Paralimpiade Rio 2016

Atlet Sepeda Disabilitas Asal Iran Tewas di Ajang Paralimpiade 2016

Minggu, 18 September 2016 11:12 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Kejadian tewasnya Bahman Golbarnezhad terjadi pada Sabtu (17/09/16) kemarin. Ia mengalami kecelakaan di lereng menurun dari rute perlombaan C4-5.

Saat terjadi kecelakaan, ia langsung mendapat perawatan dari tim medis. Sayang, nyawanya tak tertolong lagi usai terkena serangan jantung saat diperjalanan menuju rumah sakit.

"Bahman menerima perawatan di tempat kejadian. Dalam perjalanan ke rumah sakit, ia mengalami serangan jantung," ungkap Komite Paralimpiade Internasional (IPC) dalam rilisnya, dikutip dari Daily Mail.

"Ambulans kemudian dialihkan ke rumah sakit terdekat, Rumah Sakit Unimed Rio di Barra. Sayang, ia telah meninggal setibanya di sana."

Ucapan belasungkawa pun berdatangan usai Bahman dinyatakan meninggal dunia. Salah satunya dari Presiden IPC, Sir Philip Craven.

"Keluarga Paralimpiade bersatu dalam kesedihan. Tragedi mengerikan ini tentu menghadirkan bayang-bayang kesedihan di Paralimpiade Rio 2016," ungkap Sir Philip Craven.


Saat-saat terakhir sebelum Bahman Golbarnezhad mengalami kecelakaan.

Selain itu, rasa duka cita juga ditunjukan oleh Presiden Paralimpiade Rio 2016, Carlos Nuzman. Ia telah memerintahkan panitia pelaksana pertandingan seluruh cabang olahraga untuk menurunkan bendera Iran setengah tiang hingga penutupan Paralimpiade 2016. 

"Ini adalah peristiwa yang sangat menyedihkan untuk olahraga khususnya ajang Paralimpiade," kata Carlos Nuzman, 

"Hati dan doa kami selalu menyertai ketabahan keluarga dan rekan tim Bahman, serta semua orang dari Iran."

Sebagai informasi tambahan, Bahman Golbarnezhad merupakan atlet disabilitas yang menderita cacat pada kaki kirinya. Pria 48 tahun itu tidak memiliki kaki kiri.

14