x

Bukan dari Mills, Begini Tampilan Jersey Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Rabu, 4 Mei 2022 15:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Jersey Kontingen Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Foto: NOC Indonesia

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 tak akan memakai jersey pabrikan Mills yang kerap dikenakan di laga internasional pada SEA Games 2021. Skuad Garuda Muda memakai jersey yang seragam dengan kontingen Indonesia. 

Ketika dikonfirmasi, pihak PSSI menjelaskan Timnas U-23 tidak bisa pakai jersey seperti biasanya. Itu mengikuti kebijakan kontingen Indonesia di ajang multievent. 

Baca Juga

Hal senada juga disampaikan pihak Komite Olimpiade Indonesia (NOC) yang menaungi kontingen Indonesia di SEA Games 2021. NOC mengonfirmasi Timnas U-23 pakai jersey official SEA Games 2021. 

Jersey yang dipakai nantinya berwarna dasar merah. Ada arsiran mosaik Garuda yang tergambar di pola official jersey tim Indonesia.

“Kami memilih pattern sayap Garuda untuk jersey yang akan dikenakan Tim Indonesia di SEA Games Vietnam," kata Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam, Ferry J Kono. 

"Kita ketahui bersama, burung Garuda merupakan identitas negara dan telah menjadi simbol Tim Indonesia, maka kami berharap dengan filosofi, para atlet memiliki semangat juang untuk mengepakkan sayap mereka untuk melesat tinggi di SEA Games," lanjutnya.

Baca Juga

Jersey kontingen Indonesia di SEA Games tahun ini diproduksi oleh Li-Ning. Apparel yang sama juga menyuplai jersey Merah Putih pada Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020 lalu. 

Jika dilihat dari jauh, pola arsiran sayap burung Garuda di jersey tim Indonesia juga tampak seperti huruf V yang berarti victory atau kemenangan.  

Sementara, refleksi lainnya mencerminkan panah yang melesat ke atas yang menjadi tanda bahwa Tim Indonesia menginginkan loncatan prestasi tinggi.

Baca Juga

"Design ini menjadi khusus yang dikenakan atlet di SEA Games karena Tim Indonesia akan menggunakan jersey yang berbeda di setiap multievent,” ujar Ferry.


1. Tampil Pincang di Laga Pembuka

Jersey Kontingen Indonesia di SEA Games 2021. Foto: NOC Indonesia

Pada SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A. Skuad Garuda Muda akan menghadapi tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. 

Laga perdana skuad Garuda Muda dimainkan pada 6 Mei dan langsung lawan tuan rumah, Vietnam.

Baca Juga

Untuk SEA Games 2021, Shin Tae-yong membawa 20 pemain. Tiga di antaranya adalah pemain senior yakni Ricky Kambuaya, Marc Klok, dan Fachruddin Aryanto. 

Timnas Indonesia U-23 ditargetkan raih medali emas pada SEA Games 2021 oleh ketum PSSI dan Menpora. Skuad asuhan Shin Tae-yong adalah finalis pada edisi 2019, di mana kalah dari Vietnam di laga final.  

Sayangnya, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menilai skuatnya tidak akan komplet ketika menghadapi Vietnam di laga pembuka grup A SEA Games 2021.

Baca Juga

Shin Tae-yong selaku pelatih kepala skuat Garuda Nusantara memang tidak menjabarkan siapa saja yang akan absen di pertandingan melawan Vietnam.

Namun pemain yang absen diperkirakan adalah Elkan Baggott (Ipswich Town) dan Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners) karena masih dipakai oleh klubnya.

Kedua pemain tidak hadir dalam persiapan lanjutan Timnas Indonesia U-23 di Jakarta sebelum keberangkatan ke Vietnam pada 3 Mei 2022.

"Pada pertandingan pertama melawan Vietnam, banyak pemain utama Indonesia yang akan absen karena jadwal," kata Shin Tae-yong dikutip dari Yonhap News.

Baca Juga

Beberapa pemain Timnas Indonesia U-23 memang akan menyusul setiba di Vietnam. Mereka antara lain adalah Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam Bahar.


2. Media Vietnam Berharap Duel Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam Tak Buat Kecewa

Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Media Korea Selatan baru saja ikut memanaskan duel menarik antara Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam di pertandingan pembuka SEA Games 2021.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 langsung mendapatkan ujian berat di laga pembuka penyisihan Grup A SEA Games 2021. Pasukan Shin Tae-yong bakal bersua Vietnam yang berstatus sebagai tuan rumah.

Laga tersebut digelar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam pada Jumat (06/05/22) malam WIB mendatang. Duel ini sudah tidak sabar dinantikan oleh beberapa media Korea Selatan salah satunya The Best Eleven.

Pasalnya, bakal ada dua pelatih hebat asal Korea Selatan yaitu Shin Tae-yong dan Park Hang-seo yang kembali beradu strategi. Terakhir kali mereka saling berhadapan di ajang penyisihan Piala AFF 2020 lalu, di mana laga berakhir imbang 0-0.

Hal itu membuat The Best Eleven menegaskan tidak ingin kecewa menonton duel Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam. Mereka juga mengungkap catatan masa lalu kedua pelatih yang pernah bersua di level klub.

Baca Selengkapnya: Media Korea Berharap Duel Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam di SEA Games Tak Buat Kecewa

JerseyTimnas IndonesiaBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini