x

PON 2020: Tak Mau Sesumbar, Sumut 'Hanya' Incar 6 Emas di Cabor Wushu

Selasa, 21 Januari 2020 11:15 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
Skuat Wushu Sumatra Utara saat mengikuti Kejurnas 2019 atau Pra-PON 2020 lalu.

INDOSPORT.COM - Sebagai salah satu cabang olahraga (cabor) unggulan di Sumatra Utara (Sumut), Pengprov Wushu Indonesia (WI) Sumut mengusung misi besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020.

Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov WI Sumut, Heryanto, mengatakan bahwa setelah melalui pembahasan, pihaknya menargetkan enam medali emas pada PON edisi ke-20 tersebut yang akan digelar Oktober 2020.

Baca Juga

"Sudah dibahas dengan KONI, mungkin Wushu targetkan minimal enam emas dulu," kata Heryanto kepada awak media, Senin (20/1/20).

Ia menjelaskan, meski Pengprov WI Sumut membidik enam medali emas, tak menutup kemungkinan bisa lebih banyak. Pasalnya, berkaca dari PON 2016 lalu di Jawa Barat, Wushu Sumut yang tak tampil di seluruh kelas mampu membuat kejutan dengan memboyong sembilan medali emas.

Karena itu, lanjutnya, torehan prestasi empat tahun lalu tentu menjadi pelecut semangat para atlet untuk merebut emas. Apalagi tahun ini tim wushu Sumut juga akan tampil di seluruh kelas.

"Melihat dari hasil kejurnas (2019) kemarin emas kami nggak banyak, meski lebih banyak yang lolos ke PON 2020. Tak masalah target enam medali di awal. Yang penting persiapan kalau bagus, mudah-mudahan melebihi target lagi," harap Heryanto.

Baca Juga

Heryanto lantas mendorong para atlet untuk lebih serius lagi menjalani pelatda yang dijadwalkan berlangsung awal bulan depan. Dia mengatakan dukungan serta hadiah yang akan diberikan oleh Pemrov Sumut harus bisa menjadi motivasi untuk berlomba menghasilkan prestasi.

"Kami harus pahit-pahit bilang, karena 2020 tahun PON jadi (atlet) harus disiplin. Untuk bonus yang bisa berikan Gubernur (Pemerintah Provinsi Sumut), bukan pelatih atau pengurus (Pengprov WI)," pungkas Heryanto.

KONIWushuPekan Olahraga Nasional (PON)Sumatera UtaraBerita Olahraga

Berita Terkini