x

Corona di Jepang Mengganas, Olimpiade Tokyo Terancam Dibatalkan

Sabtu, 17 April 2021 01:42 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:

INDOSPORT.COM - Ajang olahraga bergengsi, Olimpiade Tokyo terancam dibatalkan lantaran wabah virus corona di Jepang semakin mengganas.

Seorang pejabat senior partai yang berkuasa di Jepang telah mengakui bahwa membatalkan Olimpiade tahun ini bisa jadi pilihan.

Toshihiro Nikai, sekjen Partai Demokrat Liberal, mengatakan Jepang mungkin harus "menyerah" pada Olimpiade Tokyo. Gagasan tersebut tercetus setelah kasus positif virus corona semakin meningkat di negara tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

"Jika ini situasi yang benar-benar tidak mungkin, kami perlu membuat keputusan tanpa ragu-ragu. Apa artinya olimpiade jika kita menyebarkan penyakit menular ini ke banyak orang selama acara berlangsung?" ujar Toshihiro Nikai kepada kantor berita Kyodo dilansir dari abc.net.au.

Nikai selama ini dikenal sebagai orang ternama yang selalu terus terang dalam menyampaikan komentarnya. Disaat banyak politisi Jepang lainnya yang enggan membahas isu tersebut, Toshihiro Nikai justru tak ragu untuk membicarakannya.

Baca Juga
Baca Juga

Jepang hingga saat ini masih terus bergulat dengan wabah virus corona. Jumlah kasusnya bahkan semakin naik di Tokyo setelah pemerintah mengakhiri keadaan darurat.

Pada Rabu (14/04/21), daerah Kyoto mencatatkan rekor kasus baru yang mencapai 1.130 orang dalam sehari. Para ahli kesehatan mengatakan jika Jepang saat ini sedang berada dalam gelombang ke-4 Covid-19.


1. Kasus Virus Corona Terus Meningkat di Jepang

Miraitowa, maskot Olimpiade Tokyo.

Sejauh ini ada lebih dari 36.000 kasus aktif di Jepang. Ketegangan semakin meningkat setelah adanya mutasi virus corona yang dinilai lebih menular. Pemerintah Jepang sebelumnya sudah merancang aturan ketat untuk Olimpiade Tokyo.

Yakni dengan menerapkan jaga jarak sosial serta pembatasan penonton. Pernyataan Toshihiro Nikai sebenarnya bertentangan dengan ungkapan Pernada Menteri Jepang, Yoshihide Suga.

"Perdana Menteri [Yoshihide] Suga telah berulang kali menyatakan komitmen pemerintah untuk menyelenggarakan Olimpiade Tokyo 2020. Semua mitra pengiriman kami sepenuhnya fokus menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas ini," ujar panitia penyelenggara Olimpiade.

Olimpiade Tokyo 2020Berita OlahragaVirus Corona

Berita Terkini