x

Indonesia Tambah 3 Emas dan 1 Perunggu di Hari Kedua Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Rabu, 7 Desember 2022 22:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Atlet wushu Indonesia, Kyle Suyoto Kwok.

INDOSPORT.COM - Kontingen Wushu Junior Indonesia berhasil menambah tiga medali emas dan 1 perunggu dari nomor Taolu pada hari kedua Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022, Rabu (07/12/22) di ICE BSD Tangerang.

Tiga medali emas disumbangkan Ivana Beatrice, Thalia Marvelina Tanzil, Kylie Suyoto Kwok, sedangkan perunggu persembahkan Richard Dean Kurnia. 

Thalia Marvelina Tanzil tampil sempurna membawakan permainan Daoshu di kategori Junior B Putri. Ia sukses menyingkirkan 13 saingannya dengan mencatat poin tertinggi 9,173 poin.

Di nomor tersebut, medali perak direbut Yenn Tin Queek dari Malaysia dengan mengantongi 9,136 poin dan Lia Minn-Lei Ruggiero dari Kanada yang meraih perunggu dengan 9,093 poin.

Sukses Thalia diikuti Ivana Beatrice Liestio yang tampil di kategori Junior A. Dia mengamankan medali emas Daoshu dengan mengantongi nilai 9,200 poin.

Baca Juga

Medali perak kategori ini direbut Xue Ling Kassandra Ong dari Singapura dengan 9,100 poin dan medali perunggu diraih Kai Xin Wang (Malaysia) dengan 9,016 poin.

Sementara itu, Kylie Suyoto Kwok meraih medali emas ketiga pada hari ini bagi Indonesia. Atlet asal Sasana Rajawali Sakti Jakarta Utara yang tampil di kategori Junior A Putri itu meraih emas keduanya dari Jianshu dengan mencatat 9,273 poin.  

Baca Juga

Dia sukses singkirkan Jie Kelly Chin dari Malaysia yang raih perak dengan 9,263 poin dan Weng Ian Wong dari Macau yang meraih perunggu dengan 9,230 poin.

"Saya senang dan bangga. Perjuangan kali ini lebih berat. Saya merasa lebih terbebani dari pada saat meraih emas pertama," aku Kylie.

Sayangnya kesuksesan Thalia, Ivana dan Kylie belum bisa diikuti Richard Dean Kurnia yang turun di permainan Daoshu kategori Junior C Putra. Richard harus puas meraih medali perunggu dengan mengumpulkan 8,766 poin.

Baca Juga

1. Kalah Saing dari Atlet Wushu Singapura

Atlet wushu Indonesia sedang berlatih jelang kejuaraan dunia wushu junior 2022. (Foto: PP wushu Indonesia)

Richard kalah saing dari atlet Singapura, Suang Hang Ronan Tan yang meraih emas dengan 8,826 poin dan Ronn Lee dari Malaysia yang meraih perak dengan 8,773 poin.

Dengan raihan tiga emas dan satu perunggu di hari kedua, Indonesia masih memimpin klasemen sementara perolehan medali Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022. Total tuan rumah kumpulkan enam emas dan satu perunggu.

Peringkat kedua ditempati China dengan mengoleksi lima emas, disusul Singapura dengan dua emas, tiga perak dan empat perunggu. Lalu Hong Kong berada di urutan empat dengan dua emas, satu perak dan dua perunggu.

Baca Juga

Aksi para atlet muda hari ini juga disaksikan langsung Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto.

Baca Juga

Indonesia turunkan 23 atlet di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022. Ada dua nomor yang ditandingkan yakni sanda dan taolu dengan banyak kategorinya.

Persaingan di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 sangat ketat karena ada ratusan atlet dari 60 negara dan dua regional (Hong Kong dan Macau) yang berpartisipasi. Ajang ini juga jadi kualifikasi untuk Youth Olimpic 2026 di Senegal.

Baca Juga
WushuKejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Berita Terkini