x

Workout Sederhana untuk Penderita Gangguan Otot

Rabu, 2 Januari 2019 08:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi stretching.

INDOSPORT.COM – Atrofi otot atau pengecilan otot adalah istilah medis yang didefinisikan sebagai penurunan massa otot. Hal ini biasanya akibat dari cedera atau adanya suatu penyakit, sehingga bagian tubuh tertentu tidak digerakkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Gejala atrofi otot ialah adanya kelemahan pada salah satu atau beberapa bagian tubuh, memiliki anggota fisik yang tidak digunakan untuk melakukan aktivitas dalam jangka panjang dan anggota tubuh yang tampak lebih kecil dari yang lain.

Hal ini jika tak ditangani dengan segera bisa menghambat aktivitas hidup, atau bahkan berakibat fatal. Namun dapat pulih kembali melalui latihan-latihan otot yang dilakukan secara rutin, jika dampaknya belum parah.

Baca Juga

Mau tahu apa saja tips dan trik workout untuk mencegah dan memulihkan atrofi otot? INDOSPORT telah menyediakan informasinya khusus untuk anda, dilansir Belmarrahealth


1. Melakukan Aktivitas Olahraga Air

Ilustrasi kolam renang.

Bentuk latihan ini dapat membantu meredakan nyeri otot, cepat membentuk otot atrofi, membangun kembali memori otot, dan mengendurkan otot yang sakit.

Anda perlu berjalan di sekitar kolam, karena dapat membantu mengatasi bagian bawah tubuh dengan risiko cedera yang jauh lebih rendah. Mulailah dengan berjalan selama 10 menit dengan air setinggi pinggang.

Kemudia anda perlu melakukan gerakan mengangkat lutut di kolam, posisikan diri Anda di dinding kolam menempatkan kedua kaki rata di bagian bawah. Angkat lutut anda satu per satu, setinggi pinggul. Lakukan ini selama 10 kali secara berulang.

Baca Juga

Selain itu anda juga bisa menghadap ke depan ke arah dinding kolam dengan air setinggi pinggang dengan tangan di tepian kolam dan gunakan tangan untuk mengangkat tubuh Anda keluar dari air, tahan selama beberapa detik dan lakukan berulang.


2. Latihan Beban Tubuh

Gerakan Basic ab crunches

Dalam aktivitas latihan ini, anda perlu melakukan Squats, yang dilakukan dengan berdiri tegak dan jongkok seolah-olah berdiri di kursi. Tahan posisi ini selama beberapa detik sebelum berdiri lagi, lalu ulangi.

Menggunakan gerakan lunges, mulailah dengan meletakkan tangan anda di pinggul dan kemudian mengambil langkah besar ke depan. Tahan posisi ini selama beberapa detik agar kedua lutut ditekuk 90 derajat. Gerakan ini juga berguna untuk mengatasi lemak berlebih.

Gerakan selanjutnya ialah triceps dips. Dengan bantuan kursi yang kokoh, duduk tepat di depannya di lantai dengan kedua kaki lurus ke depan. Lalu kedua tangan, menopang tubuh di tepi kursi dan kemudian angkat badan secara perlahan. Saat tubuh turun, posisi tangan menekuk.

Baca Juga

Dan yang terakhir adalah gerakan Basic ab crunches. Mulailah dengan berbaring telentang dan dengan kedua kaki ditekuk dan kaki menapak di tanah. Letakkan kedua tangan di belakang kepala Anda dan tarik bahu Anda ke arah langit-langit menjadi setengah duduk. Ulangi latihan ini sebanyak yang Anda bisa.

Jika Anda khawatir bahwa Anda mungkin menderita atrofi otot atau memerlukan bantuan dalam melakukan latihan, anda perlu mencari bantuan dokter atau ahli terapi fisik yang terlatih agar dapat menjalani proses latihan dengan aman.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Tips BugarTips dan Trik

Berita Terkini