x

Timnas Basket Indonesia Simulasi Jelang SEA Games, Tunggu Kedatangan Pemain Akademi NBA

Senin, 25 April 2022 01:06 WIB
Penulis: Dyah Fitri Hapsari | Editor: Juni Adi
Timnas Basket Indonesia

INDOSPORT.COM - Kali ini persiapan Timnas Indonesia Bola Basket 5x5 Putra sudah memasuki fase uji coba. Saat ini, mereka mencoba formula yang dimatangkan sepanjang latihan dengan menjajal import select team.

Sekjen PERBASI Nirmala Dewi menyatakan bahwa kesempatan kali ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk membangun tim yang solid.

Baca Juga

Berbagai persiapan ini dilakukan untuk mempersiapkan Timnas Basket Indonesia jelang SEA Games 2021 agar bisa masuk ke babak final.

"Manfaatkan waktu persiapan ini untuk membangun tim yang kuat. Kami optimis dengan apa yang telah persiapkan bisa mewujudkan target yang dicanangkan, yaitu menembus final di SEA Games nanti," terang Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi.

Sebelum diberangkatkan ke Hanoi, Timnas Basket Indonesia harus menghadapi enam scrimmage game yang melawan imprt select team.

Baca Juga

Diawali dengan pertandingan pada Jumat malam (22/4) yang berakhir 78-85 untuk Pasukan Merah Putih. Kemudian game berikutnya akan berlangsung pada 26 April, 28 April, 29 April, 5 Mei, dan 6 Mei.

"Uji coba ini menjadi simulasi lawan-lawan kita di SEA Games. Jadi secara defend dan sistem select team ini kita pilih kemungkinan negara-negara yang akan kita lawan di SEA Games," terang Manager Timnas Bolabasket 5x5 Putra Jeremy Imanuel Santoso.

Supaya tim kita yang benar-benar baru pertama kali main semua seperti Agassi, Brandon, Arki, Bolden, Abraham, Prastawa, punya chemistry yang bisa dibangun," lanjutnya.

Baca Juga

Banyak pemain Timnas Basket Indonesia yang belum pernah main secara bersamaan. Terutama Marques Bolden yang waktunya tersita untuk memperkuat tim di NBA G-League.

Terlebih, Timnas Basket Indonesia saat ini masih menanti kedatangan Derrick Michael yang baru akan ikut latihan pada 27 April 2022 mendatang.


1. Semua Pemain Timnas Basket Indonesia Memperoleh Kesempatan Bermain

Timnas Basket Indonesia vs Korea Selatan di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

Diterangkan Jeremy, saat ini pemain yang ikut uji coba melawan select team ada 16 pemain. Tapi belum ada pengurangan permanen.

Dari 23 tetap dicoba pada masing-masing game. Ada rotasi 5-6 pemain supaya semua pemain dapat kesempatan bermain dan perlihatkan skil juga kesiapan kepada coaching staff.

Baca Juga

"TC sendiri berlangsung rapih. Kita tetap menjaga prokes. Ada beberapa cedera minor yang mungkin bisa diselesaikan sebelum berangkat supaya tim ini berangkat dengan kekuatan 100 persen," harap Jeremy.

Uji coba untuk memperkuat tim dalam menghadapi SEA Games 2021 dengan melawan tim luar negeri sebelumnya juga pernah dilakukan oleh Timnas Basket Indonesia saat akan melakoni turnamen FIBA Asia Cup.

Saat itu, Timnas Basket Indonesia bakal menjalani uji coba pertandingan dengan 10 tim papan atas Australia sebelum tampil di ajang FIBA Asia Cup 2022.

Baca Juga

Jelang mengikuti ajang FIBA Asia Cup 2022, timnas basket Indonesia rupanya sudah melakukan berbagai persiapan demi menembus peringkat delapan besar dari 16 tim yang tampil.

Sebelumnya, anggota dewan FIBA sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir, menjelaskan beragam hal yang dilakukan timnas basket Indonesia. 

Persiapan pertama yaitu mengirim surat kepada FIBA untuk mengizinkan para pemain yang berkarier di luar negeri untuk pulang ke Tanah Air.

Baca Juga

Pemain tersebut antara lain Derrick Michael, yang kini tergabung dalam NBA Global Academy, dan pemain naturalisasi Marques Bolden, yang membela klub NBA G-League, Salt Lake City Stars.

Tak hanya itu, Erick juga meminta para pemain untuk serius menggunakan waktu tiga bulan tersisa ini untuk mempersiapkan diri untuk FIBA Asia Cup 2022.


2. Timnas Basket 3x3 Indonesia Juara ABL di Bali

Timnas Basket Indonesia.

Selain Timnas Basket 5x5 Indonesia yang melakukan persiapan, beberapa waktu lalu Timnas Basket 3x3 Indonesia juga juara ABL di Bali.

Kemenangan ini menjadi bekal penting untuk melaju ke SEA Games 2021. Jelang SEA Games 2022 Vietnam, Timnas Basket Indonesia 3x3 mencacatkan hasil positif dengan menyabet gelar juara ABL di Bali.

Di partai puncak, Timnas Basket Indonesia 3x3 sukses mengatasi perlawanan Harimau Malaya keunggulan 21-15.

Bagi Timnas Basket Indonesia 3x3, hasil ini merupakan modal berharga jelang SEA Games 2022 Hanoi, Vietnam yang sedianya akan berlangsung pada 12-23 Mei mendatang.

Terlebih, formasi Timnas Basket Indonesia 3x3 kala menggebuk Harimau Malaya tak jauh beda dengan skuat yang bakal diturunkan di SEA Games nanti.

Baca Selengkapnya: Timnas Basket 3x3 Indonesia Juara ABL di Bali, Jadi Bekal Penting ke SEA Games

SEA GamesTimnas Basket IndonesiaBasketBerita BasketSEA Games 2021

Berita Terkini