x

Emas SEA Games Sudah Aman, Saatnya Timnas Basket Indonesia Fokus ke FIBA Asia Cup

Senin, 23 Mei 2022 18:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Timnas Basket Indonesia akan beralih fokus ke FIBA Asia Cup 2022 setelah sukses menyabet medali emas di ajang SEA Games Vietnam 2021.

INDOSPORT.COM – Timnas Basket Indonesia akan beralih fokus ke FIBA Asia Cup 2022 setelah sukses menyabet medali emas di ajang SEA Games Vietnam 2021.

Untuk kali pertama sejak Indonesia ikut SEA Games pada 1977, cabang olahraga bola basket mendapatkan emas di multievent antarnegara se-Asia Tenggara tersebut. 

Baca Juga

Kepastian itu didapat setelah Timnas basket 5x5 Putra mengalahkan Filipina 85-81 pada partai pamungkas cabang olahraga bolabasket SEA Games XXXI Hanoi di Thanh Tri Gymnasium minggu sore (22/05/22).

Kemenangan atas Filipina itu menyempurnakan perjuangan Arki Dikania Wisnu dkk selama SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam.  Sebab, sejak bertarung di Thanh Tri Gymnasium, semua lawan dibabat habis.

Mulai dari Malaysia ditaklukkan 95-92, lalu kalahkan Thailand 78-75, atasi Kamboja 94-44, hempaskan Singapura 91-61, dan menekuk Vietnam 94-67.

Baca Juga

Kendati demikian, Timnas Basket Indonesia tidak boleh menikmati kemenangan ini terlalu lama. Pasalnya, mereka masih harus bersiap mengikuti Kejuaraan Bola Basket Asia (FIBA Asia Cup) 2022.

Pasalnya, SEA Games 2021 sendiri hanyalah turnamen uji coba dan targetnya di luar dugaan. Sementara PP Perbasi sendiri sejak awal sudah menargetkan FIBA Asia Cup untuk tahun ini.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Perbasi Nirmala Dewi, mengingat Indonesia adalah tuan rumah FIBA Asia Cup yang akan diselenggarakan pada 12-24 Juli 2022.

Baca Juga

“Dan terbukti, kami di sini (SEA Games) dapat emas,” kata Nirmala di Hanoi, dilansir dari Antara.

Nirmala juga mengatakan bahwa Timnas Basket Indonesia dibentuk oleh PP Perbasi sejak Indonesia diputuskan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 sekitar dua tahun lalu.


1. Timnas Basket Indonesia Fokus ke FIBA Asia Cup

Tim basket putra Indonesia mencetak sejarah dengan menumbangkan Filipina dan merebut emas SEA Games pertama sejak 1977 di SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium, Minggu (22/5).

Perbasi menyadari untuk mendapatkan tiket kompetisi elite bola basket tersebut tak mudah sehingga bidikan beralih ke FIBA Asia Cup.

“Walau demikian, kami tak berani bidik emas (FIBA Asia Cup) karena di sana ada China dan negara-negara kuat lain di basket. Tapi untuk delapan besar, bisa dikatakan cukup realistis,” kata dia.

Baca Juga

Setelah memasang target tersebut, PP Perbasi juga akan mulai merekrut sejumlah pemain naturalisasi dan mengoptimalkan potensi pebasket Indonesia yang berkiprah di luar negeri, seperti Derrick dan Jawato

“Bukan hanya di tim putra, di tim putri juga. Mereka yang sekolah di luar negeri, untuk SEA Games dipanggil semua,” lanjut Nirmala.

Sementara itu, Nirmala Dewi tetap mengapresiasi perjuangan pada pemain dan ofisial tim yang berhasil merebut medali emas di SEA Games.

Baca Juga

Mereka mampu menjawab ekspektasi publik. Bahwa bola basket memang sudah saatnya untuk mendapatkan emas di SEA Games.

"Kami yakin ini akan menjadi awal dari kejutan-kejutan selanjutnya. Kesuksesan ini adalah modal penting hadapi FIBA Asia dan FIBA World Cup 2023." 

"Kami bangga bahwa pemain berjuang tanpa lelah demi cetak sejarah dan kibarkan Merah Putih di Vietnam," jelas Nirmala.

Baca Juga

Erick Thohir selaku Board Member FIBA mengapresiasi keberhasilan timnas mencetak sejarah di SEA Games.

"Ini pertama kalinya Indonesia meraih medali emas dari cabor basket sejak keikutsertaan pada 1977 sekaligus memutus dominasi Filipina yang meraih medali emas SEA Games 13 kali beruntun."

"Kepada Seluruh Individu dan institusi, terima kasih untuk percaya dan dorong prestasi Bola Basket Indonesia," jelas Erick.


2. Timnas Basket Indonesia Uji Tanding Lawan 10 Tim Papan atas Australia

Tim basket putra Indonesia mencetak sejarah dengan menumbangkan Filipina dan merebut emas SEA Games pertama sejak 1977 di SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium, Minggu (22/5).

Timnas Basket Indonesia bakal menjalani uji coba pertandingan dengan 10 tim papan atas Australia sebelum tampil di ajang FIBA Asia Cup 2022. 

Timnas basket Indonesia akan mengikuti FIBA Asia Cup pada 12-24 Juli 2022. Hal yang menarik, ajang bergengsi se-Asia ini akan digelar di Indonesia. 

Ada 16 tim negara yang akan tampil di ajang tersebut yaitu Arab Saudi, Yordania, Australia, Taiwan, China, Korea Selatan, Bahrain, Iran, Jepang, Kazakhstan, Suriah, India, Lebanon, Filipina, Selandia Baru, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Timnas basket Indonesia tampil di Grup A FIBA Asia Cup 2022 bersama Arab Saudi, Yordania, dan Australia.

Jelang mengikuti ajang FIBA Asia Cup 2022, timnas basket Indonesia rupanya sudah melakukan berbagai persiapan demi menembus peringkat delapan besar dari 16 tim yang tampil.

Sebelumnya, anggota dewan FIBA sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir, menjelaskan beragam hal yang dilakukan timnas basket Indonesia. 

Baca selengkapnya: Timnas Basket Indonesia Uji Tanding Lawan 10 Tim Papan atas Australia

Timnas Basket IndonesiaBasketBerita BasketSEA Games 2021FIBA Asia Cup

Berita Terkini