x

Harumkan Nama Bangsa, Windy Cantika Sabet Emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior

Selasa, 3 Mei 2022 15:44 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
Windy Cantika Aisah baru saja mengharumkan nama bangsa di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior setelah lifter putri Indonesia itu sukses meraih medali emas.

INDOSPORT.COM - Windy Cantika Aisah baru saja mengharumkan nama bangsa di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior. Lifter putri Indonesia itu sukses meraih medali emas.

Windy Cantika Aisah meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 yang dilangsungkan di Crete, Yunani, Selasa (03/05/22).

Baca Juga

Tampil di kelas 49kg, Windy merebut emas untuk tiga kategori yakni angkatan snatch, clean and jerk, dan total angkatan.

Pada angkatan snatch, lifter berusia 19 tahun itu membukukan snatch 83kg, clean and jerk 102kg dan total angkatan 185kg.

Baca Juga

Catatan tersebut tidak lebih baik dibanding hasil di Olimpiade Tokyo 2020 ketika Windy membukukan total angkatan 194kg, dengan rincian snatch 84kg dan clean and jerk 110kg, dan meraih perunggu.

Medali perak untuk kelas 49kg putri diraih lifter India, Yadav Gyaneshwari, dengan angkatan snatch 73kg, clean and Jerk 83kg, dan total angkatan 156kg.

Adapun medali perunggu juga diraih lifter India, Rithika V, dengan angkatan snatch 69kg, clean and Jerk 81kg, dan total angkatan 150kg.

Baca Juga

Keberhasilan Windy Cantika meraih gelar juara dunia sudah diprediksi sebelumnya oleh pelatih angkat besi Dirja Wihardja sebelum berangkat menuju Yunani.

"Dalam latihan sehari-hari total angkatannya bisa melebihi yang dicapai di kejuaraan dunia ini. Namun, saya tekankan agar ia tidak terlalu ngotot, karena setelah ini ia akan tampil di SEA Games Vietnam,” ujar Windy dilansir dari Antara.


1. Perjuangan Wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior

Aksi Windy Cantika di Olimpiade Tokyo 2020.

Selain Windy Cantika, ada juga lifter putri Indonesia lainnya yakni Najla Khoirunnisa yang berjuang di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022.

Baca Juga

Dia adalah Najla Khoirunnisa yang tampil di kelas 45kg. Najla berhasil menempati peringkat empat dengan catatan angkatan snatch seberat 67kg, clean and jerk 81kg, dan total angkatan 148kg.

Meski menempati peringkat empat, Najla Khoirunnisa mampu memperbaiki catatan angkatan yang dibuatnya di Kejuaraan Dunia di Tashkent, Uzbekistan 2021 lalu, dengan angkatan snatch 64kg, clean and Jerk 80kg dan total angkatan 144kg.

Baca Juga

Selain Windy dan Najla, Indonesia juga menurunkan dua wakil lainnya dalam Kejuaraan Dunia Junior 2022, yaitu Juliana Clarissa dan Rizki Juniansyah yang masing-masing akan turun pada nomor 45kg putri dan 55kg.

Sejatinya Windy Cantika harus mengorbankan waktu bersama keluarga di Hari Lebaran demi mengharumkan nama bangsa di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022.


2. Perjuangan Windy Cantika Berbuah Manis

Aksi Windy Cantika di Olimpiade Tokyo 2020.

Lifter Windy Cantika Aisyah tidak bisa merayakan momen Lebaran bersama keluarga di rumah karena mengikuti Kejuaraan Dunia di Yunani. 

"Sebelum ke SEA Games, lima orang akan kami kirimkan ke Kejuaraan Dunia Junior 2022, termasuk Windy Cantika dan Rizki Juniansyah," tutur Wakil Ketua PB PABSI Djoko Pramono, dilansir dari Antara. 

"Setelah dari sana akan kembali ke Indonesia, lalu satu pekan kemudian langsung berangkat ke Vietnam (mengikuti SEA Games)," imbuhnya. 

Dengan ini, Windy Cantika serta para atlet lainnya seperti Najla Khoirunnisa, Juliana Clarissa, dan Rizki Juniansyah bakal merayakan momen Idulfitri jauh dari keluarga masing-masing.

"Saya ikut Kejuaraan Dunia Junior di Yunani dan itu bertepatan dengan hari raya Idul Fitri," kata Windy Cantika

Kini pengorbanan Windy Cantika berbuah manis, lifter putri Indonesia itu sukes mengharumkan nama bangsa dengan meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022.

Baca Selengkapnya Sebelum SEA Games, Windy Cantika Rela Tak Lebaran di Rumah demi Gelar Kejuaraan Dunia

Angkat BesiKejuaraan Dunia Angkat BesiWindy Cantika

Berita Terkini