Asian Games 2018

Maret, Kawasan Stadion GBK Mulai Direnovasi

Sabtu, 30 Januari 2016 18:59 WIB
Editor: Zainal Hasan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Yang sedang kekinian adalah maraknya masyarakat yang melakukan jogging di arena trak jogging GBK Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Yang sedang kekinian adalah maraknya masyarakat yang melakukan jogging di arena trak jogging GBK

Kemen PUPR telah melakukan pertemuan dengan perwakilan panitia Asian Games 2018. Pertemuan ini setidaknya dihadiri beberapa delegasi Komite Olimpiade Asia (OCA) antara lain Tsunekazu Takeda, Wei Jizhong, dan Koji Mufuroshi.

Sementara, Indonesia diwakili oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir, Menteri PU-PR Basuki, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noordin, perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta perwakilan dari PT Jakpro dan PT Pulo Mas Jaya.


Caption: Fasilitas lapangan tenis meja yang berada di kawasan Stadion GBK.

Seperti diutarakan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono yang mengatakan bahwa perenovasian GBK memang untuk menyiapkan persiapan Asian Games 2018. Maka dari itu, dia berharap pada 15 Maret Stadion GBK sudah mulai direnovasi.

"Kami merencanakan penandatanganan kontrak tender telah selesai pada 9 Maret sehingga paling lambat 15 Maret sudah dapat mulai renovasi," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Basuki Hadimuljono yang dilansir Antara.

Perenovasian Stadion GBK nantinya akan meliputi gelanggang-gelanggang yang juga berada di kawasan Gelora Bung Karno. Nantinya renovasi ini akan selesai pada Juli 2017.

"Stadion Utama GBK akan selesai pada November 2017. Saya berharap semua gelanggang akan selesai bertahap sebelum itu," kata Basuki.


Caption: Salahsatu fasilitas Remote Control yang berada di kawasan GBK. 

Selain renovasi gelanggang, Kementerian PU-PR juga membangun tiga wisma atlet di Kemayoran Jakarta dengan masing-masing 18 lantai, 24 lantai, dan 32 lantai. Tiga wisma atlet itu secara berurutan akan selesai pada Juli, September, dan November 2017.


Caption: Lapangan Tennis yang berada di kawasan Senayan.

"Untuk kampung atlet D10 di Kemayoran sebanyak tujuh tower, C2 sebanyak tiga tower, dan di Jakabaring Palembang tiga tower. Total anggaran yang dibutuhkan Rp3 triliun dan kami sudah ada dana sekitar Rp1,2 triliun. Sisa kekurangan dana akan masuk pada APBN-P 2016," ujar Basuki.

Kementerian PU-PR bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia dalam proyek renovasi kompleks Gelora Bung Karno Senayan.

"Kami ingin memberikan peninggalan untuk 25 tahun mendatang. Selain itu, ada bangunan-bangunan yang menjadi cagar budaya di kawasan GBK sehingga penanganannya juga harus tepat," ujarnya.

16