x

SAC Indonesia 2022: Siswa-Siswi SMPN 4 Wonosari Catat Waktu Tercepat di Lari 800 Meter

Sabtu, 22 Oktober 2022 17:54 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Kejuaraan atletik pelajar terbesar Tanah Air, Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 mulai bergulir.

INDOSPORT.COM - Kejuaraan atletik pelajar terbesar Tanah Air, Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 mulai bergulir di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Jumat (21/10/22). 

Yogyakarta Qualifiers diikuti total 3.123 peserta dari 247 sekolah tingkat SD, SMP, hingga SMA se-DIY. Sebanyak 12 nomor lomba atletik dipertandingkan pada hari pertama ini.

Baca Juga

Salah satunya adalah penyisihan lari 800 meter kategori SMP untuk putra dan putri. Untuk menyaring delapan siswa yang mencatatkan waktu terbaik untuk bersaing kembali di final, Minggu (23/10/22).

Wakil dari SMPN 4 Wonosari mendominasi pada penyisihan lari 800 meter ini. Catatan waktu terbaik untuk kelompok putra dan putri, diraih oleh siswa dan siswi dari sekolah ini. 

Asmaranti Lintang dari SMPN 4 Wonosari mencatat waktu terbaik dengan 2 menit 54,98 detik, sedangkan di nomor putra diraih Fahri Eko Supriyanto (2 menit 20,13 detik). Keduanya berhak tampil di yang akan berlangsung pada Minggu (23/10/22).

SMPN 2 Kretek (Bantul) juga tampil mendominasi dengan meloloskan siswa terbanyak ke final nomor 800 meter putri. Dari delapan nama yang menembus final, tiga di antaranya adalah siswi SMPN 2 Kretek. 

Baca Juga

Mereka adalah Cinta Aulia Salsabila, Keysa Nur Aini, dan Inesa Septia Putri, sementara penyisihan lari 800 meter putra kategori SMP, SMPN 1 Playen berhasil meloloskan dua siswanya ke final, yakni Zulfaquronata Yudha dan Raihan Fahriansyah. 

Dari nomor lompat jauh. Artila Damayanti, sswi dari kontingen Pathbe (sebutan SMAN Yogyakarta) dinobatkan sebagai ratu lompat jauh kategori SMA. 

Setelah berhasil melakukan lompatan terjauh di antara 24 peserta yang terdaftar ikut pada persaingan kategori SMA ini. Dia mencatatkan jarak lompatan terbaik 4,27 meter di Stadion Mandala Krida, Jumat (21/10/22).

Baca Juga

Tempat kedua diduduki Diana Silfia asal SMKS Kesehatan Cipta Bhakti Husada dengan jarak lompatan 4,20 meter. Sementara tempat ketiga ditempati Fariesta Noor dari SMAN 1 Sewon dengan 4,02 meter.

Sebagai yang terbaik, Artila Damayanti juga memastikan tiket ke babak National Championships yang akan berlangsung di Jakarta, Desember nanti. Didampingi Diana Silfia (runner-up), yang juga akan mewakili Yogyakarta pada kompetisi tingkat nasional.


1. Terobosan Baru

Kejuaraan atletik pelajar terbesar Tanah Air, Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 mulai bergulir.

Sementara itu, dari persaingan tolak peluru putra untuk kategori SMP, Masraka Raihan dari SMPN 2 Tempel, Sleman ini berhasil menjadi yang terbaik. Masraka Raihan berhasil mencatat jarak terjauh, yakni 10,03 meter. 

Unggul jauh dari dua pesaing terdekatnya. Michael Tanial yang berasal dari SMP Kristen Kalam Kudus, harus puas menempati urutan kedua dengan mencatat jarak 9,25 meter. Sementara Rivanda Restu dari SMPN 2 Pandak, mencatat jarak 9,11 meter berada di podium ketiga.

Ketua Pengprov PASI Yogyakarta, Bambang Dewanjaya, resmi membuka Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia Yogyakarta Qualifiers, Jumat (21/10/22) pagi. 

Bambang menyebut kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia ini dikemas dengan sangat menghibur. Energen Champion SAC Indonesia memang memiliki rentetan acara mengasyikkan. 

Baca Juga

Mulai dari roadshow di sekolah-sekolah pilihan. Rombongan suporter dari berbagai sekolah. Kompetisi mewarnai bagi anak-anak SD, hingga games dan trivia berhadiah.

“Suatu terobosan luar biasa karena biasanya kejuaraan atletik itu dianggap monoton dan tidak ada gelegarnya. Dengan sentuhan hiburan seperti Energen Champion SAC Indonesia ini, para peserta tidak hanya stres memikirkan lombanya," kata Bambang Dewanjaya. 

"Tetapi juga ada unsur menyenangkannya. Kalau begini mereka punya kesan yang tak terlupakan. Tentunya akan menanyakan lagi kapan perlombaan digelar,” ungkapnya.

Energen Champion SAC Indonesia akan menjaring anak-anak muda bertalenta dari sembilan Regional Qualifiers. Yakni Bali-Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta). 

Baca Juga

Kemudian juga Jawa Barat (Bandung), Sumatra Utara (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta), Kalimantan (Banjarmasin), Jawa Tengah (Semarang), dan Jawa Timur (Surabaya).

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi paling akbar di Tanah Air. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. 

Energen Champion adalah minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora. Hasil  dan jadwal selengkapnya dapat diakses melalui website resmi SAC Indonesia.

AtletikPASILariPB PASIYogyakartaBerita Olahraga

Berita Terkini