x

Ke Semifinal SEA Games Walau Dicurangi, Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia Dipuji PSSI-nya Thailand

Rabu, 18 Mei 2022 22:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Yosef Bayu Anangga
FA Thailand meminta agar timnas mereka tidak meremehkan kemampuan timnas Indonesia U-23 dan Shin Tae-yong yang berdarah-darah menuju semifinal SEA Games 2021.

INDOSPORT.COM - Perjuangan timnas Indonesia U-23 bersama pelatih mereka, Shin Tae-yong, melaju ke semifinal SEA Games 2021 rupanya tidak luput dari pengamatan FA Thailand.

Sebelum pertemuan kedua negara nanti pada Kamis (19/05/22), federasi sepak bola Negeri Gajah Putih menggambarkan dengan detil bagaimana sulitnya rintangan yang harus dihadapi Tim Garuda untuk lolos dari fase grup.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-23 datang ke Vietnam dengan ekspektasi besar di pundak mereka. Diperkuat banyak pemain level senior macam Witan Sulaeman dan Rizky Ridho, medali emas diharapkan publik bisa mereka bawa pulang.

Hanya saja oleh panitia penyelenggara mereka tidak diberi tempat latihan yang memadai sehingga mengganggu persiapan mereka.

Alhasil kala jumpa Vietnam U-23 di partai pembuka Grup A, timnas Indinesia U-23 justru malah luluh lantak dengan skor telak 3-0.

Baca Juga

Kendati demikian Merah-Putih kemudian bisa bangkit dan menyapu bersih tiga pertandingan berikutnya dan memastikan lolos ke semi-final SEA Games 2021.

"Hati-hati dengan Indonesia, kumpulan burung yang terbang tinggi di bawah Shin Tae-yong," tulis FA Thailand dalam preview pertandingan mereka.

"Indonesia lolos ke babak gugur sebagai runner-up Grup A usai di pertandindingan pertama kalah 3-0 dari Vietnam. Itu karena selama tiga hari mereka tidak bisa latihan dengan baik dengan lapangan yang disediakan,"

Baca Juga

"Setelah semua ujian dilewati, Shin Tae-yong dan timnya bak seorang gadis yang tumbuh semakin cantik dari hari ke hari,"

"Mereka menghempaskan Timor Leste, Filipina, serta Myanmar dan itu adalah bukti jika Thailand harus habis-habisan demi meraih emas SEA Games 2021," tambah mereka lagi.


1. Thailand Diunggulkan dan Tak Gentar

Shin Tae Yong

Alexandre Polking selaku pelatih kepala Thailand U-23 sendiri mengakui jika mereka menghormati timnas Indonesia U-23 walau percaya diri bisa menang.

"Kami datang ke semifinal dengan tanpa rasa takut sama. Tidak ada tim yang kami hindari karena semua tim yang tersisa semuanya kuat-kuat," ungkap Polking dalam jumpa pers pra laga.

Baca Juga

"Saya percaya jika timnas Indonesia punya masa depan cerah. Pemain-pemain mereka punya kualitas tinggi dan banyak yang sudah menembus level senior,"

"Mereka paham dengan taktik Shin Tae-yong dan terorganisir di atas lapangan. Saya pastikan pertandingan akan berjalan berat untuk Thailand," pungkas pria yang akrab disapa Mano itu kemudian.

Thailand U-23 sendiri cukup diunggulkan untuk menang atas timnas Indonesia U-23. Tidak seperti Tim Garuda yang belum punya pengalaman meraih emas di SEA Games, Changsuek justru sudah punya koleksi tujuh titel.

Baca Juga

Belum lagi jika menghitung faktor akan absennya sejumlah pemain timnas Indonesia U-23 terutama yang dipanggil dari liga asing.

Elkan Baggott, bek tengah 19 tahun, yang sejatinya sudah datang ke Vietnam dari Inggris pada Selasa (17/05/22) lalu kabarnya mengalami sakit sehingga dianggap tidak akan cukup fit hingga akhir kompetisi.

Saddil Ramdani juga masih diragukan kebugarannya karena baru saja melakukan perjalanan dari Malaysia guna memperkuat timnya, Sabah, walau kabarnya masih ada haraoan bagi sang winger untuk tetap tampil.

Baca Juga

Sedangkan Asnawi Mangkualam harus ditepikan karena memang kejatuhan sanksi akumulasi kartu kuning. Sang bek kanan nanti sepertinya harus digantikan oleh Rio Fahmi lagi.

Akan tetapi seperti yang diingatkan oleh federasi mereka, Thailand U-23 sama sekali tidak boleh meremehkan timnas Indonesia U-23 yang punya Shin Tae-yong sebagai juru taktik ulung.

 

2. Problem Lapangan Latihan Timnas U-23 di SEA Games Kembali Terulang

Latihan Timnas Indonesia U-23. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong kembali mengeluhkan kondisi lapangan latihan yang diberikan pantia SEA Games 2021 Vietnam. Dimana skuad Garuda bersiap menghadapi Thailand di babak semifinal.

Timnas Indonesia U-23 memang bersiap menghadapi Thailand di babak semifinal SEA Games 2021. Dimana skuat tim Merah Putih menghadapi Thailand pada Kamis (19/05/22) besok.

Namun untuk melakukan persiapan babak semifinal besok, Timnas Indonesia U-23 menghadapi sedikit kendala. Dimana Timnas Indonesia U-23 kembali mendapat lapangan latihan yang kurang layak.

Ini memang bukan permasalahan pertama. Sebelumnya, selama fase grup SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 berlatih di Phu Tho, Vietnam.

Di sana, Shin Tae-yong mengeluh karena kondisi lapangan disebutnya tidak layak pakai untuk tim profesional.

Baca selengkapnya: Lagi, Timnas Indonesia U-23 Disediakan Lapangan Latihan Tak Layak Jelang Lawan Thailand

ThailandTimnas Indonesia U-23Thailand U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas ThailandBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongSEA Games 2021One Football

Berita Terkini