x

5 Mantan Petarung yang Jadi Pemimpin Negara: Ada Vladimir Putin dan Presiden Terkejam di Dunia

Senin, 15 Agustus 2022 18:35 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Foto: Reuters/Sputnik/Vyacheslav Prokofyev

INDOSPORT.COM - Berikut lima mantan petarung yang berhasil menjadi pemimpin negara, termasuk ada sosok fenomenal yakni presiden Rusia, Vladimir Putin.

Presiden Rusia, Vladimir Putin menjadi salah satu pemimpin negara yang cukup disoroti oleh media internasional. Apalagi sejak Rusia melancarkan invasi militer ke Ukraina sejak Februari 2022 lalu.

Baca Juga

Pria yang memiliki nama lengkap Vladimir Vladimirovich Putin lahir di Leningrad, Uni Soviet pada 7 Oktober 1952 silam. Ia merupakan seorang politikus dan menjabat sebagai Presiden Rusia sejak 2018 lalu hingga 2024 mendatang.

Meski menjabat sebagai pemimpin negara, tidak hanya kecerdasan otak yang ia miliki. Putin ternyata juga dikenal memiliki keahlian bela diri.

Baca Juga

Ia dikabarkan telah mendapatkan sabuk hitam Dan 8 untuk bela diri karate dari Russian Kyokushin-kan Karate-do Federation.

Dikutip dari Washington Time, Dan 8 merupakan tingkat yang diberikan untuk penghormatan kepada jasa-jasa khusus atau usia tertentu.

Baca Juga

Saat masih berusia muda, Vladimir Putin merupakan petarung tingkat Nasional. Ia juga mengajarkan pengendalian diri, kemampuan menganalisis kejadian, melihat kekuatan dan kelemahan lawan.

Tidak heran bila Vladimir Putin sangat ahli dalam menjalankan strategi perang. Ia juga memiliki mental baja meski mendapat kecaman dari banyak negara.


1. 2. Zoran Milanovic (Kroasia)

Vladimir Putin di Suriah

Selain Vladimir Putin, ada Zoran Milanovic yang menjabat sebagai presiden Kroasia sejak Februari 2020 lalu.

Zoran Milanovic diketahui lahir di Zagreb pada tahun 1966 silam dan ia merupakan mantan mahasiswa hukum terkemuka.

Baca Juga

Sebelum menjadi presiden, Zoran Milanovic merupakan seorang politikus Kroasia yang menjabat sebagai Perdana Menteri di periode 2011-2016.

Sebelum menjadi orang nomor satu di Kroasia. Zoran Milanovic tercatat sebagai atlet tinju amatir saat berusia 20 tahun.

Baca Juga

Namun Zoran Milanovic tercatat belum pernah bertanding secara profesional. Pada masa mudanya, dirinya lebih memilih untuk tetap menjadi mitra sparing.

3. Pierre Trudeau (Kanada)

Pierre Trudeau merupakan Perdana Menteri Kanada yang ke-15 dari 20 April 1968 hingga 4 Juni 1979. Kemudian ia menjabat lagi pada 3 Maret 1980 hingga 30 Juni 1984.

Pria yang meninggal pada  28 September 2000 silam ini merupakan salah satu pemimpin negara bertatus mantan petarung.

Baca Juga

Pada pertengahan 1950-an silam, Pierre Trudeau memiliki jabatan sabuk coklat bela diri judo (ik-Kyu).

Ia lalu mendapatkan sabuk hitam (Sho-dan), dan kemudian dinaikkan ke tingkat kedua sabuk hitam (ni-dan) oleh Masao Takahashi di Ottawa.


2. 4. Idi Amin (Uganda)

Bendera Uganda.

Jenderal Idi Amin Dada Oumee, adalah seorang perwira militer di Uganda yang menjabat sebagai Presiden pada 25 Januari 1971 hingga 13 April 1979 Silam.

Idi Amin mendapat julukan sebagai "Penjagal Uganda", karena dianggap sebagai salah satu despot paling terkejam dalam sejarah dunia.

Sebelum terjun ke dunia politik, Idi Amin merupakan seorang Petinju profesional kelas berat Uganda. Ia terkenal dengan pukulan kerasnya yang dapat membuat langsung KO dan tidak bisa melanjutkan duel.

5. Khaltmaagiin Battulga (Mongolia)

Khaltmaagiin Battulga adalah Presiden Mongolia yang memiliki latar belakang sebagai mantan atlet pegulat Sambo profesional.

Kesenangannya dengan gulat terobsesi dari peran ayah yang juga seorang pelatih gulat tradisional asal Mongolia.

Khaltmaagiin Battulga tercatat menjadi anggota Tim Gulat Nasional Mongolia pada 1979-1990 silam. Ia juga pernah memenangi kejuaraan piala dunia di Ulaanbaatar, Mongolia, pada 1989 silam.

Baca Juga
KroasiaRusiaGulatVladimir PutinKanadaKarateMiliterTinjuJudoUganda

Berita Terkini