x

4 Manfaat Yoga Menurut Penelitian

Senin, 17 Desember 2018 15:30 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi yoga anak-anak.

INDOSPORT.COM - Yoga berasal dari kata Sansekerta "yuji," yang berarti kuk atau penyatuan. Olahraga ini merupakan praktik kuno yang menyatukan pikiran dan tubuh.

Saat melakukan yoga, seseorang akan menggabungkan latihan pernapasan, meditasi dan pose yang dirancang untuk mendorong relaksasi dan mengurangi stres. 

Baca Juga

Berikut manfaat berlatih yoga menurut penelitian ilmiah dikutip dari Hearthline Red. 


1. 1. Dapat Menurunkan Stres

Melakukan olahraga yoga bersama pasangan.

Yoga dikenal karena kemampuannya untuk meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat menurunkan sekresi kortisol, hormon utama penyebab stress.

Salah satu penelitian yang bertujuan untuk mengukur efek yoga pada stres melibatkan 24 responden wanita yang menganggap diri mereka tertekan secara emosional.

Setelah mengikuti program yoga selama tiga bulan, para wanita memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah secara signifikan. Mereka juga memiliki tingkat stres, kecemasan, kelelahan, dan depresi yang lebih rendah.

Baca Juga

Penelitian lain terhadap 131 orang memiliki hasil yang sama, menunjukkan bahwa yoga 10 minggu membantu mengurangi stres dan kecemasan.


2. 2. Meredakan Kecemasan

Mandy Ingber, Gerakan Yoga agar tubuh awet muda.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat membantu mengurangi kecemasan. Pada satu penelitian, 34 wanita yang didiagnosis menderita gangguan kecemasan berpartisipasi dalam kelas yoga dua kali seminggu selama dua bulan.

Pada akhir penelitian, mereka yang berlatih yoga memiliki tingkat kecemasan yang jauh lebih rendah daripada kelompok yang tidak melakukannya.

Baca Juga

Tidak sepenuhnya jelas bagaimana yoga mampu mengurangi gejala kecemasan. Namun, dengan melakukan yoga membantu seseorang menemukan rasa damai.


3. 3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Serangan Jantung.

Bertugas memompa darah ke seluruh tubuh untuk memasok jaringan dengan nutrisi penting, kesehatan jantung Anda adalah komponen penting dari kesehatan tubuh.

Studi menunjukkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit ini.

Dalam studi, partisipan berusia di atas 40 tahun yang berlatih yoga selama lima tahun memiliki tekanan darah dan denyut nadi yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Baca Juga

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama masalah jantung, seperti serangan jantung dan stroke. Menurunkan tekanan darah Anda dapat membantu mengurangi risiko masalah in.


4. 4. Mempromosikan Kualitas Tidur

Ilustrasi orang tidur.

Kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan masalah obesitas, tekanan darah tinggi dan depresi. Studi menunjukkan bahwa memasukkan yoga ke dalam rutinitas Anda dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Dalam sebuah studi tahun 2005, 69 pasien lansia ditugaskan untuk berlatih yoga. Mereka yang melakukan latihan, tertidur lebih cepat, tidur lebih lama dan merasa lebih baik di pagi hari daripada kelompok lain.

Studi lain melihat efek yoga pada tidur pada pasien dengan limfoma. Mereka menemukan bahwa yoga mengurangi gangguan tidur, meningkatkan kualitas tidur serta mengurangi kebutuhan akan obat tidur.

Baca Juga

Meskipun cara kerjanya tidak jelas, yoga telah terbukti meningkatkan sekresi melatonin, hormon yang mengatur manusia tidur dan terjaga.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatYogaTips BugarTips dan Trik

Berita Terkini