x

Timnas Indonesia U-23 Dibantai di SEA Games 2021, Shin Tae-yong Kesal Diberi Tempat Latihan Bulukan

Sabtu, 7 Mei 2022 01:49 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Shin Tae-yong tidak senang dengan panitia SEA Games 2021 yang memberikan dua lapangan kualitas buruk untuk timnas Indonesia U-23.

INDOSPORT.COM - Pelatih kepala timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengkritisi panitia pelaksana SEA Games 2021 soal kualitas lapangan latihan untuk anak-anak asuhnya.

Garuda Muda berlatih di dua lapangan sekaligus selama di Vietnam, Bai Bang dan Tam Nong, namun semuanya dianggap juru taktik asal Korea Selatan itu sama-sama memiliki tingkat kelayakan yang buruk. 

Baca Juga

Permukaan lapangan tidak rata akibat terdapat sejumlah lubang dan juga berpasir. Tentunya untuk sekedar menggulirkan bola akan semakin sulit.

Gari lapangan juga tidak memenuhi standar yang sudah ditetapkan. Pada akhirnya dua sesi latihan timnas Indonesia U-23 pada Rabu dan Kamis (4-5 Mei 2022) menjadi tidak maksimal.

Menanggapi situasi ini Shin Tae-yong jelas gusar karena panitia SEA Games 2021 seolah tidak menghormati timnya.

Baca Juga

Bahkan eks arsitek timnas Korsel di Piala Dunia 2018 tersebut menganggap jika kualitas lapangan yang disediakan Vietnam bahkan tidak layak untuk dipakai anak-anak SSB.

Meski tidak secara gamblang, namun Shin Tae-yong merasa jika ini mungkin adalah bentuk sabotase tuan rumah pada Marc Klok dan kawan-kawan.

Timnas Indonesia U-23 di SEA Games kali ini adalah salah satu unggulan untuk meraih emas di cabang olahraga sepak bola dan Vietnam jelas tidak ingin prediksi tersebut menjadi nyata.

Baca Juga

"Selama 30 tahun saya bermain sepak bola dan dari kecil ikut banyak turnamen lokal maupun internasional, ini baru pertama kalinya saya mendapatkan kualitas lapangan di bawah lapangan untuk anak sekolah dasar jelang pertandingan resmi," ungkap Shin Tae-yong.

"Tidak tahu apakah ini sengaja atau tidak hal ini diberikan kepada timnas Indonesia, dan kami bingung mendapatkan hal seperti ini, sangat bermasalah dan kami sangat kecewa," tambahnya lagi.


1. Keok di Laga Pembuka

Pertandingan Indonesia vs Vietnam di SEA Games, Jumat (06/05/22). Foto: PSSI.

Entah memang ada hubungannya atau tidak dengan kualitas dua lapangan mereka, timnas Indonesia U-23 menjalani start buruk di pertandingan pembuka Grup A melawan Vietnam U-23.

Shin Tae-yong sebenarnya turun ke lapangan dengan susunan pemain yang sama sekali tidak bisa dianggap lemah.

Baca Juga

Trio pemain overage yang beranggotakan Fachrudin Aryanto, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya dimainkan sejak menit awal secara bersamaan.

Ditambah lagi sejumlah penggawa dengan pengalaman di level senior juga turut masuk starting XI seperti Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, plus Rizky Ridhi.

Hanya saja Vietnam U-23 yang diotaki oleh pelatih kawakan Park Hang-seo bisa bermain lebih baik. Kendati sempat ditahan tanpa gol di babak pertama, The Golden Star Warriors belia mampu tampil trengginas di paruh penentuan.

Baca Juga

Nguyen Tien Linh yang mampu memecahkan kebuntuan usai memaksimalkan ompongnya sisi kanan pertahanan Indonesia di menit ke-54.

Berselang 20 menit kemudian giliran Dung Do Hung yang menjebol gawang Adi Satryo memanfaatkan koordinasi umpan-umpan pendek.

Pesta Vietnam kemudian ditutup dengan lesakan Do Le Van dua menit jelang waktu normal habis kala pertahanan Indonesia mulai kehilangan gairah juga fokus.

Baca Juga

Kekalahan 3-0 membuat timnas Indonesia U-23 menempati posisi dua terbawah dari lima negara di Grup A sepak bola putra SEA Games 2021.

Akan tetapi masih ada kesempatan untuk bangkit dan tetap melaju ke semi-final karena tiga laga lain sudah menunggu.


2. Tiga Pemainnya ikut SEA Games 2021, Persib Kirim Doa Terbaik

Pemain Persib, Marc Klok. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, memberikan dukungan dan doa kepada pemain Persib Bandung yang bergabung dengan Timnas Indonesia U-23.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong sudah menentukan 20 nama, tiga di antaranya pemain Persib, untuk tampil di SEA Games 2021 6 hingga 22 Mei mendatang.

Tiga pemain Persib yang masuk dalam daftar skuat Garuda Muda untuk SEA Games 2021 yakni Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Marc Klok.

Pada ajang tersebut Indonesia berada di grup A bersama tuan rumah Vietnam, Filipina, Timor Leste, dan Myanmar.

Umuh mengatakan, pemain yang bergabung dengan Timnas Indonesia diharapkan dalam keadaan bugar, sehingga bisa berkontribusi bagi skuat Garuda Muda.

Baca selengkapnya: 3 Pemain Persib Perkuat Timnas Indonesia di SEA Games, Ini Harapan Umuh Muchtar

Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongSEA Games 2021

Berita Terkini