x

3 Olahraga Ringan Anti Ngantuk Saat Menyetir

Selasa, 2 Oktober 2018 14:54 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM – Macetnya jalanan, terutama di Jakarta ini bukan sesuatu yang aneh lagi bagi penduduknya. Macet bisa bikin Anda lapar, lelah, hingga mengantuk.

Nah ini yang bahaya, setelah kenyang timbullah rasa kantuk. Tahukah Anda kalau mayoritas kecelakaan lalu lintas terjadi penyebab faktor manusianya sendiri?

Seperti lelah, kurang konsentrasi, dan mengantuk. Bahkan menurut berita yang dilansir Gooto, kecelakaan yang disebabkan oleh mengantuk mencapai 45 persen, presentase yang cukup besar mengingat angka itu mencapai hampir setengahnya.

Baca Juga

Tak usah jauh-jauh, kemarin Senin (01/10/18) pemain Persija Jakarta Marko Simic lagi-lagi menggemparkan media. Mobil hitam yang bertulisan Persija itu menambrak mobil milik kepolisian di Jembatan Semanggi, Jakarta Selatan.

Kabar inipun telah dikonfirmasi benar adanya oleh Ardhi Tjahjoko, manajer Persija. Masalah teknisi gas yang stuck diduga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan ini. 

Entah masalah gas atau yang lainnya, tetapi seperti adanya kata pepatah: sedia payung sebelum hujan jauh lebih baik, bukan?

Baca Juga

Rutinitas yang buruk seperti kurangnya jam tidur, terlalu lelahnya beraktivitas seharian, duduk terlalu lama di kantor, belum lagi ditambah jalanan yang macet juga dapat memperparah sakit di daerah punggung, nyeri leher, bahkan punggung bawah.

Maka dari itu, jikalau mata Anda sudah mulai terasa berat jangan dianggap sepele. Latihan kecil seperti di bawah ini bisa banget Anda coba saat berada di mobil demi mengusir rasa kantuk.


1. Bagian Leher

Gerakan olahraga yang bisa dilakukan di mobil.

Latihan bagian leher:

- Pertama, putar leher ke satu sisi, tahan selama lima detik. Lalu ulangi di sisi yang lain. Ulangi dua sampai lima kali sesuai kebutuhan.

- Kedua, duduk lurus. Lihat ke depan dan miringkan kepala Anda ke satu sisi (posisi telinga ke arah bahkan menempel di bahu). Rasakan peregangan di sisi leher. Tahan selama lima detik. Ulangi di sisi yang lain. Ulangi dua sampai lima kali sesuai kebutuhan saja.

- Duduk tegak dan lihat ke bawah sepanjang jalan (dagu ke dada) sampai kamu merasakan peregangan di bagian belakang kepala dan daerah leher kamu. Tahan selama lima detik. Ulangi dua sampai lima kali sesuai kebutuhan.


2. Bagian Punggung

Gerakan olahraga yang bisa dilakukan di mobil.

Latihan bagian punggung:

- Dari posisi duduk normal di dalam mobil, perlahan gulingkan bagian bawah (depan) menjauh dari tempat duduk sehingga membentuk lengkungan di punggung Anda yang kecil. Tahan selama lima detik dan perlahan putarkan punggung Anda rata di kursi.

Ulangi proses ini dua sampai lima kali sesuai kebutuhan. Gerakan ini membantu memobilisasi punggung Anda, terutama jika Anda tidak dapat duduk dalam waktu lama karena sakit punggung atau kekakuan.

- Untuk menghilangkan tekanan dari bokong, geser berat badan ke kanan dan angkat bokong kiri dari tempat duduk. Tahan selama lima detik dan turunkan bokong kiri. Ulangi di sisi yang lain. Ulangi dua sampai lima kali sesuai kebutuhan.


3. Bagian Lengan

Gerakan olahraga yang bisa dilakukan di mobil.

Latihan bagian lengan:

- Bersandar ke depan dan taruh kedua tangan ke belakang. Tarik bahu ke belakang dan tahan selama lima detik. Ulangi dua sampai lima kali sesuai kebutuhan.

Baca Juga

Jika Anda memiliki masalah leher, punggung atau tulang belakang yang sudah ada sebelumnya, atau jika ragu apakah Anda dapat melakukan latihan tertentu menanyakan hal tersebut kepada yang lebih berprofesional seperti dokter atau fisioterapis juga sangat disarankan demi kesehatan Anda.

Bagaimana, mudah bukan? Anda tidak membutuhkan ruangan yang luas atau pergi ke tempat gym guna meregangkan otot-otot selain mengusir rasa kantuk. Waktu Anda di kala macet dapat digunakan dengan baik dan menyehatkan. Selamat mencoba!

Penulis: Fildzah Yumna

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatTips BugarSenamTips dan TrikMarko Simic

Berita Terkini