamnya mungkin kan tidak pernah mengumbar materi di medsos jadi kita emang masih buta dengan materi Vietnam. Minta doanya saja semoga yang terbaik untuk tanah air," pungkas Yolla.

Yolla Yuliana pernah membela Timnas Indonesia saat berpartisipasi di SEA Games 2015 Singapura dan 2017. 


2. Target Menpora untuk Atlet SEA Games Indonesia

Menpora, Zainudin Amali.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengimbau atlet yang terpilih ke SEA Games 2021 Vietnam serius mempersiapkan diri sehingga dapat mempersembahkan medali bagi kontingen Indonesia.

Zainudin Amali mengingatkan bahwa atlet yang diberangkatkan mewakili Indonesia merupakan atlet-atlet pilihan yang telah melewati seleksi sehingga harus memanfaatkan kesempatan itu dengan baik dengan mempersembahkan medali.

“Kalian yang terpilih harus memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan menunjukkan prestasi terbaik. Banyak yang ingin berangkat, tetapi tidak lolos atas dasar penilaian tim review,” kata Menpora Zainudin dilansir dari laman Kemenpora.

Dia menambahkan bahwa setelah pelaksanaan SEA Games di Vietnam, seleksi pengiriman atlet ke multicabang olahraga internasional akan lebih ketat lagi dengan menggunakan parameter yang terukur dan berdasarkan data. 

Artinya, hanya cabang olahraga dan atlet yang dapat meraih medali saja yang akan diberangkatkan.

Langkah itu, kata dia, dilakukan sebagai upaya pemerintah mengubah paradigma terkait pembinaan olahraga prestasi Indonesia yang menempatkan Olimpiade sebagai target utama. Sementara SEA Games dan Asian Games hanya sasaran antara.

Baca Juga
SEA GamesVoliYolla YulianaTimnas Voli IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini