x

Profil LeBron James: Pencetak Rekor Poin Terbanyak Sepanjang Masa di NBA

Rabu, 8 Februari 2023 19:07 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pebasket Los Angeles Lakers, LeBron James saat melakukan operan dan dihadang pebasket Cleveland Cavaliers, Lauri Markkanen di laga Rocket Mortgage FieldHouse. Foto: Reuters/David Richard

INDOSPORT.COM - Dunia basket sedang dihebohkan dengan penampilan gemilang bintang Los Angeles Lakers yakni LeBron James dalam pertandingan NBA pada Rabu (08/02/23).

Dalam duel NBA antara Los Angeles Lakers vs Oklahoma City Thunder, LeBron James sukses memecahkan rekor dengan mencetak poin terbanyak sepanjang sejarah.

Sebagaimana diketahui, dalam duel tersebut Los Angeles Lakers memang harus mengakui keunggulan Thunders dengan skor tipis 130-133.

Namun para pendukung Lakers patut berbangga karena pemainnya yakni LeBron James sukses memecahkan rekor. Pemain basket berusia 38 tahun tersebut mencetak 38 poin di laga tersebut serta 7 rebound dan 3 assist.

LeBron James menorehkan 38.388 poin saat dia mencetak poin ke-36 untuk dirinya sendiri di detik-detik akhir kuarter ketiga.

Baca Juga

Pencapaian ini membuat pemain yang dijuluki The King tersebut berhasil melampau rekor pendahulunya, Kareem Abdul-Jabbar yang pernah menorehkan 38.387 poin.

Hal itu membuat LeBron James resmi menyandang  pemegang rekor poin terbanyak NBA. Di akhir laga, ia langsung menerima bola basket dari Abdul-Jabbar dalam sebuah seremoni.

LeBron James juga sempat melakukan pidato di depan para fans. Ia mengaku sangat terharu bisa berdiri berdampingan dengan Kareem Abdul-Jabbar di momen terindah dalam kariernya.

Baca Juga

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pendukung setia Lakers. Bisa berada di depan legenda sehebat Kareem, itu sangat berarti bagi saya,” kata LeBron James dilansir dari ESPN.

“Tepuk tangan meriah untuk sang kapten (Kareem Abdul-Jabbar),” tuturnya menambahkan.

Bagi orang yang tidak begitu menyukai olahraga basket, tentu masih asing bila mendengar nama LeBron James. Berikut INDOSPORT telah merangkum profil singkat pemain yang mendapat julukan The King tersebut:

Baca Juga

1. Profil LeBron James

Pebasket NBA Los Angeles Lakers LeBron James mengontrol bola saat melawan Oklahoma City Thunder. (Foto: REUTERS/Gary A. Vasquez)

LeBron Raymone James atau yang lebih dikenal dengan nama LeBron James merupakan pemain basket profesional asal Amerika Serikat. Kini dirinya bermain untuk tim NBA yakni Los Angeles Lakers.

LeBron James lahir pada 30 Desember 1984 di Akron, Ohio, Amerika. Meski usianya telah mengijak 38 tahun, namun kemampuan fisik dan tekniknya masih belum habis.

Kisah masa kecil a LeBron James penuh dengan lika-luku. Ia merupakan anak mantan seorang napi bernama Anthony McClelland. Sang Ayah dikabarkan sempat menelantarkan ia dan ibunya sejak James lahir.

Ibu James bernama Gloria, melahirkan James ketika usianya masih 16 tahun. Ia harus membesarkan James sendirian karena ditelantarkan oleh ayah tidak bertanggung jawab.

Sebelum bergabung di Los Angeles Lakers, ia pernah bermain untuk  Cleveland Cavaliers pada 2003 hingga 2010 silam. Prestasi dari pemain basket yang terkenal dengan gaya slam dunknya ini adalah menembus NBA Finals pada musim 2006-2007 lalu.

Baca Juga

Kemudian James memutuskan pindah ke klub Miami Heat setelah kontraknya dengan Cleveland Cvaliers habis. Hal ini sempat membuat dirinya dicap sebagai penghianat oleh para pendukung Cvaliers.

LeBron James membela tim Miami Heat selama empat musim dengan mengantarkan skuadnya meraih dua gelar juara secara beruntun yakni pada 2012 dan 2013.

Setelah empat musim memperkuat Miami Heat, ia memutuskan untuk kembali ke tim yang telah membesarkan namanya yaitu Cleveland Cavaliers.

Baca Juga

Selama tiga musim LeBron telah membawa Cavaliers ke puncak babak finals NBA. Diantaranya pada 2015, 2016 dan 2017 lalu.

Saat memasuki 2018 LeBron James kemudian direkrut oleh Los Angeles Lakers dengan mahar mencapai USD 154 juta hingga sekarang.

Baca Juga
NBAAmerika SerikatLeBron JamesLos Angeles LakersBasket

Berita Terkini