Olimpiade Rio 2016

Tahun ke Tahun, Atlet Perempuan Selalu Kalahkan Atlet Laki-laki di Olimpiade

Kamis, 25 Agustus 2016 13:03 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Kaum perempuan ternyata memiliki rekam jejak bagus di ajang olahraga terakbar seluruh dunia, Olimpiade. Para atlet perempuan yang ikut ajang Olimpiade ternyata mampu mengalahkan para atlet laki-laki. 

Seperti dilansir dari nytimes.com, fakta menunjukkan perolehan medali yang didapat atlet perempuan ternyata lebih banyak dibanding atlet laki-laki. Amerika Serikat misalnya, atlet perempuan mereka di ajang Olimpiade Rio 2016 mampu mengoleksi 80 medali dari total 121 medali yang diraih. 

Padahal awalnya, atlet laki-laki Amerika Serikat selalu mengungguli atlet perempuan dalam hal perolehan medali namun di era 1980-an, para atlet perempuan Amerika Serikat mulai bangkit dan mengejar perolehan medali. 

Hal sama juga terjadi di China. Perolehan atlet perempuan China mulai unggul dibanding atlet laki-lakinya sejak Olimpiade 1988. Rata-rata atlet perempuan China di ajang Olimpiade selalu menggondol 10 medali lebih. 

Selain dua negara di atas, satu lagi negara yang perolehan medali atlet perempuannya lebih banyak atlet laki-laki yakni Jamaika. Fakta menunjukan perolehan medali Jamaika ternyata terbanyak disumbang oleh atlet perempuan dibanding atlet laki-lakinya. 

Namun miris, popularitas atlet perempuan Jamaika saat memperoleh medali dikalahkan saat pelari Jamaika, Usain Bolt raih medali. 

Bahkan petenis Monica Puig sukses jadi atlet perempuan pertama yang sumbang medali emas untuk Puerto Rico. Puig jadi satu-satunya atlet perempuan dari Puerto Rico yang mampu raih medali dalam rentang waktu 40 tahun keikutsertaan di Olimpiade. 

76