x

5 Shooting Guard Terbaik NBA Sepanjang Masa: Kobe atau Jordan?

Senin, 9 November 2020 16:20 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Sepanjang sejarah perhelatan kompetisi basket NBA, terdapat beberapa pemain di posisi shooting guard yang layak disebut terbaik sepanjang masa.

INDOSPORT.COM - Sepanjang sejarah perhelatan kompetisi basket NBA, terdapat beberapa pemain di posisi shooting guard yang layak disebut terbaik sepanjang masa.

Dalam kompetisi olahraga yang tidak bersifat individual alias tim, setiap pemain pasti memiliki posisi berbeda untuk menentukan tugas saat bertanding.

Hal itu pun berlaku dalam kompetisi basket yang dalam satu timnya terdiri dari lima orang. Kelima pemain dalam tim tersebut pun memiliki posisi yang berbeda satu sama lain.

Baca Juga
Baca Juga

Meskipun berbeda, kelima posisi itu memiliki tugas yang berkesinambungan satu sama lain dan tentunya bisa kompak dalam mencapai target kemenangan atas lawan.

Secara garis besar, pemain basket dibagi ke dalam lima posisi berbeda. Posisi itu antara lain, center, small forward, power forward, point guard, dan shooting guard. Dalam artikel ini, kita akan lebih membahas soal posisi shooting guard.

Dalam prakteknya shooting guard bisa dibilang merupakan andalan utama sebuah tim dalam urusan mencetak angka. Bahkan di beberapa tim, pemain di posisi shooting guard kerap disamakan dengan kartu As.

Biasanya pemain di posisi point guard memiliki tubuh yang cukup tinggi. Di NBA, sebagai kompetisi basket paling bergengsi, biasanya posisi point guard ditempati pemain dengan tinggi 191--201 centimeter.

Berbeda dengan small forward yang juga memiliki tugas untuk mencetak poin dari jarak dekat, seorang shooting guard lebih diandalkan dalam urusan mencetak poin lewat lemparan jarak jauh.

Tak hanya itu, shooting guard juga lebih dituntut untuk bisa mencari celah kosong untuk melakukan tembakan tanpa banyak pergerakan. Itu jelas berbeda dengan small forward yang lebih dituntut untuk inisiatif membuka peluang.

Saat tim dalam kondisi tengah bertahan, seorang shooting guard biasanya akan menjaga wilayah di luar lemparan tiga pon. Ia bertugas untuk menggangu konsentrasi pemain lawan yang coba melakukan tembakan agar gagal masuk ke ring.

Selama perjalanan kompetisi NBA, banyak bermunculan pemain basket yang menempati posisi shooting guard. Namun, hanya beberapa saja yang layak disebut terbaik.

Berikut ini redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum lima shooting guard terbaik yang pernah ada dalam sejarah NBA:

5. Klay Thompson

Pemain tim basket NBA Golden State Warriors, Klay Thompson.

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Peribahasa itu sangat tepat menggambarkan performa Klay Thompson dalam kariernya sebagai pebasket di kancah NBA.

Anak dari legenda San Antonio Spurs, Mychal Thompson itu merupakan salah satu shooter terbaik NBA saat ini. Semenjak memperkuat Golden State Warriors pada 2011 lalu, ia menjelma jadi pencetak tiga poin menakutkan bagi lawan-lawannya.

Baca Juga
Baca Juga

Pada 2014 lalu, bersama dengan Stephen Curry, Klay Thompson membuat sejarah baru di NBA dengan koleksi 484 tembakan tiga poin dalam semusim. Keduanya sejak saat itu diuluki Splash Brothers.

Klay Thompson sendiri merupakan salah satu shooting guard andalan andalan Steve Kerr di Warriors, yang sukses meraih tiga gelar juara NBA dalam lima tahun terakhir.


1. 4. James Harden

James Harden, pemain megabintang NBA dari tim Houston Rockets.

Meskipun belum memiliki gelar juara bukan berarti membuat James Harden lantas tak pantas disebut sebagai salah satu shooting guard terbaik dalam sejarah NBA.

