x

Gunakan Pemain Liga Asing di SEA Games, Bos Thailand Tiru Asnawi Mangkualam dan Timnas Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 19:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Alexandre Polking mengakui Thailand U-23 asuhannya banyak menggunakan pemain liga asing seperti halnya Timnas Indonesia U-23 memberdayakan Asnawi Mangkualam.

INDOSPORT.COM - Alexandre 'Mano' Polking banyak memanggil pemain dari liga asing untuk memperkuat Thailand U-23 di ajang SEA Games 2021 dan ia menggap sukses Timnas Indonesia U-23 sebagai inspirasinya.

Tim Garuda banyak mengalami perkembangan pesat begitu diperkuat oleh bintang-bintang yang merantau ke luar negeri macam Asnawi Mangkualam, Witan Sulaenman, dan Egy Maulana Vikri. Tim The War Elephant pun ingin merasakan progres yang sama.

Baca Juga

Dari 20 pemain yang Polking bawa ke Hanoi, Vietnam, ada tiga yang bermain di Eropa dan semuanya langganan di Starting XI.

Di posisi bek tengah ada Jonathan Khemdee. Pemain 20 tahun berdarah Denmark yang bermain untuk Odense Boldklub di Liga Super Denmark.

Sementara itu, untuk pos gelandang ada duo Benjamin Davis (21) dan Chayapipat Supunpasuch (21). Nama pertama merumput di Liga Inggris bersama Oxford United sedang yang lain di Liga Portugal untuk Estoril.

Baca Juga

Bomber 21 tahun blasteran Swedia yakni Patrik Gustavsson sebenarnya juga masih bermain di luar negeri untuk klub Liga Swedia, Sylvia, sampai Januari tahun ini.

Gustavsson baru berkiprah di kompetisi domestik Thailand usai direkrut oleh BG Pathum dan kemudian dipinjamkan ke Chiangmai FC.

Eksperimen Polking dengan memanggil Davis, Khemdee, Supunpasuch, dan Gustavsson kemudian terbukti sukses karena Thailand U-23 kini lolos ke semifinal SEA Games 2021 sebagai juara Grup B dan menjadi tim dengan produktivitas terbaik dengan 12 gol.

Baca Juga

"Pemain-pemain yang datang dari luar negeri adalah tulang punggung Thailand seperti halnya Asnawi Mangkualam untuk Indonesia," ujar Alexandre Polking.

"(Asnawi) adalah pemain yang luar biasa. Ia bisa membuat perbedaan seorang diri di atas lapangan," tambah juru taktik asal Brasil keturunan Jerman itu lagi.


1. Timnas Indonesia U-23 Dipastikan Pincang

Asnawi Mangkualam menjadi tumpuan Timnas Indonesia U-23.

Timnas Indonesia U-23 di era Shin Tae-yong memang banyak mengekspor pemain ke luar Liga 1 yang menyebabkan level permainan mereka semakin baik.

Hanya saja saat melawan Thailand U-23 di semifinal SEA Games 2021 nanti hanya akan ada Witan Sulaeman saja dan Egy Maulana Vikri yang bisa bermain.

Baca Juga

Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani, dan Elkan Baggott haru absen sepenuhnya karena alasan yang berbeda-beda.

Elkan yang sejatinya sudah datang ke Vietnam dari Inggris pada Selasa (17/05/22) lalu kabarnya mengalami sakit sehingga dianggap tidak akan cukup fit hingga akhir kompetisi.

Saddil juga masih diragukan kebugarannya karena baru saja melakukan perjalanan dari Malaysia guna memperkuat timnya, Sabah.

Baca Juga

Masih ada kans bagi eks winger Persela Lamongan itu untuk masuk ke Starting XI pada hari-H pertandingan melawan Thailand U-23 namun perlu lampu hijau dari Shin Tae-yong dulu.

Sedangkan Asnawi harus ditepikan karena memang kejatuhan sanksi akumulasi kartu kuning. Sang bek kanan nanti sepertinya harus digantikan oleh Rio Fahmi lagi.

Baca Juga

Praktis Alexandre Polking dan timnya akan berada di atas angin karena mereka justru bisa menurunkan tim terbaik.

Hanya saja di sepak bola tidak ada yang pasti sebelum 90 menit berlalu dan ambisi timnas Indonesia U-23 mengakhiri puasa medali emas SEA Games di cabor sepak bola bisa menjadi faktor penentu.


2. STY dan Polking Beramah-tamah Sebelum Semifinal SEA Games 2021

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Meski akan memipin tim masing-masing dalam duel hidup atau mati di semifinal SEA Games 2021 namun Shin Tae-yong dan Alexandre 'Mano' Polking masih tetap beramah tamah.

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-23 dan Thailand U-23 tersebut tampak menyapa dan melakukan jabat tangan erat jelang melakoni jumpa pers.

Momen akrab tersebut kemudian diunggah oleh federasi sepak bola Thailand. Tentunya untuk menunjukkan jika kedua juru taktik saling menghormati satu sama lain kendati terlibat rivalitas sengit.

"Mano dan Shin Tae-yong menghadiri konferensi pers jelang pertandingan cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021," tulis FA Thailand di akun Twitter resmi mereka pada Rabu (18/05/22).

"Kedua pelatih bersiap untuk saling beradu lagi esok hari," sambung mereka sembari menunjukkan keakraban Mano Polking dan Shin Tae-yong di lobi hotel.

Baca selengkapnya: Jelang vs Timnas Indonesia U-23, PSSI-nya Thailand Pamer Momen Mesra Mano Polking dan Shin Tae-yong

ThailandTimnas Indonesia U-23Thailand U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalSaddil RamdaniAsnawi Mangkualam BaharTimnas ThailandElkan BaggottBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongSEA Games 2021Alexandre Polking

Berita Terkini