x

Kembali Bungkam Thailand, Timnas Voli Putra Indonesia Juarai SEA VLeague Seri Kedua

Senin, 31 Juli 2023 22:05 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Tim nasional voli putra Indonesia berhasil menjadi juara South East Asia (SEA) V League 2023 seri kedua membungkam skuad Thailand. (Foto: PBVSI)

INDOSPORT.COM - Tim nasional voli putra Indonesia berhasil menjadi juara South East Asia (SEA) V League 2023 seri kedua membungkam skuad Thailand.

Bertanding di Santa Rosa Sports Complex, Laguna, Filipina, Minggu (30/07/2023), pasukan Garuda sukses melibas tim Thailand dengan skor akhir 3-2 (25-27, 20-25, 25-21, 25-21, 15-9).

Meski sempat tertinggal dua set, skuad yang ditukangi oleh Jiang Jie ini berhasil bangkit dengan mengambil alih kendali pada tiga set terakhir.

Kemenangan ini membuat Indonesia mengoleksi delapan poin dan tidak dapat dikejar oleh tiga tim peserta lainnya yakni Thailand, Filipina, dan Vietnam.

“Kami belum puas di dua set awal karena masih banyak kesalahan kesalahan seperti biasa. Service dan bola pertama kurang bagus,” ungkap Asisten Pelatih timnas voli putra Indonesia, Erwin Rusni.

Baca Juga

“Alhasil, kita tidak bisa melakukan serangan dan akhirnya tertekan untuk melakukan serangan. Alhamdulialh di set 3, 4, 5 anak-anak bisa lepas dari tekanan,” tambah Erwin Rusni.

Prestasi di Filipina tersebut mengulangi keberhasilan Indonesia menjadi juara pada seri pertama SEA V League yang digelar di GOR Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, pada tanggal 21-23 Juli kemarin.

Baca Juga

Pada seri pertama SEA VLeague 2023, timnas Indonesia juga mengalahkan pasukan asal Thailand dengan skor dengan skor 3-1 (21-25, 25-17, 25-23, 27-25).

Selanjutnya pada ajang SEA VLeague pekan depan di Filipina yakni pada 28-30 Juli 2023, Timnas Voli Putra Indonesia akan turun dengan materi pemain yang sama.

Diharapkan prestasi maksimal bisa kembali diraih oleh Cep Indra Agustin dan kolega nantinya.

Baca Juga

1. Bukan Raihan Mudah

Timnas Voli Putra Indonesia di SEA VLeague 2023. (Foto: PBVSI)

Perjalanan Timnas Voli Indonesia selama bertanding di final SEA VLeague 2023 seri kedua melawan Thailand, Minggu (30/07/23), sejatinya membutuhkan jerih payah yang cukup berat.

Bahkan, pasukan garuda sempat tampil lesu di dua set awal saat melawan Thailand kemarin.

Beruntung, pada set kedua. Timnas Voli Putra Indonesia kalah 25-27 di set pertama, lalu kian merosot di pertengahan set kedua dengan skor 10-17.

Pasukan yang ditukangi oleh Jeff Jiang Jie itu akhirnya bisa menyamakan kedudukan di pertengahan set ketiga, yakni dengan skor 15-15 sebagai tanda awal kebangkitan.

Setelah itu, Indonesia terus mengejar ketertinggalannya dengan merapatkan defense dan menyempurnakan taktik menyerang dan receive.

Baca Juga

Hingga akhir pertandingan, timnas voli putra Indonesia pun akhirnya kembali merengkuh kemenangan.

Kemenangan beruntun yang direngkuh timnas voli putra Indonesia di ajang SEA VLeague 2023 ini menambah prestasi skuad garuda di cabang olahraga bola voli international.

Baca Juga

Peningkatan timnas voli putra Indonesia tersebut memang sudah nampak sejak SEA VLeague 2023 seri pertama.

Pelatih Timnas Voli Putra Indonesia, Jeff Jiang, selepas final SEA VLeague 2023 seri pertama beberapa waktu lalu, mengaku bangga dengan perjuangan para anak didiknya di laga pamungkas se-asia tenggara itu.

 "Saya bangga dengan anak-anak. Mereka bekerja keras dan bermain baik.  Team work juga sangat baik, berbeda dengan saat di Cina Taipei, mungkin kalau di Taipei bermain seperti ini kami bisa menang," ujar pelatih asal China itu.

Baca Juga
ThailandVoliTimnas Voli IndonesiaSEA V-League

Berita Terkini