x

5 Pemain NBA Terbaik yang Lahir di Illinois, Tidak Semua Pernah Bela Chicago Bulls

Kamis, 19 Januari 2023 00:00 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Bintang basket NBA, LA Lakers, Anthony Davis.

INDOSPORT.COM - Salah satu kota di Amerika Serikat yakni Illinois ternyata melahirkan banyak bintang top NBA. Namun, tidak semua pernah membela Chicago Bulls. 

Kebesaran nama Chicago Bulls di zaman Michael Jordan, membuat anak-anak muda Amerika Serikat khususnya di negara bagian Illinois bersemangat jadi bintang NBA. 

Baca Juga

Hal ini membuat negara bagian Amerika Serikat yang juga punya label kota Metropolitan, mampu melahirkan sederet pebasket hebat. 

Bahkan masih ada banyak, hingga belasan pemain yang lahir di Illinois, kini masih aktif bermain untuk tim-tim NBA musim 2022/2023. 

Lantas, siapa sajakah para pemain terbaik NBA 2022/2023 yang ternyata lahir di Illinois? Simak 5 pemain NBA terbaik dari illinois di bawah ini.

Baca Juga

5. Derrick Rose

Derrick Rose mengawali karir profesional di belantika basket Amerika Serikat bersama Chicago Bulls. Kala itu, Rose menjadi salah satu rookie terbaik. 

Memiliki penghargaan NBA MVP termuda dan juga sederet gelar individu diraihnya, membuat pebasket 34 tahun itu masih masuk daftar ini. 

Dia lahir di Chicago, kota besar yang juga menjadi salah satu ‘pabrik’ para pemain hebat NBA di negara bagian Illinois. 

Baca Juga

Mengawali karirnya dengan impresif, wajar jika Rose berseragam Chicago Bulls selama delapan tahun dari 2008 hingga 2016. 

Kini, Ia membela New York Knicks untuk kali kedua sejak Februari 2021 lalu. Musim 2022/2023, Derrick Rose mencatat rata-rata 5,8 poin per game, 1,5 rebound per game dan 1,8 assist per game.


1. 4. Andre Iguodala

Bintang Golden State Warriors, Andre Iguodala berduel dengan megabintang Houston Rockets, James Harden.

Seperti Derrick Rose, Andre Iguodala memang mulai menurun performanya di atas lapangan karena faktor usia. 

Namun Iguodala merupakan salah satu pebasket hebat di masa-masa keemasan usianya. Jadi, dia layak masuk dalam daftar pemain terbaik yang lahir di Illinois. 

Baca Juga

Sudah memulai karir profesional di klub NBA pada 2004, tentu saja usia Iguodala sudah tidak lagi muda.

Pemain dengan posisi shooting guard ini sudah berusia 38 tahun dan telah mengantongi empat kali juara NBA bersama Golden State Warriors. 

Lahir di Illinois pada 28 Januari 1984 silam, kini masih bermain di Golden State Warriors. Dengan statistik 2.3 PPG, 2.3 RPG dan 1.7 APG dari total 3 penampilan sejauh musim ini. 

Baca Juga

3. Anthony Davis

Illinois punya putra daerah kebanggaan yang menjadi salah satu center terbaik NBA dalam medio satu dekade terakhir. Dia bernama Anthony Davis. 

Meski lahir di Chicago, Illinois, Davis justru tidak pernah membela klub kota kelahirannya. Memulai debutnya sejak 2012 silam, klub yang beruntung adalah New Orlean Pelicans. 

Sejak berkarir profesional pada 2012 silam, pemain yang bermain di pos Power Forward and Center ini sudah 8 kali masuk NBA All-Star Game dan 4 kali masuk All-NBA First Team.

Baca Juga

Dia juga pernah menjuarai NBA pada 2020 bersama Los Angeles Lakers, klub yang sekarang masih dibelanya sampai sekarang. 

Sejauh musim ini, Anthony Davis sudah 25 kali tampil untuk LA Lakers dengan statistik 27.4 PPG, 12.1 RPG dan 2.6 APG.


2. 2. Robert Covington

Robert Covington (no33) berusaha melewati Kris Dunn

Selanjutnya ada salah satu pemain bintang NBA di posisi small forward yang sekarang bermain untuk Los Angeles Clippers. 

Covington lahir di salah satu kota kecil Bellwood yang masih masuk negara bagian Illinois 33 tahun yang lalu. 

Baca Juga

Dia memulai karirnya bersama Houston Rockets, tim NBA yang berasal dari negara bagian Texas pada 2013 silam, sebagai pemain undrafted.

Sejauh ini, dirinya sudah memperkuat sebanyak enam tim berbeda dengan menorehkan berbagai prestasi individual. 

Kini, membela LA Clippers, Covington berhasil mencatat 27 penampilan di NBA sejauh musim 2022/2023 dengan statistik 5.7 PPG, 3.9 RPG dan 1.2 APG. 

Baca Juga

1. Fred VanVleet

Seperti Covington, Fred VanVleet juga lahir di Rockford, kota yang masuk wilayah negara bagian Illinois. 

Setelah gagal terpilih masuk NBA Draft 2016, dia harus merantau hingga Kanada untuk bergabung dengan Toronto Raptors, 

Keputusan berani Raptors terbukti tepat karena VanVleet menjadi salah satu point guard terbaik yang dimiliki oleh AMerika Serikat. 

Baca Juga

Sejauh ini, VanVleet pernah menjuarai NBA 2019 dan masuk menjadi NBA All-Star Game 2022. Sejak 2016, dia masih setia memperkuat Toronto Raptors.

Musim 2022/2023, VanVleet mencatat sebanyak 37 penampilan di NBA bersama Toronto Raptors. Dengan statistik 18.7 PPG, 4.4 RPG dan 6.3 APG sejauh musim ini.

NBALos Angeles LakersChicago BullsDerrick RoseToronto RaptorsAndre IguodalaAnthony DavisBasket

Berita Terkini