Mengawali karier profesional di Oklahoma City Thunder pada 2009 silam, Harden perlahan tapi pasti mulai menunjukkan diri bahwa dirinya punya kemampuan menembak yang fantastis.

Tidak mengherankan jika sejak 2013 lalu, Harden selalu rutin masuk dalam jajaran NBA All-Stars. Ia pun memiliki catatan total 20.962 poin selama 11 tahun berkarier.

Pada musim 2017/18 lalu, Harden sendiri sempat memiliki catatan manis dengan menjadi satu-satunya pemain NBA yang bisa mencetak lebih dari 35 point di 15 laga berbeda.

3. Dwyane Wade

Dwyane Wade, saat masih memperkuat Miami Heat.

Semenjak berdiri pada 1988 silam, Miami Heat tercatat baru tiga kali merasakan senangnya menjadi juara NBA, yakni pada musim 2006, 2012, dan 2013.

Tiga gelar juara itu sendiri mereka rasakan ketika masih memiliki Dwyane Wade sebagai pengisi posisi shooting guard dari medio 2003 sampai 2016.

Salah satu bukti kehebatan Dwyane Wade yang paling terkenal adalah ketika ia membawa Heat comeback atas Dallas Mavericks setelah dua kali kalah di babak awal Final NBA 2016.

Dengan rata-rata 34, 7 point per game, ia mampu membawa timnya membalik keadaan dan sukses menjadi juara NBA untuk kali pertama. Atas kontribusinya, Heat pun memberi penghormatan dengan mempensiunkan nomor punggung 3 yang digunakan Wade sepanjang kariernya.

2. Kobe Bryant

Kobe Bryant saat masih memperkuat LA Lakers

Segala hal tentang Kobe Bryant pasti identik dengan rekor. Sejak debutnya pada 3 November 1996 silam, pemain berkepala plontos itu sudah langsung menceta sejarah sebagai shooting guard termuda yang pernah tampil di NBA (18 tahun 72 hari).

Pebasket yang semasa hidupnya sering disebut 'maruk' karena jarang mengoper ini perlahan tapi pasi menjelma jadi mesin pencetak poin andalan LA Lakers. Lima gelar juara NBA juga sudah ia berikan ke tim yang identik dengan warna kuning itu.

Sebelum memutuskan pensiun, Kobe Bryant memiliki catatan telah mencetak 32.643 poin, membuatnya jadi pencetak poin terbanyak nomor 4 sepanjang sejarah NBA.

Sampai saat ini, Kobe sendiri masih memegang rekor sebagai pemain NBA dengan menit bermain terbanyak. 20 tahun berkarier bersama Lakers, ia sudah melalui 48.637 menit, unggl atas Kareem Abdul-Jabbar yang hanya membuat 37.492 menit bermain.

1. Michael Jordan

Michael Jordan saat masih memperkuat Chicago Bulls.

Masih perlukah mempertanyakan kepantasan seorang Michael Jordan untuk disebut sebagai shooting guard terbaik sepanjang masa di NBA? Bukan hanya dari segi posisi, Jordan bahkan disebut sebagai pebasket terbaik sepanjang masa yang pernah menginjak bumi.

Bersama Chicago Bulls, Jordan yang identik dengan nomor 23 memiliki peran besar dalam keberhasilan mereka 6 kali menjuarai NBA. Ia juga sukses enam kali menjadi MVP Final NBA.

Akurasi pria kelahiran 17 Februari 1963 ini saat bertanding memang tak ada duanya. Terbukti, ia berhasil 10 kali meraih predikat NBA Scoring Champion. Membuatnya saat ini masih menjadi satu-satunya pemain yang punya catatan seperti itu.

Mantan rekan Dennis Rodman ini sendiri sepanjang kariernya berhasil menciptakan 32.292 poin, 6.672 rebounds, dan 5.633 assits. Sebuah catatan yang pastinya akan sulit diraih oleh shooting guard lainnya. 

NBAKobe BryantJames HardenMichael JordanKlay ThompsonDwayne WaydeTRIVIABasketBerita Basket

Berita Terkini