x

Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Ajang Voli SEA V League Championships 2023

Selasa, 18 Juli 2023 01:05 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Subhan Wirawan
Press Conference Jelang Sea V League 2023, Senin (17/07/23).

INDOSPORT.COM - Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), akan menggelar SEA V League Championships yakni ajang liga voli indoor se-Asia Tenggara.

Turnamen bola voli yang akan diikuti oleh empat negara itu bakal dihelat pada 21-23 Juli 2023 di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor.

Keempat negara yang akan tampil di ajang SEA V League 2023 tersebut ialah Filipina, Vietnam, Thailand, dan Indonesia, yang mana itu merupakan skuad peraih emas SEA Games 2023 Kamboja.

Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI (PP. PBVSI), Imam Sudjarwo, menuturkan bahwa Indonesia dipastikan bakal menurunkan tim nasional dalam laga bola voli bergengsi itu.

"Kita akan menurunkan tim nasional yang didukung klub LavAni, sebagai juara Proliga 2023," tutur Imam Sudjarwo, pasa sesi konferensi pers hari ini, Senin (17/07/23), di Senayan City, Jakarta.

Baca Juga

Lebih lanjut, Imam Sudjarwo juga menjelaskan bahwa adanya turnamen SEA V League 2023 ini juga bertujuan untuk menambah jam terbang skuad merah putih di kancah internasional.

"Dengan demikian, pengalaman internasional akan semakin menambah kekuatan tim nasional kita," cetus Imam Sudjarwo.

Baca Juga

Pelatih timnas voli Indonesia, Syamsul Jais, menjelaskan bahwa skuad merah putih yang bakal turun di SEA V League Championships 2023 ialah mereka yang tampil di SEA Games 2023 Kamboja beberapa waktu lalu.

"Kami dari staff pelatih juga sudah mengevaluasi kekurangan dan kelebihan kita. Tapi nanti kita gak menurunkan pemain asing, hanya lokal," jelas Syamsul Jais selepas sesi jumpa pers hari ini, Senin (17/07/23).

"Dari 18 pemain kami akan kurangi 4 orang, karena nanti yang tampil total ada 14 orang. Untuk komposisinya ya normal tim, 4 open spiker, 4 quicker, 2 tosser, 2 libero, dan 2 cover. Aturannya memang 14 orang," jelas Syamsul.

Baca Juga

1. Alasan Padepokan Voli Sentul Jadi Venue

Imam Sudjarwo, Ketua Pengurus Pusat (PP) PBVSI.

Sementara itu, Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI, Reginald Nelwan, menjelaskan bahwa ajang SEA VLeague Championships 2023 sengaja bergulir di Padepokan Voli Sentul bertujuan agar negara lain semakin mengenal markas dari PBVSI itu.

Reginald Nelwan juga menjelaskan bahwa pertandingan yang dihelat di kawasan Sentul, Bogor, itu nantinya sangat terbuka untuk para pecinta bola voli yang ingin memberikan dukungan secara langsung.

"Pertandingan di Sentul itu akan dihadiri penonton," kata Reginald Nelwan pada sesi jumpa pers hari ini, Senin (17/07/23).

Nantinya, kompetisi bola voli tingkat Asia Tenggara itu selain berlangsung di Indonesia, juga akan bergulir di Filipina pada pekan kedua, yakni 28-30 Juli 2023.

Dengan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen bola voli se-Asia Tenggara tersebut, diharapkan dapat menambah predikat Indonesia yang telah dijuluki 'Sea Games Volleyball King'.

Baca Juga

Adapun julukkan tersebut didapatkan Indonesia sejak skuad Garuda tampil gemilang di ajang SEA Games 2023 Kamboja kemarin hingga mendapatkan "Perfect Match" dan berhasil membawa pulang medali Emas ke tanah air.

Sebagai informasi, setelah SEA V League Championships 2023 untuk sektor putra dihelat di Indonesia pada 21-23 Juli mendatang, selanjutnya akan dilangsungkan untuk sektor tim putri.

Baca Juga

Namun, nantinya giliran Thailand dan Vietnam yang menjadi tuan rumah dari ajang SEA V League Championships 2023 untuk kategori tim putri mulai Agustus mendatang.

Pekan pertama akan berlangsung di Vietnam pada 4-6 Agustus 2023 . Sedangkan pekan kedua di Thailand, bergulir pada 11-13 Agustus 2023. Adapun pelatnas untuk putri sudah dilaksanakan di Bandung sejak 6 Juli 2023.

Untuk ajang SEA V League Championships 2023  kategori tim putri pada Agustus mendatang, skuad dari Bandung Bank BjB Tandamata yang merupakan juara Proliga 2023 di sektor Putri yang bakal membela Indonesia di kompetisi bola voli se-Asia Tenggara itu.

Baca Juga
VoliPersatuan Bola Voli Seluruh Indonesia

Berita Terkini